Burung Cililin

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Burung Cililin – Halo suhukicau semua di edisi kali ini kita akan mengulik informasi tentang Burung Cililin yang sangat eksotis dan banyak diminati karena suaranya yang khas dan sangat cocok untuk masteran murai batu.

Berdasarkan ilmu biologi, cililin memiliki nama ilmiah Platylophus Galericulatus dia memiliki kecerdasan yang sangat luar biasa tetapi burung ini mudah stres. sudah seperti manusia ya semakin cerdas semakin mudah stres sobat.

Dia juga memiliki sifat fighter yang mudah terpancing emosi hal ini juga menyebabkan dia langsung mengeluarkan kicauan yang super gacor dengan suara yang nyaring. atau langsung nyamber gitu.

Daripada kalian semakin penasaran dengan burung ini, dibawah sudah kita sajikan infomrasi menarik selengkapnya silahkan baca artikelnya sampai habis ya kicau mania dimanapun berada.

harga-burung-cililin

Mengenal Burung Cililin Yang Cerdas

Ciri – ciri Fisik Cililin

Memiliki ukuran tubuh yang cukup besar berkisar antara 31 sampai 33 cm dengan bobot tubuh mencapai 100 gr. Tubuhnya ditutupi bulu berwarna coklat tua dengan kombinasi abu-abu gelap dan di bagian

lehernya memiliki bercak berwarna putih dan diatas kepalanya terdapat jambul yang tegak lurus ini pula menjadi salah satu keunikan dari cililin dan membuatnya kian menarik perhatian pecinta kicau.

Paruhnya tepal dan kokoh berwarna kehitaman dan juga kakinya berwarna biru dongker. Yang paling mencolok dari burung ini ialah kicauannya dimana suaranya yang nyaring dengan durasi yang panjang serta power suara yang tak diragukan lagi.

Makanan Burung Cililin

Cililin memakan serangga dialam bebasnya, dalam merawatnya kalian bisa memberikan voer yang bisa dijadikan sebagai sumber nutrisi yang baik karena didalamnya terkandung protein, karbohidrat dan mineral yang dibutuhkan burung.

Baca selengkapnya :  Harga Burung Kepodang

Sebagai makanan tambahan atau EF kalian bisa memberikannya kroto dengan jumlah yang cukup dan juga jangkrik maksimal 8 ekor perhari jangan terlalu banyak karena akan menyebabkan burung menjadi over birahi tentunya tidak baik.

Selain itu boleh juga diberikan ulat hongkong dan ulat kandang juga sebagai makanan yang mengandung protein tinggi. perbedaannya pemberian ulat hongkong jangan terlalu banyak cukup 6 ekor karna bersifat panas.

untuk ulat kandang sendiri boleh lebih banyak karena tidak memberi pengaruh apapun ke suhu tubuh burung. jadi bisa sekenyangnya burung dalam tampilan juga ulat hongkong lebih besar dari ulat kandang.

burung-cililin-gacor

Cara Merawat Burung Cililin

Sama halnya dengan burung kicau lain perawatan cililin dimulai dengan pengembunan diwaktu fajar sebelum matahari terbit karena disaat itu oksigen masih bersih dan bermanfaat untuk saluran pernafasannya

dan juga dia bisa berinteraksi langsung dengan burung kicau lain supaya dia tambah gacor. setelah itu burung dimandikan pada pukul 7.30 sampai pukul 8.00 dengan cara dimasukan kedalam keramba atau kalau tidak mau

boleh juga disemprot dengan sprayer sampai bulunya basah kuyup. berikan shampo burung pada air mandi 3 kali seminggu supaya bulunya bersih dan berkilau dan juga terhindar dari hama kutu.

selanjutnya bersihkan kandang dan juga jemur burug dibawah sinar matahari selama 1 jam. ini supaya menjaga daya tahan tubuh burung supaya tidak mudah terserang penyakit dan juga menstabilkan suhu tubuhn si burung.

Setelah dijemur gantung burung ditempat yang lebih nyaman dan suhunya lebih adem sambil diperdengarkan suara masteran supaya lebih gacor. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil perawatan yang maksimal.

Bagaimana pecinta kicau apakah kalian tertarik memelihara burung cililin ini ? pastikan kalian merawatnya dengan baik ya dan juga berikan makanan yang bernutrisi supaya dia tumbuh sehat dan berkualitas.

Baca selengkapnya :  Perawatan Harian Burung Cendet Agar Rajin Bunyi

baca juga : harga burung cililin di pasar pramuka

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari