Jenis Dan Keistimewaan Burung Kepodang (Mitos, Makanan, Harga)

Diposting pada

Disebut sebagai burung bernyanyi dengan bulu indah, burung Kepodang dijuluki sebagai burung pesolek yang selalu bisa tampil cantik. Dibalik keindahan suara dan bulunya, burung satu ini erat kaitannya dengan berbagai mitos positif yang hingga kini masih dipecayai oleh masyarakat sekitar.

Oleh karenanya, banyak orang yang kemudian tertarik untuk memelihara disamping dari segala kelebihannya. Penasaran bukan?. Yuk simak info selengkapnya seputar burung kepodang Berikut ulasannya.

Mengenal keunikan si kuning kepodang yang perlu anda ketahui


Mitos yang Beredar Di Masyarakat

Ternyata burung cantik satu ini tidaklah sekedar sebagai burung peliharaan semata, lantaran sebagian orang memanfaatkannya sebagai salah satu syarat untuk menjalankan tradisi adat Jawa Tengah yang disebut Mitoni tujuh bulan.

Mitos tersebut mengatakan bila burung ini, mampu memberikan hawa positif terutama bagi para ibu hamil. Hanya saja, ritual tersebut akan dilakukan ketika usia kandungan mencapai 7 bulan.

Pada proses ritual berlangsung, sang ibu diharuskan mengkonsumsi daging burung cantik agar mendapatkan keturunan yang cantik dan tampan. Konon, masyarakat Sunda juga mempercayai adanya mitos yang dibawa oleh burung pesolek satu ini.

Dimana mereka mempercayai bila burung Kepodang, mampu menolak bala dan dijauhkan dari segala malapetaka ataupun kesialan bagi siapapun yang memeliharanya.

kepodang-trotolan

Beberapa Jenis Kepodang

Setidaknya ada kurang lebih 30 spesies Podang yang tersebar luas di seluruh penjuru dunia. Sedangkan Indonesia sendiri, menyumbangkan setidaknya 3 spesies dengan karakter yang berbeda.

Terdiri dari Kepondang Emas, Kepodang Batu, dan juga Kepodang Kapur, diantara ketiga spesies ini Kepodang Emas yang paling banyak diminati untuk dipelihara. Bukan hanya karena warna bulunya yang indah, namun karena suara kicauannya yang terdengar unik.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Murai Batu Jambi

Walaupun Kepondang Emas banyak diminati, bukan berarti kedua spesies lainnya tak menarik untuk dipelihara. Sebab, Kepodang kapur miliki bulu berwarna kuning tegas dengan adanya tambahan garis hitam di sekitar matanya.

Bahkan di bagian paruhnya, terlihat ada perbaduan warna abu abu dan merah muda yang bisa berubah warna menjadi merah. Jika sang burung Kepodang sudah mulai berkicau, anda bisa mendengar suaranya yang terdengar meriwik.

Sedangkan pada Kepodang Batu miliki bulu berwarna kuning pucat yang berpadu dengan sedikit warna putih, namun suara kicauannya terdengar unik. Di bagian dada, terdapat sedikit garis garis berwarna hitam yang membuatnya tampil beda.

Kemudian di bagian kelopak mata dan paruhnya, terlihat berwarna hitam legam. Karena setiap spesiesnya miliki kelebihannya sendiri, ada baiknya untuk memilih yang sesuai dengan selera anda.

Pakan Terbaik Bagi Kepodang

Ta terlalu sulit untuk menemukan pakan favoritnya, karena burung cantik ini senang mengkonsumsi aneka buah buahan manis seperti pepaya dan mangga serta berbagai jenis serangga kecil.

Khusus untuk buah buahan segar, anda bisa memberikannya secara rutin setiap hari agar si burung merasa senang. Sedangkan bagi pakan tambahannya, silahkan berikan ulat bambu, jangkrik, dan masih banyak lainnya.

kepodang-jantan-dewasa

Harga Kepodang di Pasaran

Sebagai burung yang paling banyak diminati, tidak heran bila Kepondang Emas dipatok dengan harga tertinggi yang bisa mencapai 1.5 jutaan per ekornya. Khusus bagi Kepondang Kapur dan Batu, akan dibandrol sekitar 200 ribuan hingga 1 jutaan per ekornya.

Sedangkan bagi burung Kepodang anakan akan dibandol mulai dari harga 100 ribuan saja per ekornya. Namun perlu diketahui bila, besaran harga yang ditawarkan bisa berubah seiring berjalannya waktu.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Jalak Suren Beserta Harganya

Sejak pertama kali melihatnya, kecantikan warna bulu Kepondang sudah bisa menarik perhatian. Tak hanya dengan visualnya semata, karena anda akan dibuai dengan suara nyanyiannya yang terdengar unik nan indah.

Disebut sebagai burung pesolek, tak heran bila jumlah permintaan pasar setiap tahunnya terus bertambah. Dibandrol mulai dari harga ratusan ribu, silahkan pilih jenis Kepodang yang sesuai dengan selera anda.