burung-sirtu

Mengenal Ciri Burung Sirtu, Habitat, Makanan, Harga, Suara

Assalamualaikum wr wb, Apa kabar semua para sobat kicau mania?. Semoga selalu diberikan kesehatan dan semangat setiap harinya, masih disini bersama situs resmi SuhuKicau.Com yang selalu update memberikan informasi tentang burung kicau di indonesia, tentunya kali ini kami akan membahas dan mengenal lebih dekat tentang burung sirtu, dari habitat, makanan dan ciri khas yang dimiliki oleh burung yang satu ini.

Burung sirtu ini memiliki nama latin adalah Aegithina tiphia, dan memiliki nama lokal yang sering disebut oleh para hobiis kicau mania seperti, sirpu, cipew, catow ataupun cipoh. Nama sebutan ini tergantung dari beberap wilayah dari daerah masing-masing, yang sering menyebutnya dengan panggilan akrabnya.

Untuk eksistensi di alam liarnya, jika kita sering melewati daerah tepi hutan di wilayah indonesia ini, biasanya kita akan mendengarkan suara atau kicauan yang indah dari burung ini yang melantunkan suaranya dengan merdu dan sangat nyaring. Sehingga jika kita belum pernah melihatnya menyangka burung ini berukuran sangat besar, akan tetapi bentuk asli dari burung ini memiliki tubuh yang berukuran sangat kecil sekitar 10-12 cm saja. Penasaran dengan spesifik lebih lengkapnya untuk burung sirtu ini, yuk simak ulasannya dibawah ini :

gambar-burung-sirtu

Memahami karakteristik burung sirtu yang perlu anda ketahui


Habitat dan kebiasaan

Burung sirtu ini banyak sekali tersebar dari wilayah asia tenggara, sumatra, kalimantan dan pulau jawa tentunya yang masih mendominasi populasi dari jenis burung ini. Kebiasaan burung sirtu ini sangat senang berpindah-pindah tempat secara berkelompok dengan sesama jenisnya, dan kurang begitu bersahabat dengan jenis burung lainnya yang bukan sesama jenisnya.

Baca selengkapnya :  5 Jenis Makanan Burung Kolibri Yang Baik Untuk Harian

Akan tetapi burung ini sangat senang tinggal di pinggiran hutan dan tidak terlalu suka dengan pohon yang rindang. Dan biasanya membangun sarang di tepi hutan pada cabang pohon yang rendah.

Ciri-ciri Sirtu

Sekilas memang burung sirtu ini memiliki tubuh yang hampir mirip dengan burung decu, hanya saja berbeda dengan warna yang dimilikinya, yang memiliki bulu yang berwarna kuning serta berkombinasi dengan hijau-hijauan.

Dari bentuk paruhnya memiliki warna hitam yang berukuran sedang, serta warna corak di sayap terlihat totol garis blirik putih yang berpadu dengan hitam dan hijau.

ciri-burung-sirtu

Makanan Yang disukai

Pakan asli di alam liar yang paling disukai oleh burung ini adalah, jangkrik, telur semut (kroto), belalang atau serangga kecil lainnya, serta pakan penunjangnya juga sangat menyukai buah-buahan seperti pisang.

Jika burung ini sudah dirawat oleh teman-teman kicau, yang baru saja membelinya di kios atau pasar burung, sebaiknya dilatih juga untuk memberikannya pakan voer yang berkualitas baik yang disukainya dengan banyak sekali jenis dan merk yang menjual pakan voer untuk jenis burung ini.

Apabila burung ini sudah mulai mau makan voer, akan tetapi pemberian EF (Extra Fooding) yang setiap harinya juga harus selalu diberikan agar dapat menunjang kebutuhan asupan protein, nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh si burung sirtu ini agar cepat gacor.

Kelebihan dan kekurangan

– Tubuh yang berukuran kecil ini malah menjadi daya tarik tersendiri bagi para penghobi burung kicauan yang ingin memeliharanya dengan suara yang unik dan khas serta volume yang sangat kencang.

– Untuk suara lagu yang dibawakan memiliki banyak variasi, yang tidak membuat jenuh para pendengarnya.

Baca selengkapnya :  Ciri Dan Karakter Lovebird Pasbir Beserta Harganya

– Ketika berkicau juga terkadang apabila ketemu titik birahi si burung sedang baik maka si burung dapat menampilkan gaya memainkan dan menggetarkan sayapnya seolah-olah ingin bertarung seperti halnya burung fighter.

– Kekurangan yang dimiliki oleh burung ini, sangat mudah sekali terserang penyakit, namun jika anda merawat burung ini asal-asalan dan kurangnya perhatian juga menyebabkan burung mudah sekali untuk macet bunyi.

suara-burung-sirtu

Tips merawat

– Agar si burung ini lebih rajin berkicau dan memiliki birahi yang stabil, ada baiknya anda merawat burung ini dengan pasangannya , jantan dan betinanya.

– Dalam memberikan pakan harus selalu bersih, fresh dan berkualitas baik untuk selalu menjaga fisik dan kondisi burung ini agar selalu FIT.

Harga Dan Suara burung sirtu

Untuk harga dipasaran burung sirtu hasil tangkapan yang masih muda kira-kira berusia dibawah 1 tahun, dan belum begitu gacor memiliki harga yang relatif murah bisa mencapai 50 – 100 ribu. Berbeda dengan burung yang sudah dewasa dan sudah sering berkicau (gacor) jantan, bisa mencapai 200 – 350 ribu. Dan untuk jenis betina sekitar 150 ribuan.

Berikut suara audio mp3 burung sirtu gacor

Link | Download