Cara Merawat Burung Kepodang

Diposting pada
Rate this post

Pada kesempatan kali ini, suhu kicau akan memberikan tips bagaimana cara merawat burung kepodang agar rajin bunyi, bagi temen-temen kicau mania yang sama sekali belum pernah memelihara burung yang satu ini tentu akan menjadi daya tarik serta rasa penasaran ya,

lalu apa sih keistimewaan nya jika kita melihara burung yang dipercayai orang dahulu itu adalah burung yang banyak mitos dalam hal yang positif ya tentunya. Jadi intinya kalian tidak perlu khawatir dan takut, ya namanya juga kita meluangkan hobi ya bukan berarti kita percaya dengan hal-hal yang seperti itu.

Burung ini sangat mudah dikenal dari penampilan bulu-bulu yang indah dan berwarna kuning dominan ya, saat burung ini mengeluarkan suara kicauannya yang khas bisa membuat suasana menjadi tentram, adem ayem pokoknya dan menghanyutkan suasana yg mendengarnya seperti berada dalam suasana pedesaan yang masih alam dan asri,

nah meski bersuara merdu ada kondisi tertentu yang bisa membuat Kepodang enggan berkicau biasanya ya temen-temen, biasanya burung Kepodang tersebut bisa disebabkan karena sedang stres hal ini bisa di alami pada burung hasil tangkapan hutan atau masih bakalan ya.

cara-merawat-burung-kepodang-kuning

Yuk langsung aja kita lanjut ke pembahasannya berikut ini tips perawatan burung kepodang agar rajin berbunyi gacor siang malam :

Cara Merawat Burung Kepodang Agar Gacor


Penempatan Dan Pengkondisian

Hal yang pertama dan paling penting ini adalah pada saat kalian baru saja membeli burung kepodang ini harus di tempatkan di tempat yang aman dan nyaman ya,

Baca selengkapnya :  Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu

nah tempatkanlah burung di tempat yang sejuk dan tenang selama berapa hari, berikan waktu untuk burung agar bisa mudah adaptasi sangkar atau di lingkungannya yang baru ya,

biarkan burung beradaptasi dengan sangkar tempat pakan, tempat tangkringan dan suasana sekitarnya, nah selama proses adaptasi burung sebaiknya tidak usah dikerodong ya temen-temen, tujuannya agar cepat beradaptasi sehingga kita nantinya tidak akan kesulitan dalam hal melakukan perawatan hariannya ya.

Pakan Utama Dan Tambahan

Dalam hal pemberian makanan burung kepodang tentu menjadi faktor terpenting ya, untuk menjaga asupan yang sesuai oleh kebutuhan si burung tersebut, logikanya seperti ini !. Jika kalian memberikan makanan harian yang tepat dan berkualitas tentu akan dapat memenuhi segala asupan vitamin, mineral dan lainnya yang bisa membuat burung kepodang kalian menjadi sehat dan rajin berkicau setiap hari.

makanan-burung-kepodang

Untuk pakan pokok hariannya kalian bisa memberikan berupa buah-buahan yang rasanya manis dan segar misalnya pepaya atau mangga, wajib diberikan buah-buahan secara rutin setiap hari,

nah untuk pakan tambahan atau ef nya ini bisa kalian kasihkan seperti jangkrik, ulat bambu dan serangga lainnya bisa diberikan secukupnya jangkrik biasanya 2 porsi sampai 3 ekor pada pagi hari dan satu sampai dua ekor pada sore harinya.

Untuk jenis pakan ulat bambu cukup satu ekor yang diberikan dua sampai tiga kali seminggu adapun ulat Hongkong bisa diberikan sebagai selingan agar membuat si burung kepodang kalian agar cepat jinak ya.

Digantang Di Tempat Yg Tinggi

Hal ini harus perlu kalian perhatikan dan lakukan ya, terlebih jika burung kepodang kalian sedang mengalami stres, caranya dengan menggantung atau gantang kandang burung kepodang kalian di tempat yang tinggi ya,

Baca selengkapnya :  Cara Efektif Memaster Murai Batu Agar Cepat Masuk Isian

untuk mempermudah digantang di tempat tinggi jika anda memiliki tiang kerekan khusus perkutut, maka pagi-pagi hari sekali sangkar Kepodang digantang di tempat tersebut ya,

sebab waktu pagi itulah Kepodang akan mencari tempat lebih tinggi untuk mengeluarkan suara kicauannya agar terdengar ke seluruh wilayah teritorial yang sangat ampuh dan sudah sering dilakukan oleh para senior.

Cara Memandikan Burung Kepodang

Kepodang adalah burung pesolek karena itu Anda harus rutin memandikannya terutama pada pagi dan sore hari setelah itu burung dijemur baik menggunakan tiang kerekan atau digantung di tempat biasa selama satu setengah sampai 2 jam dan waktu penjemuran tidak lebih dari 10.00 WIB.

Setelah itu baru diangin-anginkan saat siang hingga sore hari Kepodang diangin-anginkan di tempat sejuk atau di teras rumah diputarkan suara terapi alam untuk memancingnya mau bunyi dan bisa menambah suara variasi kicauan materinya ya temen-temen.

cara-merawat-burung-kepodang-bakalan

Nah dengan tips ini merupakan salah satu cara merawat burung kepodang agar cepat jinak, lalu ada sebagian dari sobat kicau yg bertanya, untuk cara merawat burung kepodang bakalan itu seperti apa ?. Hal yang harus kalian ketahui ya baik itu yang bahan atau burung yg sudah dewasa pada dasarnya sama saja tentu hanya saja mungkin ada sedikit perbedaan di pola menu pakan,

namun pada intinya dalam memeberikan rawatan harian kepada burung kepodang ini kalian di tuntun harus loyalitas, dan penuh keihklasan dan konsistenitas tinggi agar burung kepodang kesayangan kalian itu merasa nyaman dan mudah jinak serta tambah gacor ya.

Demikianlah tips yang bisa kami bagikan berdasarkan pengalaman yang sudah terbukti ampuh ya seputar cara merawat burung kepodang kuning, selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat.

Baca selengkapnya :  Rahasia Masteran Kacer Yang Berkualitas Dan Paling Efektif

baca juga : pasaran harga burung kepodang

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari