anis-merah-macet

Cara Mudah Atasi Anis Merah Macet Bunyi Agar Gacor Kembali

Halo sobat kicau semua, masih tetap bersama kami di situs resmi SuhuKicau.Com yang selalu konsisten memberikan info terbaru dan terupdate seputar dunia kicauan di indonesia, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mengatasi anis merah macet bunyi dengan mudah dan ampuh agar si burung bisa kembali gacor lagi temen-temen.

Anis merah merupakan salah satu jenis burung kecil yang memiliki banyak peminatnya khususnya di indonesia, perawatannya juga cenderung lebih mudah jika dibandingkan jenis burung lainnya, akan tetapi anda harus mengetahui bahwa karakter dari burung ini memang sangat sensitif jika tidak diperlakukan dengan baik.

Anis merah ini atau sering disebut sebagian orang anis bata ataupun punglor, memang memiliki keindahan bentuk fisik dan suara jika sudah mau berkicau ngeplong keras, para hobiis punglor mania ini sangat bangga pastinya jika mampu merawat burung ini bisa sampai gacor atau teler ya.

Akan tetapi terkadang banyak permasalahan yang terjadi sehingga membuat si burung ini mudah sekali macet jika perawatan harian yang diberikannya kurang tepat atau kurangnya perhatian. Ada beberapa komentar dari temen-temen yang mengalami masalah pada burung anis merah kesayangannya yang bertanya bagaimana sih cara mengembalikan kegacoran jika si anis merah ini mengalamin macet bunyi ?. Yuk langsung aja simak pemaparan lengkapnya dibawah ini :

Trik sederhana menangani burung anis merah tidak mau berkicau


Mengetahui karakteristik dari burung anis merah ini jika mengalami macet bunyi tentu ada 2 faktor penyebabnya, bisa dikarenakan sedang low atau turunnya birahi ataupun bahkan dalam kondisi over birahipun dapat menyebabkan si burung anis merah ini tidak mau berkicau, jadi anda sebagai pemilik setidaknya harus mengetahui kondisi si burung tersebut agar tidak salah memberikan perawatan yang sebagaimana mestinya :

Baca selengkapnya :  Ciri Lovebird Mangsi Beserta Harganya

burung-anis-merah-jantan

Catatan untuk point 1 sampai 8 jika permasalahannya si anis merah ini yang memiliki birahi rendah atau sedang turun. Namun pada point 9 khusus untuk Anis merah yang sedang over birahi :

1. Isolasi Burung Anis Merah

Sebaiknya anda harus mengisolasikan terlebih dahulu di tempat yang sepi, nyaman dan jauhkan dari suara-suara burung ocehan lainnya yang lebih gacor ataupun sesama jenis burung anis merah.

Karena jika si anis merah yang macet ini jika masih melihat burung-burung lainnya yang gacor dikhawatirkan kondisi mental anis merah ini bisa tambah stres.

2. Berikan Pakan Extra Fooding Serangga

Dengan anda memberikannya pakan tambahan jenis serangga kecil sangat baik, karena pakan utama di alam liarnya burung ini sangat menyukai jangkrik, ulat, kroto, cacing tanah. Dengan memberinya extrafooding ini agar dapat menambah asupan dan melengkapi kebutuhan sumber protein dan nutrisi oleh anis merah agar cepat memulihkan kondisi tubuhnya yang sedang drop.

anis-bata-bahan

Berikanlah secara rutin setiap harinya dengan porsi takaran yang sewajarnya, jangan terlalu berlebihan juga ya temen-temen, karena apabila memberika terlalu banyak juga dapat membuat si burung menjadi over birahi.

3. Pengembunan

Dengan mengembunkannya setiap hari secara konsisten juga sangat baik menyetabilkan birahi si burung tersebut, dan mereleksasi, ketenangan udara segar, dingin dipagi hari yang membuat si burung menjadi lebih bergairah untuk berkicau.

Waktu pengembunan yang baik untuk anis merah ini, anda bisa mengeluarkannya sekitar pukul : 4.30 WIB sebelum adzan subuh, agar mendapatkan hasil pengembunan yang maksimal bagi tubuh si anis merah tersebut.

4. Pemandian

Memandikan secara rutin setiap pagi sangatlah bagus setelah burung anis merah ini diembunkan. Untuk pemandiannya juga bisa anda lakukan dengan cara di semprot, atau dengan menyediakan cepuk mandi dalam sangkarnya. Bahkan boleh juga langsung memasukannya dalam bak mandi besar keramba yang sudah terisi air bersih.

Baca selengkapnya :  Tips Cara Merawat Prenjak Agar Cepat Gacor

Ada baiknya untuk cara memandikan disesuaikan dengan karakter dan kebiasan siburung yang temen-temen, memang mandi adalah suatu kebutuhan bagi setiap jenis burung kicauan akan tetapi jangan terlalu memaksakan juga burung harus mandi setiap hari, disesuaikan saja dengan keinginannya.

burung-punglor

5. Berikan Pakan Buah Segar

Setelah dimandikan pagi hari, sangat baik jika diberikan buah segar, seperti buah pepaya, pisang kepok, apel, jeruk, mangga yang sudah matang dan masih dalam kondisi yang layak untuk dikonsumsi tentunya agar si burung selalu terjaga kesehatannya.

Berikan pakan buah ini minimal 1 minggu 2 kali ya agar si anis merah ini mendapatkan tambahan vitamin alami serta air mineral yang banyak terkandung di buah tersebut, agar dapat melancarkan proses pencernaannya dengan baik.

6. Berikan Multivitamin

Pemberian multivitamin yang biasa banyak dijual dikios burung terdekat sangatlah banyak, ada berbagai macam merk dipasaran yang bisa anda pilih sesuai keinginan dan yang biasa dan pas untuk burung anis merah anda.

Berikanlah vitamiin burung kicauan anis merah ini sesuai aturan pakai dan dosis yang telah ditentukan oleh produk yang anda gunakan ya, agar tidak berlebihan dan menimbulkan efek samping lainnya untuk burung anis merah kesayangan anda.

7. Penempatan Sangkar Yang Tepat

Untuk menggantung sangkar burung juga harus perlu diperhatikan, jangan sembarang main asal gantung aje ye.. , Baiknya jika kondisi burung sedang bermasalah seperti ini anda meletakkan atau menempatkan sangkarnya di dekat pepohonan yang rindang , teduh, sejuk, nyaman dan pastikan tidak ada hewan pengganggu predator seperti tikus, kucing dan lainnya yang dapat membuat burung bisa tambah stres nantinya.

8. Pancing Suara Anis Merah Betina

Jika point 1 – 7 sudah dilakukan secara rutin kurang lebih sekitar satu sampai dua minggu, baru boleh anda coba memancingnya dengan suara burung anis merah betina yang menggoda tentunya.

Baca selengkapnya :  Ciri Lovebird Pasvio Beserta Harganya

Bisa anda lakukan dengan burung asli ataupun suara audio mp3, namun bagaimana jika anda tidak memiliki burung anis betina ?. Jangan khawatir temen-temen bisa download suara anis merah betina di bawah ini secara gratis dan ampuh untuk memancing burung anis merah jantan anda agar cepat gacor dan berkicau kembali.

Suara Anis Betina | Link | Download

Dengarkan suara masteran anis merah betina ini selama berhari-hari sampai burung anis jantan tersebut mau berkicau kembali.

9. Berikan Terapi Mandi Malam

Memandikan burung anis merah bagi yang sedang low atau birahi turun rendah jangan dilakukan, karena fungsi mandi malam untuk meredam birahi, dan khusus untuk diberikan bagi burung anis merah yang sedang mengalami over birahi tentunya.

Namun jangan sering-sering juga melakukan terapi mandi malam ini, karena jika terlalu sering bisa membuat si anis merah bisa sakit ya, lakukan maksimal seminggu sekali saja dengan waktu pemandian yang tepat dilakukan pukul : 19.00 WIB dan jangan melewati larut malam pukul : 21.00 WIB sangat tidak dianjurkan.

Demikian tips penanganan yang tepat bagi burung anis merah macet bunyi agar bisa kembali pulih kondisinya serta gacor. Semoga dapat bermanfaat.