Mitos Burung Branjangan (Khasiat, Makanan, Harga, Suara)

Diposting pada

Burung satu ini sudah banyak dikenal oleh para pecinta burung kicau. Burung satu ini merupakan burung yang lebih sering berada di tanah ketimbang di pohon atau berterbangan di udara. Burung Brajangan inijuga dikenal sangat cepat dalam bertelur dan melakukan perkawainan.

Saat musim kawinnya di bulan maret sampai agustus, burung satu ini bahkan bisa melakukan perkawinan dan bertelur setiap bulannya.

Burung kicau satu ini juga dikenal sangat pandai dan ahli dalam menirukan suara burung lain. Cara terbang dari burung ini juga sangat unik. Ingin tahu lebih tentang burunng kicau satu ini? Yuk simak penjelasan lengkapnya beirkut ini.

Mengenal lebih dekat burung branjangan yang perlu anda ketahui


Ciri dan Habitat dari Burung Kicau Tanah

Burung Brajangan sangat menyukai tempat atau daerah yang kering. Oleh karena itu, burung ini lebih sering ditemui di rumput stepa ataupun kawasan berbatu. Burung in dijuluki sebagai burung tanah karena lebih sering bertengger di atas bebatuan daripada bertengger di ranting pohon.

Salah satu jenisnya yang banyak dan sangat sering dipelihara oleh para pecinta kicau burung adalah burung branjangan jawa.

gambar-burung-branjangan

Burung ini memiliki ciri fisik yang sangat khas. Burung ini memiliki bulu berwarna coklat yang tebal. Ciri yang paling mencolok dari burung kicau tanah satu ini adalah jambul yang agak panjang dan berada di atas kepalanya. Jambul tersebut menambah kesan gagah ketika saat branjangan berada dalam posisi tegak.

Baca selengkapnya :  Jenis Burung Rambatan (Harga Dan Suara)

Tetapi ketika kamu menemukan burung branjangan yang warna bulunya agak kusam, burung tersebut merupakan branjangan yang berjenis kelamin betina. Membedakan branjangan yang betina dan juga yang jantan memang cukup sulit. Jadi kamu harusmemperhatikan dengan seksama untuk membedakannya.

Suara Dari Burung Kicau Branjangan

Burung kicau satu ini memiliki suara kiauan yang sangat khas dan enak didengar.Burung satu ini juga memiliki salah satu keunikan saat berkicau yang tidak dimiliki burung lainnya yakni, hovering.

Hovering sendrii merupakan dimana burung dapat berkicau sembari terbang di tempat. Selain hovering, burung ini juga sangat pintar dan cepat dalam menirukan suara burung lainnya.

Burung branjangan juga memiliki keunikan lain yang sangat keren.Dimana saat berkicau, branjangan berjenis kelamin jantan akan mengembangkan jambulnya. Sangat lengka keahlian berkicau dari burung ini, berkicau dan mengembangkan jambulnya dan juga terbang di tempat seperti mengambang di dalam kandang. Tetapi buurng satu ini sangat mudah stres ketika dalam perjalanan jauh dan membutuhkan perawatan khusus.

suara-burung-branjangan

Makanan dan Harga Dari Branjangan

Jenis burung kiaubranjangan ini sangat menyukai makanan berupa biji-bijian dan juga serangga – serangga. Untuk masalah makanan, kamu harus memvariasikan makanan setiap harinya agar burung ini tidak mudah bosan.

Karena burung stau ini juga memiliki sifat yang sangat labil dan mudah drop. Kamu juga harus memberikan makanan tambahan yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral agar kondisi dari branjangan tetap terjaga.

Meskpiun memiliki banyak keunikan, burung satu ini masih dijual dengan harga yang terjangkau. Hal ini dikarenakan burung ini sangat mudah ditemui. Untuk anaknanya dijual dengan harga 150 ribuan, sedangkan untuk yang dewasa dijual dengan harga sekitar 300 ribuan.

Baca selengkapnya :  Mengenal Burung Nuri Kepala Hitam Yang Cerdas

Tetapi jika kamu ingin memiliki branjangan yang sudah gacor, kamu harus rela mengeluarkan uang lebih sekitar 3 jutaan wow sungguh harga yang fantastis bukan ?, untuk sesuatu hobi tidak mengenal mahal ataupun murah.

Burung satu ini wajib kamu miliki jika kamu merupakan peinta kicauan burung. Burung ini memiliki suara yang bervariasi dan bisa kamu jadikan sebagai pemasteran burung lainnya. Burung ini juga tidak pernah sepi peminat.

Jangan lupa untuk terus memperhatikan kondisiya ya, karena perawatan dari burung satu ini juga terglong intens. Jadi kamu harus lebih sabar dan lebih telaten lagi.