Cara Menjinakkan Burung Perkutut

Cara Menjinakkan Burung Perkutut – Halo kicau mania, kembali lagi nih suhukicau akan membagikan ulasan informasi yang wajib disimak bagi kalian pecinta burung perkutut memang banyak ya dan disukai banyak kalangan.

Meskipun identik dengan peliharaan orang tua, tetapi nyatanya kini banyak yang usianya masih muda juga menjadi pecinta perkutut bahkan sudah banyak di beberapa daerah klub-klub pecinta burung ini.

Perkutut sendiri memiliki beberapa jenis dan juga ada yang katuragan, harga jualnya pun beragam. Tapi satu hal yang harus kalian ketahui ialah dia cukup sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Kalau kalian baru membeli seekor perkutut yang masih agak giras atau baru beli tapi masih belum nurut ke kalian, jangan khawatir karena kami akan memberikan tips dan trik bagaimana menjinakkan si perkutut ini. Sebelum ke penjinakannya, kalau kalian berhasil mendapatkan perkutut dari tangkapan di alam liar tentu akan bingung kan apa yang harus dilakukan dan ini yang dilakukan ketika awal mendapatkannya.

doa-agar-membuat-perkutut-jinak

Cara Menjinakkan Burung Perkutut Yang Liar


Hal Yang Dilakukan Ketika Mendapatkan Perkutut Giras

1. Masukan si perkutut ke kandang yang nyaman kalau tidak ada kandang untuk kenari itu juga boleh, selanjutnya berikan air minum dan makanan berupa bijian jewawut yang menjadi pakan utama perkutut dalam perawatan.

2. Selain jewawut berikan juga asinan tulang sotong untuk dia menggaruk-garukan paruh dan kakinya serta baik mengandung kalsium. Selanjutnya letakkan dia di tempat yang sepi atau istilahnya di isolasi selama 1 atau 2 minggu.

3. Burung perkutut tidak perlu sering dimandikan cukup biarkan dia sampai mengenal lingkungan barunya sampai dia mengeluarkan suara sebagai tanda dia mulai memberikan sinyal adaptasi yang bagus. Nah untuk cara memandikan burung perkutut yang tepat bisa kalian langsung memandikannya dengan cara di pegang dengan tangan lansung ya, dibasuh pelan-pelan dengan air bersih hingga bulu-bulu nya basah merata.

cara-memandikan-burung-perkutut

Cara menjinakkan Perkutut

Setelah dia mulai bunyi tandanya dia sudah bisa beradaptasi lalu kalian bisa melakukan rawatan harian dimana mulai dengan pengembunan yang dilakukan setiap hari di waktu subuh. Kalau ada buatkan gantungan yang agak tinggi

menggunakan katrol seperti orang tua dulu itu karena dia akan mudah berinterasi dengan burung liar lain. Perkutut tidak perlu dimandikan setiap hari, cukup seminggu sekali lalu, makanan dan minuman diganti setiap hari

Jaga kebersihan kandangnya dan juga kalian boleh memberikan sentuhan-sentuhan kecil ketika memandikannya sehingga dia bisa menjadi lebih dekat dengat sang pemilik. Dengan perawatan yang teratur

tentunya bisa membuat dia lebih nyaman dan juga menjadikan dia gacor dengan suara dengungan yang anggun dan membuat tenang. Selain itu dengan memelihara perkutut ada banyak mitos tentang kebaikan yang akan kalian dapatkan.

Jangan lupa untuk memberikan tambahan jamu sebagai fitaminnya sehingga dia memiliki stamina serta daya tahan tubuh yang baik dan untuk racikan jamunya kalian bisa baca di artikel lain yang sudah kami sajikan.

Bagaimana suhukicau semua, apakah kalian sudah mengerti tentang cara menjinakkan burung perkutut ini? semoga ini dapat memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan kalian bagi para penghobi burung kicau khususnya perkutut.

Tak lupa pula kami selalu mengucapkan ribuan kata terimakasih ke kalian semua yang selalu setia membaca artikel kami. Dukung terus suhukicau supaya kami selalu bersemangat menyajikan informasi seputar dunia burung ke kalian semua.

baca juga : mitos perkutut hitam cemani

Related Posts
Setingan Kacer Giras Untuk Lomba Type Panas Dan Dingin
setingan-kacer-giras

Kesempatan ini saya akan mengulas membahas mengenai setingan kacer giras yang di mana kelak saya akan bedakan settingannya sesuai watak Read more

Burung Punai
burung-punai

Burung Punai - Si cantik dan menarik yang menjadi penghuni dari semak belukar, burung yang satu ini sangat unik karena Read more