Inilah Jenis Burung Asli Indonesia Di Bagian Timur

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai satwa burung asli indonesia, khususnya dibagian Timur bisa dibilang endemik dan dilindungi, di kawasan ini yang terkenal akan keragaman hayati baik dan jenis biota laut, jenis tumbuh-tumbuhan yang cantik yang hanya dapat ditemui di negeri ini. Untuk wilayah Indonesia Bagian timur sudah sangat jarang ditemui di habitat faktor yang menyebabkan hal Itu penangkapan satwa liar tersebut untuk diperjualbelikan secara ilegal.

Yuk simak info selengkapnya berikut dibawah ini :

Mengetahui Beberapa Tipe Burung Endemik Dikawasan Timur


1. Cendrawasih Kuning

Yang pertama adalah Birds-of-paradise atau burung Bidadari biasa juga disebut dengan Cendrawasih kuning kecil, populasi burung ini banyak tersebar di hutan Papua dan Papua Nugini.

Cendrawasih ini juga sering dijumpai di Pulau Misool Provinsi Irian Jaya Barat dan di Pulau Yapen, Provinsi Papua sedang, untuk karakteristik yang dimilikinya dengan panjang Sekitar 32 cm, dari genus paradisaea.

cendrawasih-kuning-kecil

Keunikan si kuning kecil ini dari spesies burung jantan ini untuk memikat pasangannya dengan perlu ritual tarian yang memamerkan-bulu, biasanya setelah populasi burung jantan meninggalkan betina dan mulai mencari pasangannya.

Untuk pakan burung kuning kecil ini terdiri dari buah-buahan dan aneka serangga jantan akan belajar menari-nari dengan video ke kanan dan ke kiri sambil mengeluarkan suara yang indah untuk menarik betinanya jantan muda akan terus belajar menari dengan kedua sayap dan memainkan ekornya ini adalah hal yang paling menarik yang dapat Anda lihat jika bertemu dengan Burung bidadari dari tanah Papua. kalau jantan dewasa dengan warna yang telah keluar dan mencolok telah mahir menari untuk menarik perhatian dari sang betinanya, dengan cara mengepakkan kedua sayapnya dan mengembangkan ekor yang berwarna putih dan kuning terlihat sangat menarik dan benar-benar memanjakan mata bukan.

Baca selengkapnya :  5 Jenis Burung Mahal Di Indonesia Tahun 2020

2. Cendrawasih Merah

Meskipun belum terancam punah namun dilindungi dari perdagangan untuk mencegah kepunahannya di masa yang akan datang, burung cantik yang satu ini boleh dilihat tapi tidak boleh diperjualbelikan ya, ada juga didirikan Tempat untuk penangkaran dan Untuk menjaga kelestarian Birds of Paradise ini.

Tempat untuk penangkaran dan pengembangbiakan burung ini tentu kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dan menjaga kelestarian burung cantik yang satu ini bukan!. Karena masuk dalam kategori appendix 2 berarti merupakan satwa yang dilindungi dari tanah Papua. Woow luar biasa.

Burung yang berukuran sedang dengan panjang sekitar 33 cm ini didominasi warna merah seperti namanya dan berparuh kuning untuk sang jantan dewasa berukuran sekitar 72 cm dengan bulu-bulu hiasan.

cendrawasih-merah

3. Cendrawasih Raja

Tipe Cendrawasih yang masuk kategori dilindungi ialah Cendrawasih raja namun bentuknya lebih kecil dari burung Cendrawasih yang lainnya, ditonjolkan dari burung yang satu ini yaitu warna merah diseluruh tubuhnya dan warna biru di kakinya, dengan jenjang serta senjata andalannya yaitu ekornya memanjang dengan dua uliran bulu berwarna hijau dan juga disebut sebagai Permata Hijau.

Hal ini karena dia adalah Cendrawasih yang memiliki bulu warna warni makanan yang merupakan buah karenanya yang kecil buah yang biasa jadi makanannya yaitu buah kersen sebuah keindahan bulunya.

cendrawasih-raja

Ya sekitar ada 3 jenis burung cendrawasih asli indonesia yang mesti dijaga kelestariannya, karena inilah keistimewaan dan kekayaan alam yang dimiliki oleh negri kita. Semoga informasi singkat ini dapat menambah wawasan temen-temen semua, semoga dapat bermanfaat.

Baca juga : Jenis Burung Langka Di Indonesia

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari