Burung Parkit

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Burung Parkit – Unggas kicau berparuh bengkok ini cukup populer di kalangan pecinta burung kicau. Dia memiliki warna bulu yang cantik dengan suara kicauan yang unik semkipun tidak se hapening burung lovebird.

Parkit berasar dari benua Australia dan pada jaman dulu menjadi burung buruan yang di konsumsi oleh suku aborigin yang merupakan suku asli benua australia. dialam bebasnya dia hidup dihutan dan membentuk

koloni besar yang berjumlah mencapai ribuan ekor serta berpindah-pindah mencari sumber makanan dan sumber air. Seperti lovebird yang dikenal setia, ternyata parkit ini juga tak kalah setia. hal ini ditunjukan

oleh pejantan dimana dia setia menemani betinanya ketika bertelur. nah kalau kalian tertarik dengan burug yang satu ini yuk simak artikelnya sampai habis kita akan mengenalnya lebih jauh.

mengenal-burung-parkit

Mengenal Tentang Burung Parkit Si Setia

Ciri – Ciri Burung Parkit

Parkit memiliki tubuh mungil dan dia memiliki hubungan kekeluargaan dengan burung betet, pantas saja dia terlihat mirip ya. Ciri-ciri selengkapnya sebagai berikut :

1. Ukuran tubuhnya terbilang kecil sekitar 18 cm dengan bobot tubuh yang bervariasi.
2. Panjang sayap untuk yang berkelamin jantan sekitar 9 sampai 10 cm dan yang betina lebih besar sedikit mencapai 11 cm.
3. Ekor burung parkit memiliki panjang kurang lebih 10 cm.
4. Warna bulunya beragam ada yang warna ijo, kuning, biru, oranye dan ungu. Pada burung dewasa bagian atas tubuhnya bercorak hitam dan ada bintik hitam di bagian kerongkongan sedangkan yang masih muda warna bulunya lebih gelap.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Sirtu Agar Cepat Gacor

Setelah mengenal beberapa cirinya kita akan mengenal beberapa jenis makanan burung parkit.

Makanan Burung Parkit

1. Jewawut

Bijian yang satu ini mengandung gizi yang tinggi dan komplit seperti protein, lemak dan karbohidrat. untuk mendapatkannya cukup mudah karena kalian bisa mencarinya di kios burung terdekat atau beli secara online juga bisa.

2. Milet

Ini juga merupakan makanan utama untuk burung pemakan bijian seperti lovebird, parkit australia, kenari dan burung paruh bengkok lain. didalamnya juga terdapat kandungan nutrisi yang bagus untuk burung.

3. Pelet

Meskipun pelet bukan untuk burung tetapi didalamnya terdapat kandungan yang baik untuk tubuh parkit selain itu bentuknya juga bulat-bulat seperti bijian sehingga parkit juga menyukainya.

4. Buahan dan Sayuran Segar

Parkit juga sangat menyukai buahan yang manis dan mengandung banyak air untuk asupan vitaminnya serta sayur juga yang baik untuk pertumbuhan serta bulunya menjadi berkilau.

Kalau kalian merawat parkit dan rajin diberikan buahan dan sayuran segar maka burung kalian terlihat semakin segar, gesit dan rajin berkicau tentunya ini yang kalian inginkan bukan.

baca juga : cara membedakan burung parkit muda jantan dan betina

makanan-burung-parkit

Reproduksi

Saat sepasang parkit sudah berjodoh kalian langsung memasukannya ke kandang reproduksi yang lebih besar dan dilengkapi glodog seperti pada burug lovebird. setelah itu biarkan mereka melakukan proses kawin.

Proses kawin memakan waktu 7 hari hingga pada akhirnya burung mengeluarkan telur dan menetas. proses itu memakan waktu kurang lebih 20 hari dan pada saat itu burung jantan dengan setianya mendampingi betina.

Biarkan burung diloloh indukannya selama 2 minggu setelah pada akhirnya dipisahkan dan dirawat sampai dia bisa makan sendiri. telur yang dihasilkan mencapai 5 butir tetapi terkadang ada yang tidak berhasil.

Baca selengkapnya :  Tips Memilih Voer Kacer Yang Cocok Dan Berkualitas

Masa hidup burug parkit rata-rata mencapai 10 tahun namun itu juga tergantung dari kondisi kesehatan di burung dan juga perawatan terbaik yang kita lakukan setiap hari serta asupan makanan yang bergizi.

burung-parkit-lokal

Itulah informasi tentang burung parkit semoga informasi yang menarik ini bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua ya. Masih banyak jenis burung kicau lain yang akan diulas jadi terus ikuti suhukicau ya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari