Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Dewasa

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Halo sahabat kicau mania di seluruh nusantara tahukah kalian bagaimana Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Dewasa ? tentu sebagian orang yang sudah sangat memahami unggas yang pebuh cinta ini dapat

dengan mudah mengidentifikasi jenis kelaminnya. Tetapi bagi pemula yang baru mulai tertarik di hobi memelihara lovebird ini tentu masih ada banyak pertanyaan seputar cara membedakan dan bagaimana ciri-ciri

dari kedua kelamin si lovebird. Memang sudah tak heran lagi kalau popularitas dari burung ini sangatlah tinggi. dia menjangkau banyak kalangan mulai menengah keatas sampai menengah kebawah.

Dan ternyata peminatnya tak hanya dewasa, anak-anak pun juga menyukainya dan juga bahkan tak mengenal pria dan wanita. memang yah kalau sudah bikin jatuh cinta tidak mengenal apapun.

Hal ini kemungkinan dikarena suaranya yang unik dengan ekek panjang yang bisa dilatih, dan warna-warni nya yang sangat cantik yang membedakan spesies-spesies dari si burung cinta ini.

Tetapi, terkadang masih suka bingung cara mengidentifikasi mana yang jantan dan mana yang betina karena sekilas mereka terlihat sama. Tapi penting mengenalinya karena biasanya dikandang lovebird dimasukan pasangannya

kalau salah misal memasukan jantan ke kandang jantan maka dia akan saling bertengkar. Ini menjadi pengalaman saya ketima awal-awal memasukan pejantan dan pejantan di kandang yang sama pas pagi saya buka kerodong salah satu diantaranya mati.

Tentu ini tidak ingin terjadi pada kalian bukan. Nah daripada semakin pusing langsung saja berikut kami berikan tips bagaimana membedakan jenis kelamin lovebird.

gambar-burung-lovebird-betina

Tips dan Cara Membedakan Jenis Kelamin Lovebird Dewasa

1. Bentuk Paruh

Yang pertama kalian bisa membedakan jenis kelamin keduanya dengan melihat bentuk paruhnya. dimana menurut para ahli lovebird yang sudah khatam tentang ciri dan perbedaan keduanya mengatakan

kalau paruh lovebird jantan lebih kecil dan runcing sedangkan pada burung betinanya paruhnya lebih melebar dan juga tumpul sehingga sebelum kalian memasangkan atau membelinya dilihat bentuk paruhnya.

2. Melihat Ukuran Tubuh

Ada beberapa jenis unggas dimana betinanya lebih kecil sedangkan jantanya lebih besar. Untuk lovebird sendiri si betina ukuran tubuhnya lebih besar dibanding jantan. dan juga sijantan lebih terlihat ramping

sedangkan yang betina lebih gemuk keliatannya. untuk kepalanya juga berbeda dimana betina lebih membulat sedangkan yang jantan agar ceper atau cepak begitu.

3. Bentuk Sayap

Kalian juga bisa membedakan kelamin burung lovebird dengan melihat bentuk ekornya dimana si pejantan ekornya saling menyilang seperti menindih itu dan yang betina ekornya sejajar berjarak ini dipengaruhi supit urang betina juga.

ciri-ciri-burung-lovebird-jantan

4. Lubang Hidung

Nah selanjutnya yang membedakan jenis kelamin yang bisa kalian lihat dengan fisiknya dari lubang hidungnya dimana si betina lubang hidungnga melebar dan membulat sedangkan jantan lebih lonjong.

5. Bentuk Ekor

Yang terakhir kami jelaskan ialah dari bentuk ekornya dimana lovebird jantan memiliki ujung ekor yang lancip dan yang betina lebeh lebar dan merata dan bisa kalian perhatikan dengan mudah sebenarnya.

Masih ada beberapa bagian tubuh lagi yang berbeda antara si jantan dan betinanya. Tetapi dengan memperhatikan beberapa bagian tubuh diatas kemungkinan besar kalian bisa membedakannya dengan akurat.

Itulah tadi cara membedakan lovebird jantan dan betina dewasa , sehingga kalian bisa langsung memperhatikan burung peliharaan kalian dirumah dan bedakan mana jantan dan mana yang betina. Terimakasih banyak sudah selalu setia bersama suhu kicau kami ucapkan terimakasih banyak.

Baca selengkapnya :  Cara Menjodohkan Lovebird Dengan Mudah Untuk Pemula

baca juga : karakter lovebird lutino mata merah

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari