Cara Menjinakkan Burung Srigunting

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Cara Menjinakkan Burung Srigunting bisa dibilang susah – susah gampang ya sahabat kicau, karena sebenarnya hampir sama dengan menjinakan burung fighter lain seperti murai dan juga kacer.

Hanya saja disini karakter dari srigunting yang cukup sulit dimengerti karena memang dia termasuk burung liar yang memiliki insting alami yang kuat sehingga diperlukan kesabaran dalam membuatnya menjadi lebih jinak.

Meskipun sulit bukan berarti tidak bisa ya sahabat. Srigunting merupakan unggas pengicau yang cerdas dengan suaranya yang nyaring serta kemampuannya merekam suara burung lain sehingga memiliki suara

yang sangat variatif, hal ini rupanya membuat sebagian kicau mania tertarik untuk memeliharanya. Memang sangat disarankan ketika kalian akan merawatnya untuk memiliki yang masih anakan

Bukan tanpa alasan tentunya, mengingat srigunting anakan lebih mudah dijinakkan dan juga sifat fighternya tak setinggi yang sudah dewasa. Kalau yang sudah dewasa dia akan memakan waktu yang cukup lama.

Sekitar lebih dari 10 hari. Yasudah daripada kalian semakin penasaran bagaimana cara dan prosesn penjinakkan si burung srigunting ini langsung saja kita bahas dibawah ini selengkapnya.

cara-merawat-burung-srigunting-biar-gacor

Inilah Cara Menjinakkan Burung Srigunting Dengan Mudah


1. Memasukan Ke Kandang Yang Sempit

Karena dia memiliki sifat fighter yang sangat tinggi melebihi kacer bahkan, jadi ketika kita memeliharanya dirumah apalagi yang masih baru bukan dari anakan si burung akan terbang kesana kemari

Baca selengkapnya :  Download Suara Pleci Masteran Mp3 Auto Gacor

Atau istilah lainnya gerabagan begitu. Untuk itu disarankan untuk memasukannya ke kandang yang lebih kecil mengingat ukuran tubuh srigunting cukup besar sehingga diharapkan akan membatasi ruang geraknya.

Tangkringan juga cukup satu saja, supaya dia tidak banyak bertengger di sampirng-samping jeruji kandang yang dikhawatirkan akan merusak kandangnya yang mengakibatkan si burung lepas terbang keluar.

2. Melatihnya Untuk Makan Voer

Makanan srigunting secara alamiah berupa serangga – serangga kecil disekitar habitat aslinya, sehingga kalian bisa memberikan dia ulat kandang terlebih dahulu untuk memenuhi asupan makanannya.

Sembari di jinakkan kalian harus melatihnya makan voer ini juga akan membuatnya menjadi berubah karakternya tak segiras biasanya. Cara melatihnya memakan voer dengan memberikan voer halus

yang dicampur dengan ulat kandang. Mengapa voer halus ? jawabannya supaya voernya menempel di ulat kandang dan akan terbawa masuk ketika dia memakannya. Untuk jumlahnya sendiri

ulatnya tidak perlu teralu banyak cukup 1/2 sendok teh dicampur 1 sendok teh voer halus dimasukan ke cepuk makanannya. Pantau terus jumlah makanannya untuk mengetahui apakah dia mau makan atau tidak.

Biasanya tidak memakan waktu lama untuk melatihnya makan voer ini paling lama 3 hari dia sudah bisa full makan voer tanpa dicampur ulat kandang lagi, meskipun begitu pemberian ulat kandang tetap sebagai EF hanya dipisah tempatnya.

3. Memandikannya Secara Rutin

Tujuan untuk mandi dengan rutin ini selain supaya dia menjadi segar dan bersih serta menjaga kesehatannya dari infeksi bakteri dan kuman yang tertempel pada kotorannya juga ada tujuan lain

yaitu untuk meredam ke girasannya karena dia pasti memiliki emosi yang sangat tinggi ketika dibatasi ruang geraknya sehingga ketika dimandikan dia akan merasa lebih adem jadi akan sedikit lebih tenang.

Baca selengkapnya :  Teknik Gampang Ternak Burung Parkit Supaya Cepat Bertelur

Pemandian secara rutin tentu akan melatihnya lebih kalem dan tidak terlalu giras. Cara memandikannya dengan semprot setingan sprayer deras jangan yang halus tentu tidak akan memberikan efek bagi si fighter ini.

4. Melakukan Pendekatan Dengan Terapi Lapar

Karena ukuran tubuhnya yang cukup besar serta gerakannya yang agresif tentunya akan membuat dia membutuhkan asupan makananya yang banyak sehingga memakan voer halus saja tidak akan cukup baginya.

Biarkan saja sampai dia mengeluarkan energinya sehingga mulai lelah. Hal ini terlihat dari gerakannya yang lebih kalem tidak se aktif sebelumnya itu tandanya dia kelaparan. disini

kalian bisa mencoba untuk melakukan pendekatan dengan menyuapinya jangkrik menggunakan tangan anda sendiri. sehingga dengan terpaksa dia akan makan dari tangan kita hal ini juga menjadi pendekatan sehingga dia akan lebih jinak.

cara-burung-srigunting-cepat-makan-voer

5. Lakukan Perawatan Dengan Rutin

Setelah beberapa cara diatas kalian hendaknya melakukan perawatan terbaik mulai dari memandikan, menjemur, memberi makanan dan minuman yang sehat untuk minuman sendiri usahakan air matang ya sahabat.

Perawatan secara rutin juga akan membantu dia menjadi mengenal pemilik dan lingkungan barunya sehingga sifat fighternya akan lebih teredam. Penjinakan nya memanglah tak semudah melatihnya makan voer. sehingga kalian harus bersabar dalam merawatnya ya.

Semoga informasi tentang cara menjinakkan burung srigunting ini bermanfaat untuk kalian dan kami ucapkan banyak sekali berterimakasih karena kalian sudah selalu setia membaca artikel kami.

Satu tips dari kami meskipun kita berada di keadaan new normal dimana aktifitas diluaran khususnya untuk hobi kicau ini dan gantangan sudah mulai buka tetap menjaga protokol kesehatan ya sahabat kicau.

baca juga ; mitos tentang burung srigunting

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari
Baca selengkapnya :  Kunci Sukses Merawat Burung Pleci Jawara