burung-kacer-bahan

Cara Mudah Merawat Burung Kacer Bahan Agar Cepat Gacor

Assalamualaikum wr wb, selamat pagi, siang ataupun sore.. Apa kabarnya sobat kicau mania semuanya.. Masih bersama kami disini di situs resmi kami SuhuKicau.Com yang selalu memberikan tips informasi yang sangat berguna bagi anda semua para penghobi burung kicau di indonesia.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara perawatan burung kacer bahan yang tadinya tidak mau bunyi sampai moncer dan gacor!. Penasaran ?. Yuk simak terus pemaparan lengkap nya dibawah ini sampai habis, agar temen-temen tidak gagal paham :

Trik sederhana memelihara burung kacer trotol anakan dengan baik


Mungkin bagi sebagian temen-temen kicau mania pemula dalam merawat burung kacer itu tidaklah mudah, khususnya untuk menggacorkan di rumahan ataupun untuk setingan burung lapangan (lomba), dikarenakan burung hitam putih ini memang penuh misteri dan karakter yang unik dan berbeda dengan jenis burung kicau lain pada umumnya.

burung-kacer-ombyokan

Tidak bisa anda memberikan perwatan secara asal-asalan (sembarangan), yang ada si kacer ini malah macet dan mudah stres, butuh tahapan dan langkah yang tepat apalagi merawat burung kacer ini dari bahan sampai gacor ya !.

Untuk menggacorkan burung kacer yang masih bahan atau yang baru saja anda beli dikios burung secara ombyokan memang sangat sulit jika anda tidak mengetahui pengetahuan dasarnya terlebih dahulu pilihlah kacer bahan yang berkualitas baik sudah itu baru lanjut kemasalah perawatan yang harus diberikan secara rutin setiap harinya agar menjadi burung yang terlatih dan gacor.

Perawatan kacer bahan yang tepat : Untuk memberikan perawatan yang baik, tentunya setiap orang punya cara atau tips sendiri-sendiri, akan tetapi jangan khawatir bagi anda yang belum mengetahui cara perawatannya akan dibahas disini.

Kondisikan burung kacer bahan

Ketika anda baru saja membeli burung kacer bahan ini dari kios dan sudah setibanya dirumah, pastikan burung baru harus ditempatkan di tempat atau lingkungan yang nyaman agar si kacer bahan ini bisa tenang terlebih dahulu, kondisi burung biarkan dikerodong terlbeih dahulu ya, jangan asal bentang atau diablak burung bahan ini.

Baca selengkapnya :  Mitos Burung Branjangan (Khasiat, Makanan, Harga, Suara)

Usahakan jauhkan dari suara burung ocehan lainnya apalagi burung sejenis yang sudah gacor, dikhawatirkan si kacer bahan ini bisa mengalami drop mental nantinya. Jika burung sudah mengalami drop mentalnya maka akan sulit dan lebih lama lagi untuk menggacorkannya.

Tempat yang baik dan biasa saya lakukan untuk mengkondisikan burung kacer menjadi adem dan tenang ini bisanya saya letakkan didekat kamar mandi yang memiliki suhu lembab dingin dan sering mendengar suara gemericik air keran yang bisa merangsang untuk memancing si kacer bahan ini untuk dapat berkicau.

burung-kacer-muda

Latih kacer bahan ini untuk memakan voer

Fokuslah terlebih dahulu bagaimana si kacer bahan ini mau memakan voer yang anda berikan, akan tetapi harus diingat berikanlah voer yang berkualitas baik atau standar pakan burung khusus untuk voer burung pemakan serangga ya, berikanlah voer yang sangat disukainya, kalau saya sendiri memberinya voer topsong kuning / cokelat yang sangat rekomende sekali untuk memudahkan perawatan selanjutnya nanti.

Jangan berikan extra fooding dahulu ya, baik itu jangkrik ataupun kroto namun diusahakan harus terbiasa untuk memakan voer, dan anda harus selalu menyediakan voer pakan burung kacer ini setiap hari dengan kondisi yang fresh, ganti voer selama 3 hari sekali dengan yang baru di dalam wadah cepuknya walaupun voer lama terkadang masih tersisa.

Karena voer yang sudah terkontaminasi udara atau angin-anginan selama lebih dari 3 hari ini sudah tidak bagus lagi untuk dikonsumsi untuk burung kicauan, khususnya untuk kacer bahan yang sedang anda rawat.

Total diberikan pakan voer ini selama 2 minggu dan lihat perkembangan si burung tersebut, sudah mau ngepur total atau belum?. dan lihat juga hasil dari kotoran yang dikeluarkannya setelah mengkonsumsi voer yang anda berikan, jika kotoran burung terlihat kering berarti voer yang dimakannya cocok, berbeda dengan kotoran yang berwarna putih berlendir dan mencret berarti voer tidak cocok.

Baca selengkapnya :  Mitos Burung Jalak Putih (Harga Dan Suara)

Cara memandikan dan menjemur kacer bahan

Sangat tidak dianjurkan untuk memandikan burung kacer yang masih bahan atau baru saja didapat, rawat terlebih dahulu kacer full kerodong, kondisi di tempat yang nyaman dan jika sudah mau ngepur total dalam kurun waktu dua minggu maksimalnya.

Dengan tujuan agar si burung diberkan waktu untuk berdaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan sekitarnya, jika sudah terkondisi baru boleh proses mandi dan jemurnya.

Untuk saya sendiri jika memandikan burung kacer di waktu pagi hari yang biasa saya lakuan pada pukul : 6.30 WIB dengan cara dimasukan kedalam bak mandi keramba yang sudah tersedia air bersih didalmnya, serta pancing burung dengan cara menyemprotnya dengan semprotan spray secara halus dan perlahan, dan diamkan selama 15 sampai 20 menit burung akan gelisah dan mau nyemplung dan mandi sendiri di area bak air keramba tersebut.

Setelah bulu sudah basah merata dan sudah terlihat didis si burung dianginkan dan dijemur pada matahari pagi sekitar pukul : 8.00 WIB sampai 9.00 WIB, maksimal cukup satu jam saja. Untuk mendapat paparan sinar matahari pagi yang baik yang banyak mengandung vitamin D untuk pertumbuhan si burung kacer bahan tersebut agar selalu tetap sehat.

Pemberian pakan tambahan EF Dan Multivitamin

Sebelum burung kacer bahan ini dijemur, sebaiknya diberikan terlebih dahulu pakan tambahannya berupa jangkrik sebanyak 3 sampai 4 ekor, yang dimana kakinya si jangkriknya harus dibuang terlebih dahulu agar si kacer tidak tersedak saat memakannya.

Sore hari sekitar pukul : 16.30 WIB, boleh berikan kembali jangkriknya sebanyak 2 sampai 3 ekor maksimalnya. Untuk pemberian kroto wajib diberikan setiap hari senin dan kamis seminggu 2 kali saja dalam keadaan kroto yang bersih, dan masih segar ya.

Untuk multivitaminnya sendiri, ada banyak sekali kios yang menjual vitamin khusus untuk burung kicau dengan berbagai merk, carilah yang kirnya vitamin menurut anda bagus dan aman untuk diberikan kepada burung kacer bahan kesayangan anda. Berikan cukup satu minggu sekali saja multivitamin yang biasanya cara menggunakannya dicampurkan di air minum si burung tersebut.

Baca selengkapnya :  Ciri Burung Kenari Merlok Merah Lokal Beserta Harganya

Teknik Pengkrodongan Dan Pemasteran

Perawatan kacer bahan ini yang baik dengan cara full kerodong, yang dimaksud full kerodong disini bukan setiap hari dikerodong terus, melainkan sekitar pukul 11.00 WIB siang sampai pukul 16.00 WIB sore di kerodong. Sore hari burung diangin-anginkan sampai pukul 18.00 WIB sore menjelang malam juga sebaiknya burung di kerodong kembali agar bisa tenang dan mudah mendengar suara masteran dengan baik.

Untuk bahan kerodong harian carilah yang tipis dengan bahan yang adem dan masih terlihat samar transparan agar si burung dapat dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan.

Dengan kondisi yang masih remaja atau muda ini sangat baik burung untuk didengarkan suara isian atau masteran ocehan burung kicauan jenis lainnya agar kelak nanti setelah dewasa, si burung kacer ini sudah banyak merekam dan menguasai materi yang baik saat masih anakan yang telah disimak atau didengarkannya.

Materi lagu yang baik untuk anda masteri untuk burung kacer bahan ini yaitu suara burung cililin, kapas tembak, cucak jenggot, pleret, serindit, lovebird, kenari, ciblek, kolibri. Akan tetapi harus dikembalikan lagi dengan karakter suara yang dimiliki oleh si burung kacer tersebut. Lakukan perawatan yang telah dijelaskan diatas secara rutin dan lihat hasilnya nanti setelah lepas mabung menjadi kacer dewasa yang mapan dan siap tempur pastinya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan berdasarkan pegalaman berharga bagi temen-temen kacer mania semuanya, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :

→ Cara Merawat Kacer Mabung Sampai Tuntas
→ Mengenali Ciri Kacer Betina
→ Cara Mudah Ternak Burung Kacer