Burung Anis Merah

Diposting pada

Bagi para pecinta burung, memelihara burung seringkali menjadi hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika jenis burung tersebut memiliki kicauan yang merdu dan cepat gacor.

Salah satu burung yang cukup banyak diminati adalah burung anis merah atau zoothera citrina. Burung ini bahkan bisa berkicau hingga teler. Tak heran jika harganya juga cukup mahal untuk burung kicauan. Untuk lebih jelasnya mengenai burung yang satu ini, yuk simak ulasan berikut.

Ciri Ciri Burung Zoothera Citrina Yang Bisa Gacor Sampai Teler

Burung yang satu ini memiliki siri siri diantaranya warna bulu tidak terlalu cerah yaitu hanya didominasi oleh 2 warna saja. Burung ini banyak ditemukan di wilayah asia seperti Cina, India, Malaysia, Vietnam.

Burung ini juga sangat mudah ditemukan di wilayah Indonesia. Antara burung jantan dan betina sendiri ada beberapa perbedaan seperti bulu burung betina yang terlihat lebih kusam dan paruhnya yang lebih tipis.

Dari kedua jenis kelamin tersebut, burung jantang lebih banyak dipelihara karena lebih cepat gacor dan memiliki harga yang lebih mahal. Burung ini seringkali dikenal memiliki kicauan yang merdu dengan gaya khas yang biasa disebut dengan istilah teler.

gambar-anis-merah

Biasanya burung anis merah akan bekicau sambil menggeleng gelengkan kepala disertai dengan pergerakan seluruh tubuh yang lemas seakan akan sedang teler.

Burung ini tergolong sebagai salah satu burung yang senang berkicau seperti halnya burung betina yang gacor ngeplong yang bisa dijadikan sebagai sebagai alat untuk pemasteran burung lain.

Baca selengkapnya :  Cara Membedakan Cucak Jenggot Medan Dengan Kapas Tembak

Untuk kualitas dari kicauan yang dihasilkan oleh burung ini, tergantung dari bagaimana perawatan yang dilakukan oleh pemiliknya. Semakin teratur menjaga kebersihan dan meakukan pemasteran, maka kualitas kicauan dari burung ini akan semakin baik tentunya.

Cara Merawat Burung Zoothera Citrina Agar Rajin Berbunyi

Agar burung ini rajin berbunyi, maka perlu dilakukan perawatan yang tepat mulai dari pemberian makanan hingga menjaga kebersihannya. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah dengan memberikan sangkar yang full kerodong.

Hal ini bertujuan agar burung anis merah lebih merasa tenang saat berada di lingkungan yang ramai. Anda bisa melakukannya dengan merawat di kerodong selama 4 sampai 5 hari.

suara-anis-merah

Setelah dipelihara di sangkar yang full kerodong, maka anda perlu memberikan pakan yang tepat seperti kroto. Kroto dipercaya dapat mempercepat burung ini untuk berkicau.

Keesokan harinya, anda bisa melakukan pengembunan sebagai langkah pertama, agar burung ini semakin tertantang untuk berkicau. Lakukan pengembunanan pada pagi hari agar burung ini bisa menghirup udara yang segar sehingga lebih mudah untuk mengeluarkan suara.

Untuk makanan yang diberikan, anda bisa mengganti voer setiap dua hari sekali dengan kadar protein antara 12% hingga 18 %. anda juga perlu memberikan buah buahan yang segar agar nutrisinya terpenuhi.

Beberapa pilihan buah yang bisa anda berikan antara lain pepaya, apel, maupun pisang. Jangan lupa untuk memberikan makanan dengan protein yang tinggi seperti kroto dan ulat hongkong.

Selain itu, anda juga perlu memberikan pemasteran agar burung ini cepat berbunyi. Anda bisa menggunakan burung lain untuk memancing agar burung anis merah mau berkicau. Selain itu, anda juga bisa melakukan pemasteran dengan cara memberikan mp3 suara kicauan dari burung lain. Lakukan pemasteran baik pada siang hari maupun sore hari mulai dari jam 10.00 siang hingga jam 15.00 sore.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Flamingo

Burung anis yang berwarna merah memang memiliki ciri khas yang unik dimana bisa berkicau sambil menggerakkan kepala ke kanan dan kekiri. Namun, agar burung ini bisa gacor ngeplong, perlu dilakukan perawatan yang tepat seperti pemberian ekstra fooding dan melakukan pengembunan setelah di pelihara di asngkar full kerondong. Anda juga perlu memberikan pemasteran agar burung ini lebih rajin berbunyi.