burung-kenari

Mengenal Jenis Burung Kenari (Harga Dan Suara)

Burung Kenari – Bentuknya yang cantik dan mudah untuk dikembangbiakkan, tidak mengherankan bila burung kenari banyak diminati oleh para pecinta burung kicauan. Selain mengunggulkan keindahan tubuhnya, Kenari juga dikenal dengan suara merdunya.

Tersebar hingga ke seluruh penjuru dunia, burung cantik ini telah melakukan kawin silang yang menghasilkan berbagai jenis baru. Sebelum membelinya, berikut ulasan mengenai jenis kenari serta suara kicauannya.

Mengetahui beberapa macam burung kenari terbaik


Kenari Border

Jika diperhatikan dengan seksama, Kenari Border miliki bulu yang seakan akan menggembung layaknya balon kecil sehabis ditiup. Tak hanya warna putih, Kenari Border sebenarnya memiliki varian warna lainnya.

kenari-border

Contohnya seperti warna hijau, kuning, cinamon, dan masih banyak lainnya mengingat persebarannya hingga ke seluruh dunia. Ditambah dengan suara kicauannya yang merdu, tak jarang suaranya tersebut dijadikan sebagai masteran.

Kenari Roller

Berasal dari negara Jerman dengan nama ilmiah Canaria Domesticus, Kenari Roller miliki keunggulan pada suara kicauannya yang khas.

kenari-roller

Suara khas yang dikeluarkannya, berasal dari bagian bawah dagunya yang memiliki ukuran lebih besar serta menggelembung saat si burung berkicau. Sedangkan untuk bentuk tubuhnya memang terlihat standar saja, namun keunggulan suaranya boleh diadu di gantangan.

Kenari Putih

Kenari lokal dengan kualitas terbaik, burung Kenari Putih tak kalah populer dicari di pasaran. Banyak peminat untuk memilikinya, lantaran suara kicauan yang dihasilkannya terdengar cukup keras namun terdengar begitu merdu.

kenari-putih

Kelebihan lain yang membuatnya semakin dicintai, dimana mereka sangat menyukai kebersihan. Sehingga tidak mengherankan bila warna bulunya yang putih, menjadi daya tarik tersendiri.

Baca selengkapnya :  Mengenal Beberapa Jenis Burung Kolibri Di Indonesia

Kenari Melayu / Kenari Gunung

Kenari asal Indonesia ini mudah ditemukan di pulau Jawa, terutama di beberapa daerah pegunungan. Daerah pegunungan yang banyak ditinggali si Kenari ini seperti gunung Gede, gunung Lawu, atau bahkan ditemukan di pegunungan Tengger.

kenari-gunung

Beberapa spesies burung cenderung hidup secara berkelompok, namun tidak dengan si Kenari Melayu satu ini. Mereka justru lebih nyaman hidup secara mandiri, ataupun hidup secara berkelompok dalam skala kecil.

Kenari Yorkshire

Sejak kedatangannya di tanah air, Yorkshire langsung masuk dalam daftar burung kicauan yang berhasil mencuri perhatian para pecintanya.

kenari-yorkshire

Sebab burung ini dikenal dengan ukuran tubuhnya yang cukup besar dengan suara kicauan ngeroll nan panjang, yang membuatnya tampak gagah nan menawan untuk dimiliki. Meski harganya terlampau tinggi, nampaknya tidak menyurutkan minat masyarakat untuk memeliharanya.

Kenari Waterslager

Bukan berasal dari Indonesia, burung Kenari satu ini justru berasal dari Belgia. Dikenal dengan suara kicauannya yang cukup serupa dengan suara air, para pecinta burung kicauan pun memberi nama Waterslager.

Kenari-Waterslager

Ukuran tubuhnya memang tidak sebesar Kenari Yorkshire, hanya saja panjang tubuhnya bisa tumbuh hingga 16.5 cm. Dengan kelebihannya tersebut, tidak heran bila burung ini banyak dicari di pasaran.

Kenari Gloster

Banyak dicari oleh para pecinta burung kicauan, lantaran keunikannya yang miliki suara menawan dengan lekukan nada yang begitu khas.

kenari-gloster

Keunikan lainnya terletak di bagian kepalanya yang kalodi, dimana tampak seperti rambut manusia yang menutupi matanya. Ukuran tubuhnya yang mungil dan dipadukan dengan panjangnya yang mencapai 11.5 cm, siapapun yang melihatnya akan terpukau dan ingin memilikinya.

Kenari Spanish Timbrado

Sesuai dengan nama yang disandingnya, burung satu ini berasal dari Spayol dan termasuk Kenari murni. Dikatakan demikian, lantaran si Kenari ini tidak ada darah campuran dari persilangan dengan jenis Kenari lainnya.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Pentet Agar Cepat Gacor Dan Bongkar Isian

Kenari-Spanish-Timbrado

Dikenal sebagai pemilik suara jernih nan nyaring, mungkin anda sudah tidak asing lagi mendengarnya di internet ataupun secara langsung. Termasuk burung pemakan biji bijian, sang pemilik tidak akan kesusahan mencari pakannya.

Kenari Norwich

Berdasarkan informasi yang didapatkan, burung satu ini diberikan nama sesuai dengan habitat asalnya yang berasal dari kota Norwich di Inggris. Cukup populer dengan ukuran tubuhnya yang cukup besar, burung dari negeri sebelah ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang 16 cm.

kenari-norwich

Suara sang pejantan yang terdengar nyaring nan merdu, membuat si burung Kenari Norwich semakin diminati sebagai salah satu burung peliharaan.

Cara Perawatan Si Kenari

Sang pemilik burung cantik ini nampaknya tak perlu khawatir ketika ingin merawat si Kenari. Sebab burung ini cukup mudah dirawat, bahkan berkembangbiakannya juga termasuk pesat.

Agar si burung cepat gacor, silahkan memberikan pakan berupa biji bijian dan berbagai buah segar seperti apel dan jagung muda. Agar setiap kebutuhan hariannya terpenuhi, tak ada salahnya sewaktu waktu memberikannya pakan tambahan.

Selain tak perlu kebingungan mencari pakan terbaik, sang pemilik nampaknya tak perlu kebingungan cara tepat agar si burung merasa betah di kandangnya. Silahkan bersihkan sangkar secara rutin, sehingga tidak ada kotoran yang menumpuk.

Hal ini perlu diperhatikan, mengingat kadangkala mereka tidak sengaja menjatuhkan makanannya. Membersihkan sarang Kenari secara rutin, juga menjauhkannya dari terkena bakteri dan parasit berbahaya.

Harga yang Ditawarkan Di Pasaran

Sebelum memutuskan untuk membudidayakan atau sekedar memelihara si burung Kenari, akan lebih baik untuk mengetahui harga pasaran di berbagai daerah.

Tak lain dan tak bukan, agar tidak merasa dirugikan akibat tertipu oleh penjual yang menawarkan dagangannya dengan harga tinggi. Teliti sebelum membeli, ada pula beberapa oknum tak bertanggung jawab akan menawarkan harga murah padahal si burung tengah sakit atau ada cacat.

Baca selengkapnya :  Suara Lovebird Asli, Ngetik, Ngekek Gacor Mp3 Langsung Nyaut

Menurut data yang telah didapatkan, setiap Kenari akan dipatok dengan harga yang berbeda. Perbedaan harga yang ditawarkan sebenarnya tergantung dari beberapa faktor seperti jenis, warna, usia, adanya cacat atau tidak, gacor, persilangan, hingga adanya prestasi yang pernah diraihnya. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan isi dompet, agar tidak mengalami kerugian akibat salah membeli.

Dimulai dari Kenari Lokal anakan dengan berbagai varian warna, pasar nampaknya mematok harga mulai dari Rp. 60 ribuan hingga Rp. 100 ribuan saja per ekornya.

Sedangkan untuk Kenari lokal yang tengah memasuki usia matang, nampaknya pasar berikan harga sekitar Rp. 160 ribuan hingga mendekati harga Rp. 300 ribuan per ekornya. Perbedaan harga yang ditawarkan, hendaknya bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membelinya.

Tertarik untuk membeli burung Kenari Border ? Nampaknya pasar mematok si cantik satu ini mulai dari harga sekitar Rp. 750 ribuan per ekor untuk Border anakan, sedangkan untuk Border dewasa akan dipatok mulai dari Rp. 1.8 jutaan per ekornya.

Lalu bagaimana dengan jenis Kenari populer seperti Yorkshire ? Untuk Yorkshire jantan dewasa, pasaran sepakat untuk membandrolnya mulai dari harga Rp. 4 jutaan hingga Rp. 10 jutaan.

Dikenal dengan suaranya yang unik nan khas, banyak pecinta burung kicauan yang kemudian menjadikannya sebagai burung ocehan hingga diikutsertakan dalam beberapa kontes di gantangan.

Baca juga artikel terkait : Suara Kenari Gacor Mp3 Download

Bahkan tak jarang pula, berbagai jenis Burung Kenari terlihat sebagai hewan peliharaan sekaligus mempercantik tampilan hunian. Ditawarkan dengan harga yang berbeda beda, dimana setiap jenisnya miliki ciri khas dan keunggulannya masing masing.