burung-rambatan

Jenis Burung Rambatan (Harga Dan Suara)

Burung menjadi hewan yang kerap dijadikan peliharaan karena memiliki bentuk yang indah dan suara yang merdu. Saking banyaknya jenis burung, tak jarang orang memiliki kegemaran untuk mengkoleksinya.

Berbagai kejuaraan hingga jual beli burung juga menjadi aktivitas pecinta burung. Salah satu burung yang juga bisa dipelihara dan memiliki bulu yang indah adalah burung rambatan. Untuk mengenal lebih dalam yuk simak ulasannya berikut.

Berkenalan Dengan Burung Merambat Yang Berbulu Indah


1. Sekilas Tentang Rambatan

Burung satu ini merupakan salah satu dari burung yang memiliki bulu yang indah. Karena memiliki kebiasaan memanjat atau merambat pohon inilah yang membuatnya dikenal dengan Rambatan.

Sesuai dengan kebiasaan burung ini yakni merambat di pepohonan. Burung inimudah untuk dipelihara meskipun ditangkap di alam liar. Menjadi burung yang sangat aktif karena masih menjadi bagian dari keluarga Sittidae yang dikenal aktif.

2. Ciri Ciri

Sangat mudah untuk membedakan burung yang satu ini jika melihat kebiasaannya. Warna bulu burung ini dominan hitam biru yang sangat cantik. Tak hanya warnanya saja yang cantik suaranya juga cantik.

Suara burung satu ini mirip dengan burung cililin namun tetap ada perbedaan yang menjadi ciri khasnya. Tak heran jika meskipun harus diburu terlebih dahulu Burung Rambatan ini banyak digemari oleh pecinta burung terutama yang sudah gacor.

3. Jenis Jenis Rambatan

Burung cantik satu ini memiliki spesies yang tersebar di seluruh dunia. Dimana 2 di antaranya bisa ditemukan di Indonesia dan negara tetangga Malaysia. Spesies tersebut adalah Velvet Flonted Nuthatch dan juga Blue Nuthatch. Jenis Velvet ini umumnya memiliki ukuran 12.5 cm semntara untuk Blue Nuthatch memiliki ukuran yang lebih besar sekitar 13 cm. Yang membedakan keduanya yakni pada warna yang mendominasi bulunya dan juga detailnya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Burung Cucak Ranting, Habitat, Makanan, dan Harga

Munguk Beludu atau Velvet yang pada bagian dahinya hitam dengan tengkuk, ekor dan punggung bewarna unggu dan terdapat bercak biru. Paruhnya bewara merah dnegan bagian dagu putih dan bagian bawah tubuhnya bewarna merah jambu. Spesies inilah yang paling banyak ditemui di Indonesia terutama di Jawa, Sumatra dan Kalimantan. Sementara untuk jenis burung Rambatan Blue Nuthatch atau Munguk Loreng pada bagian paruhnya berwarna merah.

gambar-burung-rambatan

4. Cara Perawatan

Rambatan termasuk dalam burung yang mudah perawatannya tidak seribet Lovebird ataupun Kolibri. Pastinya anda harus rajin untuk membersihkan kandangnya dan tidak membiarkan kotorannya menumpuk.

Hal ini karena rambatan akan stress dan juga tidak nyaman ketika kandangnya kotor. Untuk makanannya bisa diberikan voer halus yang dicampurkan dengan kroto. Selain itu juga bisa diberikan jangkrik kecil, ulat hongkong atau ulat kandang.

5. Harga Rambatan

Jika anda tertarik untuk memelihara burung berbulu cantik ini, anda bisa menyediakan budget mulai dari Rp. 150 ribu hingga Rp. 500 ribu. Harga ini ditentukan berdasarkan warna bulu dan jenisnya.

Tak hanya itu burung yang sudah gacor juga memiliki harga yang terbilang mahal. Harga setiap daerah untuk burung yang bisa gemar melompat ini juga berbeda beda. Namun harga Burung Rambatan masih tergolong terjangkau.

Banyaknya jenis burung membuat banyak pecinta burung untuk terus menambah koleksinya. Keelokan dan suaranya yang merdu menjadi faktor utama burung tersebut banyak dicari di pasaran.

Bagi anda yang ingin melengkapi koleksi, tak ada salahnya menjadikan Rambatan sebagai salah satunya. Namun pastikan untuk memberikan perawatan terbaik meskipun jenis satu ini memiliki perawatan yang terbilang mudah dan tidak rumit.