Cara Merawat Burung Ciblek

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini suhukicau.com kembali akan memberikan tips seputar cara merawat burung ciblek agar cepat gacor, ada banyak pertanyaan dari para kicau mania ya, khususnya penggemar burung ciblek yang masih pemula. Bagaimana sih cara merawat ciblek agar cepat gacor dan jinak ?.

Sama-sama kita ketahui disini dalam masalah hal perawatan harian untuk setiap jenis burung ocehan tentu menjadi faktor penting bagi kesehatan dan tingkat kegacoran burung tersebut ya, terlebih untuk burung ciblek khususnya.

Nah maka dari itu jangan kalian sesekali meremehkan pola rawatan hariannya ya, baik dari setingan mandi, jemur, pemberian pakan pokok dan ef nya juga sangat mempengaruhi kualitas burung ciblek kesayangan kalian.

Di pulau jawa sangat banyak sekali ya para penggemar berat burung kecil ini yang sering dijadikan gacoan kontes untuk adu kualitas suara ciblek ini ketika di lapangan atau gantangan,

perawatan-ciblek-baru-beli

jadi tidak heran harga burung kontes (lomba) walaupun burung kecil yang awalnya hanya di pandang sebelah mata dan banyak di jumpai di alam liar, kini berubah menjadi burung primadona yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi jika bisa meraih prestasi dan memiliki kualitas atau prospek baik di gantangan.

Oke lur, langsung aje kita ke pokok bahasannya ya, seputar tips cara merawat burung ciblek yang baik dan benar :

Cara Merawat Ciblek Agar Cepat Gacor Dan Jinak


Proses Penjinakan, Mandi Dan Jemur

Nah untuk perawatan ciblek baru beli tentu agak sedikit berbeda ya dengan burung yang sudah dirawat oleh pemilik sebelumnya, biasanya cara merawat burung ciblek ombyokan ini butuh kesabaran ya tentu hal pertama yang kalian lakukan adalah melakukan proses penjinakan terlebih dahulu ya.

Baca selengkapnya :  Tips Mudah Perawatan Pleci Mabung Agar Cepat Tuntas

Berikut perawatan harian ciblek muda, nah untuk cara memandikan ciblek yang benar, bisa kalian lakukan pada pagi hari ya, setelah melakukan pengembunan sekitar pukul : 07.00 – 08.00 WIB, kalian semprot burung ciblek dengan menggunakan spray secara perlahan semprot embun halus saja ya sampai bulu-bulu nya basah merata dan burung terlehiat lebih nyaman dan tenang.

Setelah selesai pemandian kandang burung wajib diletakkan di tanah atau di bawah lantai ya temen-temen, tidak di anjurkan kalian menggantungnya ya, karena dengan cara inilah proses penjinakan secara tidak langsung sudah kalian lakukan.

Jika bulu-bulunya sudah terlihat agak kering baru boleh kalian jemur ya, dengan durasi 15 – 20 menitan saja ya, jangan terlalu lama, jika burung bahan ini dijemur kuat maka bisa membuatnya dehidrasi, serta bisa merusak bulu-bulunya ya,

namun untuk durasi pemandian dalam sehari boleh dilakukan sebanyak 2 – 3 kali ya, pagi, siang dan malam hari agar lebih cepat burung akan menjadi jinak totalnya, jika sudah jinak dan tidak takut lagi tentu burung sudah bisa gacor ya temen-temen.

cara-merawat-ciblek-bahan-agar-tidak-mati

baca juga artikel lainnya : pasaran harga burung ciblek

Pemberian Pakan Dan Minuman Yang Disukainya

Nah untuk jenis makanan burung ciblek ini saya biasanya menggunakan voer halus ya seperti leopard kuning ataupun yang hijau rasa rumput laut juga baik ya diberikan ke pada burung ciblek kesayangan kalian, karena kandungan di voer halus leopard ini menurut saya memiliki vitamin, mineral dan protein yang pas sesuai apa yang dibutuhkan oleh burung tersebut ya.

Walaupun burung sudah ngepur namun pemberian ef (Ekstra Fooding) pakan serangga seperti jangkrik, ulat kandang, ulat hongkong dan keroto juga wajib diberikan ya, untuk kita kembalikan lagi ke habitat aslinya di alam liar, karena burung kecil yang satu ini sangat menyukai pakan serangga.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Kacer Mabung Sampai Tuntas

Tujuan pemberian voer disini untuk menyehatkan dan menjaga daya tahan tubuh si burung, namun EF bertujuan sebagai pakan pendamping yang bisa membuat burung lebih semangat dan rajin bunyi (gacor) ya,

dalam pemberian pakan ef hariannya setingannya harus konsisten dan di sesuaikan dengan karakter burung ciblek kalian ya, biasanya saya memberikan jangkrik kecil di waktu pagi hari dengan porsi 3 ekor dan di sore harinya cukup 2 ekor saja, keroto segar cukup 1 minggu sekali takarannya 1 sendok makan, serta ulat kandang seminggu 2 kali saja ya pada hari senin dan kamis dengan takarannya 1 sendok makan, ulat hongkong 2 ekor saja 1 minggu sekali.

cara-merawat-burung-ciblek-bahan

Untuk memberikan minuman burung ciblek agar gacor, dengan kalian memberikannya vitamin di air minumnya, merupakan salah satu cara merawat ciblek bahan agar tidak mati, tentu si burung akan menjadi lebih sehat, dan cepat rajin untuk berkicau, pemberian vitamin kalian harus mengikuti anjuran pakai dengan disesuaikan dosis yang tepat ya.

Nah untuk hariannya air minum yang diberikan haruslah air yang sudah matang di masak ya, dan sudah dingin, karena air yang sudah dimasak matang lebih bagus untuk di konsumsi bagi burung peliharaan ya agar tidak mudah sakit.

Demikianlah tips cara merawat burung ciblek, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat untuk para ciblek mania nusantara, salam dirgahayu republik indonesia, Merdeka.

Baca juga : cara ternak burung ciblek bagi pemula

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari