11 Jenis Burung Yang Paling Laku Di Pasaran 2021

Diposting pada

burung yang laku di pasaran – Kembali masih bersama situs Suhu Kicau, yang selalu temani rekan-rekan penggemar burung kicauan di nusantara, nach dikesempatan kesempatan ini sharing info sekitar burung yang terlaris di pasar dan harga sekarang ini, supaya kalian tidak ketinggal jaman ya hehe.

Nach dari kesebelas tipe burung ini yang banyak dicari dan laku dipasarannya terdiri jadi 2 type, burung yang memiliki ukuran kecil dan yang besar, ingin tahu ?.Yok baca saja langsung informasi secara lengkap di bawah ini gaes :

Tipe Burung Kecil


1. Pijantung

Baru-baru ini sangat marak dan tiba-tiba muncul beberapa penggemar yang menyukai burung kecil yg memiliki paruh panjang, siapa lagi kalau bukan burung pijantung ya. Burung ini merupakan salah satu jenis kicauan penghisap madu seperti jenis kolibri pada umumnya ya, namun asli lokal pastinya. Pijantung terbagi menjadi 2 golongan yaitu pijantung pisang dan pijantung gunung.

Karakter suara yg dimilikinya sangatlah unik dan memiliki ciri khas tersendiri, dengan besetan yg rapat tentu sangat dibutuhkan dan wajib dijadikan sebagai burung isian untuk murai batu lomba. Untuk harga yg ditawarkan burung pijantung bisa mencapai 100 ribu – 250 ribu per ekornya.

burung-yg-lagi-ngetren-sekarang

baca juga : cara merawat burung pijantung

2. Konin (Kolibri Ninja)

Kolibri ninja dari tahun 2020 sampai tahun ini masih stabil dan belum surut penggemarnya, malahan semakin bertambah terus, konin mania yg selalu konsisten menjaga nama baik serta nilai jual yg sesuai dengan kualitas burung-burung tersebut.

Konin tentu sangat mudah untuk dirawat ya, akan tetapi jika kalian tepat cara memberikan pakan hariannya sudah pasti burung ini bisa langsung gacor, walaupun kalian beli langsung dengan kondisi bahan ombyokan sekalipun. Untuk kisaran harga kolibri terbarunya untuk yg masih ijoan bahan bisa mencapai 75 ribu sampai 100 ribuan, berbeda dengan yg sudah metalik terlebih gacor tentu harga jualnya mahal dong serta menyesuaikan dengan kriteria burung tersebut ya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Kembalikan Mental Burung Murai Yang Drop Dan Stress

jenis-burung-kecil

3. Pleci

Si imut dan simungil kacamata tentu para hobiis kicaumania sudah paham semua dengan burung ini ya, yang dimana memiliki tubuh yg kecil namun mudah sekali untuk berkicau dengan merdu, burung pleci ini mulai marak dan ramai penggemarnya memang sejak dulu ya, tapi tidak sebanyak sekarang ini.

Pada tahun 2018 pleci sudah mulai kembali ngetren dan populer sampai saat ini, untuk harga jual dipasarannya jenis burung pleci relatif murah ya antara 50 ribu sampai 100 ribuan saja, namun itupun burung yg masih bahan lo, atau istilahnya burung yg baru dapat hasil tangkapan liar hutan dan perlu proses dan PR untuk merawat burung ini bisa menjadi jinak dan gacor.

jenis-burung-yang-rajin-bunyi

4. Serindit

Burung yg memiliki warna eksotis peraduan hijau merah, kuning dan biru ini tergolong jenis burung paruh pendek ya sema halnya seperti burung love bird, namun serindit ini asli burung indonesia lho, makanya banyak dijuluki sebagai lovebirdnya indonesia (lokal) yg habitat aslinya di nusantara kita, wah tentu kalian sebagai warga negara harus bangga dong, negara kita memiliki burung yg tidak kalah luar biasanya dibandingkan dengan negara lain.

Maka itu kita harus pintar, cerdas dan pandai dalam memelihara kekayaan alam dan hewan yg kita lestarikan agar tidak mudah punah. Nah bagi pemain burung murai batu tentu dan pasti membutuhkan burung pendamping yg memiliki suara dencingan tajam, melengking pastinya, tentu serindit bisa membawakan lagu tersebut, wajib menurut saya jika kalian memiliki burung murai batu untuk dijadikan lomba maka harus punya nih burung masteran yg satu ini. Untuk harga burung serindit saat ini bisa mencapai 75 – 100 ribuan ya, jika kalian cek ke pasar burung, harga itu kondisi burungnya masih ombyokan atau gambling bahan.

jenis-burung-yang-tidak-mudah-stres

5. Ciblek

Burung kecil yg memiliki mental petarung tinggi adalah ciblek, burung ini mempunyai beberapa jenis ya, ada cikgun atau ciblek gunung, semi, lumut, sawah atau ciblek kebun serta ada juga ciblek kristal. Dari masing-masing tipe ini memiliki keistimewaan serta kelebihannya masing-masing ya, tentu harga yg dijual dipasarannya juga relatif berbeda-beda.

Burung ini walaupun memiliki suara yg cenderung monton pikat ataupun ngebren nembak, akan tetapi banyak sekali memiliki fansnya ya, baik dari berbagai kalangan tua maupun muda sekalipun. Untuk harga burung ciblek kisaran 100 ribu sampai 500 ribuan ya itu jika burung yg sudah gacor, dan disesuaikan lagi dengan kualitas pastinya.

Baca selengkapnya :  Tips Memilih Burung Kenari AFS Prospekan Yang Bagus

ciblek

6. Tledekan Gunung

Di wilayah pulau jawa, burung yg satu ini menjadi favorit sebagai gacoan piaraan serta dijadikan juga untuk burung kontes, tledekan yg kita kenal ada 2 jenis ya, tledekan bakau dan gunung, namun yg sering dipilih untuk dijadikan sebagai burung lomba adalah tledekan gunung.

Harga untuk burung tledekan yg sudah mapan dan sering mengikuti perlombaan tentu bukan kaleng-kaleng pastinya, bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta sob, wow.. Sungguh fantastis. Berbeda dengan harga burung yg masih bahan liar ya tentu murah paling hanya mencapai 100 – 200 ribuan saja per/ekornya.

burung-fighter-kecil

Tipe Burung Besar


7. Murai Batu

Burung murai tidak pernah padam dari penggemarnya, sudah pasti karena burung inilah yg memiliki tingkatan tertinggi di dunia perkicauan, menurut kami jika kalian sudah memelihara murai batu tentu gengsi dan hargadiri menjadi lebih tinggi ketimbang memelihara burung ocehan yg lainnya.

Karena dari suara, bentuk fisik dan harga jualnya pun sungguh mewah bukan ?. Rata-rata pemain kelas atas dan menengah saja yg bisa memelihara burung ini ya, mitos nya ?. Untuk harga burung murai batu saat ini yg masih bahan ataupun trotolan masih sangat stabil ya, bisa mencapai 1,5 – 2,5 jutaan. Berbeda dengan burung murai yg sudah mapan gacor ataupun siap ditangkar ya. Harga yg ditawarkan pastinya lebih bervariasi lagi.

jenis-burung-yang-gampang-berkicau

8. Kacer

Penghobi burung fighter ini tentu sangat banyak peminatnya karena seni memelihara burung kacer tentu sangat menantang bagi si pemiliknya, itu karena semuanya harus dituntun konsistenitas, kesabaran serta ketelitian atau kejelian serta insting penjiwaan karakter yg harus memahaminya.

Nah dari situlah yg menjadi momok dan membuat tambah penasaran bagi para kacer mania sejati, untuk harga burung kacer saat ini mengalami penurunan sedikit ya, biasanya harga anakan atau trotolan kacer mencapai 300 ribuan sekaran turun menjadi 250 ribu.

Baca selengkapnya :  Mengungkap Fakta Dibalik Mitos Jenis Burung Gagak

harga-burung-kicau-2020

9. Kenari

Burung kenari saat ini masih tetap stabil baik itu penggemar serta harga jual dipasarannya, terutama untuk jenis kenari lomba lebih berkelas seperti kenari F1, F2, AF, YS ataupun Merlok ya temen-temen.

Untuk jenis lokal tentu masih tergolong murah bisa mencapai 150 – 300 ribuan untuk yg masih bahan dan masih mengeluarkan suara ngeriwik, namun harga kenari merlok cukup mahal saat ini paling murahnya saja 500 ribuan sampai jutaan rupiah.

harga-burung-yang-stabil

10. Kerak Basi

Nah mungkin dari temen-temen kicau yg masih baru memulai hobinya di dunia perburungan pasti belum mengenal burung kerak basi ?. burung apasih itu ?. Kerak basi atau sering disebut adalah cikrok kutub sangat jarang ditemui, itupun jika burung sedang melakukan transmigrasi ke pulau indonesia, karena burung ini asalnya dari luar bukan asli lokal ya.

Memang jika dilihat dari bentuk fisiknya mirip sekali dengan sikatan londo ya, namun dari karakter suara yg dihasilkannya sangatlah merdu, dan sangat bagus sekali untuk dijadikan sebagai isian untuk burung ocehan lainnya. Nah untuk harga kerak basi yg masih bahan ombyokan bisa mencapai 50 ribu sampai 100 ribuan saja per ekornya.

kerak-basi

11. Cililin

Burung cilin saat ini sudah jarang dijumpai ya, karena sulit ditangkap dan keberadaan habitat dialamnya hampir punah, namun ada beberapa penangkar burung ini hanya diberbagai wilayah saja.

Harga burung cililin sangatlah mahal bisa mencapai 1,5 sampai 2 jutaan, suara cililin biasa dipergunakan sebagai isian atau materi tembakan yg sangat bagus untuk murai batu ya, dalam merawat cililin ini sangatlah perlu ekstra hati-hati. Jika salah dalam memberikan rawatan tentu burung sangat mudah sakit dan bisa langsung mati.

cililin

Nah itu saja informasi yg dapat kami share tentang burung yang laku di pasaran saat ini, yg bisa kalian jadikan sebagai parameter dalam memilih jika ingin membelinya di kios ataupun pasar burung terdekat di rumah anda. Semoga dapat bermanfaat ya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari