Burung Sogok Ontong

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Burung Sogok Ontong – Membahas seputar spesies unggas pengicau memang tidak ada habisnya mulai dari yang bertubuh besar, sedang sampai yang kecil. Kali ini kita akan mengulik sogon atau sogok ontong.

Mungkin kalian masih bingung apa sih itu burung sogok ontong, ini merupakan burung madu sriganti yang merupakan hewan penghisap nektar bunga dan juga memakan serangga-serangga kecil di sekitarnya.

Meskipun memiliki tubuh yang mungil dia memiliki suara kicauan yang unik dan khas memang terlebih kalau kalian memeliharanya lebih dari seekor mereka akan saling bersahutan karena memang di habitat

asilinya mereka hidup saling berkoloni. Kalau kalian memeliharanya lebih dari satu juga si burung aman kalau pun terlepas dari kandangnya dia tidak akan pergi kemana-mana hanya nyamperin temannya.

Daripada kalian semakin penasaran saja ingin mengenal burung madu sriganti ini langsung saja baca ulasan selengkapnya wajib kalian baca jangan sampe ke tinggalan ya teman-teman kicau semua.

burung-sogok-ontong-harga

Mengenal Lebih Jauh Burung Sogok Ontong


Ciri Fisik Burung Madu Sriganti

Secara umum kita bisa lihat dia memiliki bulu hijau zaitun mulai dari bagian kepala, punggung hingga ke sayapnya, di bagian ekornya agak gelap dan warna pada dadanya berwarna kuning cerah.

Dari bagian bawah paruh hingga ke lehernya terdapat warna hitam metalik. Paruh panjang melengkung dengan ujung yang lancip menandakan dia merupakan burung dari keluarga nectaridae.

Sogon jantan sangat berbeda sekali dengan yang berkelamin betina sehingga kalian dapat membedakannya dengan mudah apalagi ketika membeilinya di kios atau pasar burung jangan takut salah beli.

Baca selengkapnya :  Tips Cara Merawat Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang

Salah satu ciri yang mencolok terletak pada bulu dibawah paruh hingga ke dagu yang berwarna hitam metalik hanya ada pada burung berkelamin jantan sedangkan yang betina berwarna putih polos.

makanan-burung-sogok-ontong

Makanan Burung Sogon

1. Nektar :Di habitat aslinya memang dia memakan nektar dari sari bunga, tetapi dalam perawatan kalian bisa menggantinya dengan nektar pabrikan yang banyak dijual dengan berbagai merk.

Atau bisa juga kalian memberinya nektar yang kalian racik sendiri dengan bahan yang mudah didapat di sekitar kalian yakni campuran susu kental manis dengan sirup marjan cocopandan secukupnya yang dicairkan dengan sedikit air.

Atau bisa juga dengan susu kental manis saja tetapi jangan terlalu kebanyakan karena akan membuat si burung obesitas sehingga dia malas bergerak dan berkicau. atau bisa juga kalian berikan madu.

2. Serangga : Selain nektar dia juga merupakan pemakan serangga kecil dan juga bahkan dia sebagai pemburu laba-laba untuk dia makan. Kalau dalam peliahraan kalian bisa memberikan kroto

secukupnya sekitar setengah sendok teh sudah cukup, kalau mau memberi jangkrik juga yang masih anakan yang kecil dan belum tumbuh sayap karena kalau kebesaran dia akan susah mencernanya karena tubuhnya kecil.

3. Buahan : Sogon juga merupakan burung pemakan buahan yang manis seperti jeruk manis, dia juga suka buah mangga manis dan juga melon juga yang menganduk banyak air dia juga suka. Pemberiannya boleh di selang seling tidak harus setiap hari.

Tips Rawatan Harian Burung Sogok Ontong

Untuk perawatan hariannya tentunya tidak banyak berbeda dengan burung lain hanya saja kalian harus memperhatikan durasi jemur yang tidak boleh terlalu lama mengingat ukuran tubuhnya mungil dia tidak

Baca selengkapnya :  Ciri Lovebird Pasvio Beserta Harganya

akan tahan dengan sinar matahari terik. cukup sampai bulunya kering saja atau maksimal 30 menit setiap hari. Makanan juga wajib diganti setiap hari mengingat makanannya manis-manis kalau tidak

diganti nanti akan diserang semut, tentu ini akan berbahaya bagi si burung sendiri dan juga tidak akan membuatnya nyaman terlebih ketika dia berada dikandang yang sempit akan membuat dia tak berdaya dari serangan semut.

suara-burung-sogok-ontong

Itulah tadi hasil ngulik kita tentang burung sogok ontong semoga bermanfaat menambah pengetahuan kalian semua terutama pecinta burung madu dimanapun berada. Dan tak pernah bosan kami selalu mengucapkan terimakasih

ke kalian semua yang sudah selalu mendukung web kami semoga setiap informasi yang kami sampaikan bisa kalian terima dan praktekan dengan baik. Semoga kalian juga sukses dan sehat terus ya.

baca juga : cara merawat burung sogok ontong agar cepat gacor

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari