Mengenal Jenis Burung Tangkar Kambing, Harga Dan Suara

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Mengenal jenis burung kicau memang sangat banyak sehingga tak ada habisnya dan kali ini kita akan mengulas Burung Tangkar Kambing atau yang memiliki nama lain malayan black magpie ini memang ditemukan diwilayah

melayu seperti Malaysia, Indonesia, Myanmar hingga ke Singapura. Di negara kita banyak ditemukan di wilayah sumatra dengan ras yang memiliki bulu hitam kombinasi putih sedangkan di Kalimantan berwarna full hitam yang pekat.

Tangkar kambing ini kalau diperhatikan sekilas mirip sekali dengan burung kacer dan dia pun sangat terkenal akan kemampuannya bersiul serta suaranya yang merdu sehingga mulai banyak dilirik para penghobi burung kicau.

bagi kalian yang tertarik untuk memelihara burung ini pastikan kalian mengenalnya terlebih dahulu supaya tahu bagaimana karakteristik dan cara merawatnya dengan baik serta makanan apa yang bisa diberikan. Jadi langsung saja baca artikelnya sampai habis.

burung-tangkar-kambing-jantan

Mengenali Burung Tangkar Kambing Karakter Sampai Harga

1. Ciri-ciri – Coro Fisik Black Magpie

Mempunyai ukuran badan yang lumayan besar, panjang badannya jika diprediksi dimulai dari paruh sampai ke ekornya sekitaran 38 cm hampir serupa panjangnya dengan burung srigunting.

Di bagian kepala, leher, sampai ke ekornya mempunyai bulu-bulu cantik yang warna hitam legam. dan di bagian sayapnya ada garis yang cukup tebal warna putih jelas tapi ada pula yang berwarna hitam semua.

Burung tangkar kambing mempunyai jambul di bagian kepalanya yang warna hitam pekat di mana akan kelihatan saat ia berkicau dan siap-siap akan terbang jika sedang berkunjung biasa jambulnya menurun.

Baca selengkapnya :  Makanan Burung Sanger

Paruh dan kakinya warna hitam pekat di mana paruhnya cukup panjang dan kuat dan sisi kakinya cukup panjang. untuk bulu-bulu ekornya mempunyai ukuran lembar yang lebar-lebar lebih lebar dari bulu-bulu burung lain.

suara-burung-tangkar-kambing

2. Komunitas Asli Tangkar Kambing

Tangkar kambing berhabitat asli di tempat daratan tinggi sampai di atas 800 mtr. dari permukaan laut. cukup susah untuk mendapatinya dialam walau dihabitat aslinya karena ia populer pemalu.

Sehingga hanya terdengar suaranya saja karena dia bersembunyi dibalik dedaunan di pohon-pohon tinggi yang lebat sambil mencari makanan di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan asupan makanan hariannya.

Sesuai namanya malayan black magpie dimana burung ini banyak ditemukan dan pertama kali ditemukan di kawasan melayu seperti Indonesia, Malaysia sampai ke Singapura di alam populasinya cukup terjaga.

3. Makanan Kesukaannya

Secara alami dia merupakan burung pemakan serangga mulai jangkrik, belalang, kupu-kupu dan juga mamalia kecil yang dia temukan disekitarnya. Selain itu dia juga gemar memakan dedaunan disaat

dia bersembunyi. Tetapi ketika kalian memeliharanya tentu kalian harus mengajarinya untuk memakan voer sebagai asupan makanan utamanya dan juga memberikan EF seperti Kroto dan juga Jangkrik

atau boleh juga ulat kandang dan ulat hongkong. Untuk cara pemberiannya tentunya nanti akan kita bahas diartikel perawatan harian yang kalian lakukan ya teman-teman kicau jadi tungguin ya.

4. Harga Jual Terbaru

Untuk harga jualnya termasuk tinggi meskipun belum memiliki popularitas yang banyak tentunya terbayangkan bukan kalau nantinya dia semakih populer pasti harganya kian menjulang mahal.

jadi kalian boleh memeliharanya dari sekarang supaya nantinya bisa naik harganya. Untuk yang masih anakan jantan dibanderol diharga Rp350.000 per ekornya tentunya ini sudah saya rangkum dari offline maupun online.

Baca selengkapnya :  Mengenal Beberapa Jenis Burung Kolibri Di Indonesia

Untuk yang sudah dewasa dan sudah gacor seekor black magpie dipasaran mencapai harga antara Rp500.000 sampai 600.000 per ekornya. cukup mahal sehingga sayang sekali kalau kalian membelinya tetapi tidak merawatnya dengan baik.

makanan-burung-tangkar-kambing

5. Suara Burung Tangkar Kambing

Dia memiliki volume suara yang nyaring hal ini karena memang habitat aslinya berada di hutan yang tentunya membuat dia berinteraksi dengan burung lain selain itu siulannya menjadi keunggulan bagi dia.

Kalian bisa mendengarkan suaranya dan bisa dijadikan sebagai masteran boleh dengan mengunduh suaranya di internet secara gratis atau membeli box audio yang sudah tersedia juga rekaman suaranya.

Sangat menarik juga burung tangkar kambing ini ya teman-teman kicau. apakah kalian tertaik untuk memilikinya ? kalau berminat pastikan kalian memeliharanya dengan baik dan sepenuh hati ya.

Terimakasih banyak sudah selalu setia membaca artikel dari suhukicau semoga informasi yang kami berikan dapat menginspirasi kalian dan bermanfaat menambah wawasan seputar hobi memelihara unggas pengicau.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari