Cara Merawat Burung Remetuk Laut Hasil Tangkapan

Cara Merawat Burung Remetuk Laut – Halo suhukicau mania, masih bersama kami yang akan berbagi info seputar dunia burung dan bagaimana cara perawatan dari

remetuk laut yang baru saja ditangkap. Perawatan harian terbaik memang patut kita berikan ke semua jenis burung yang kita pelihara. Dengan perawatan yang maksimal tentunya akan menjadikan dia individu yang lebih berkualitas

Dalam perawatan harian tentunya kalian harus memperhatikan waktu dan juga urutan dari pola rawatan itu sendiri, terlebih untuk burung yang sudah jinak. Lalu bagaimana kalau

burungnya baru didapatkan dari hasil tangkapan liar pastinya masih giras ya suhukicau. Tentu akan berbeda juga perlakukan yang dilakukan untuk remetuk laut yang masih giras ini.

Kalau kalian sedang memiliki permasalahan seperti ini jangan khawatir tentunya karena di artikel kali ini kita akan kupas tuntas mengenai perawatan remetuk laut hasil tangkapan.

cara-merawat-burung-remetuk-laut

Perawatan Harian Burung Remetuk Laut

1. Pengisolasian

Kalau untuk perawatan harian tentunya tidak perlu diisolasi, tapi karena ini juga untuk merawat burung yang baru ditangkap sehingga kalian juga harus berupaya untuk penjinakkan

sehingga kalian menajdi lebih mudah. Karena akan berbeda dari sisi pemberian makanannya selain itu karena masih takut dengan manusia dia akan lebih gerabagan ketika dirawat kalian.

Boleh juga kalian pisah antara penjinakkan dengan penjinakan dan setelah dia mulai jinak barulah perawatan harian dilakukan. Tapi kalau mau saling beriringan juga boleh.

Diisolasi artinya dipisahkan dari burung lainnya dan dari tempat keramaian. Hal ini bertujuan untuk mengurasi rasa stresnya dia karena belum bisa beradaptasi dengan lingkungan baru.

melatih-remetuk-laut-makan-voer

2. Pengembunan

Selanjutnya ada pengembunan yang juga rutin dilakukan untuk hampir semua jenis burung kicau. Tujuannya supaya dia bisa menghidup udara yang lebih segar dan bersih ketika di embun.

Selain itu juga banyak manfaat yang didapatkan dari proses pengembunan ini mulai dari volume suara yang meningkat dan dia akan menjadi lebih sering berkicau karena interaksinya dari burung liar lain.

Pengembunan dilakukan ketika jam 5 pagi atau waktu subuh. Bisa saja kalian skip langkah ini apabila sedang hujan atau cuaca yang tidak mendukung yang kalau tetap diembun akan mengganggu kesehatannya.

3. Mandikan Burung Secara Rutin

Selanjutnya kalain mandikan dia setiap hari dipagi hari. Kalau masih giras juga bisa membuat dia menjadi lebih tenang. Pemandian dilakukan dengan menyemprot dengan sprayer

setingan halus dari atas kebawah satu arah supaya bulunya tidak rusak. Durasi atau lamanya mandi sekitar 15 menit atau sampai bulunya basah kuyup sudah cukup ya guys.

ciri-remetuk-laut-jantan

4. Bersihkan Kandangnya Setiap Hari

Selanjutnya kalian juga harus membersihkan kandangnya setiap hari. Karena kotoran dari remetuk laut ini cukup banyak ditambah lagi kalau yang nafsu makannya banyak dia bisa

lebih banyak lagi kotorannya. Kalau tidak dibersihkan tentunya akan bau yang tidak hanya membuat si burung tidak nyaman kita juga tentu menjadi tidak nyaman. Ditambah lagi kotorannya

mengandung bakteri dan kuman penyakit yang berbahaya mengancam kesehatannya. Seminggu sekali boleh bersihkan kandang menggunakan desinfektan supaya lebih steril.

5. Berikan Makanan Dan Minuman Yang Cukup

Setelah mandi dan kandangnya bersih sebelum dijemur kalian harus memberikan dia makanan dan minumannya dulu. Untuk makanan utama kalian bisa berikan dia voer tapi kalau burung remetuk laut

yang kalian miliki belum mau makan voer sambil menunggu dilatih kalian bisa memberikan dia pisang dan juga jangkrik untuk memenuhi asupan makanan hariannya dan memenuhi gizinya.

Air yang diberikan usahakan air matang karena kalau air mentah mengandung banyak mikroba yang akan mengganggu kesehatan pencernaannya.

6. Jemur Dibawah Sinar Matahari

Lanjut ke tahap berikutnya yaitu penjemuran yang dilakukan dengan durasi sekitar 30 menit sampai 1 jam, kalau terlalu lama dia akan kering tenggorokannya yang membuat suaranya menjadi serak.

Penjemuran sendiri banyak manfaatnya selain dia menjadi lebih segar, untuk mengembalikan suhutubuhnya dan juga meningkatkan daya tahan tubuh si burung remetuk laut peliharaan kamu.

7. Masteri Secara Rutin

Setelah dijemur pindahkan kandang burung ke tempat yang lebih adem tapi tetap dengan sirkulasinya yang bagus sambil menunggu sore hari dia dikrodong untuk istirahat kalian bisa

memasternya supaya si burung menjadi lebih gacor dan juga merekam suara dari burung yang kalian putar. kalau dilakukan dengan rutin maka burung bahan yang kalian miliki akan menjadi gacor.

Nah suhukicau mania, itulah tadi ulasan-ulasan mengenai cara merawat burug remetuk laut yang baru saja ditangkap hari habitat aslinya semoga informasi yang kami sajikan ini

bermanfaat dan kami ucapkan terimakasih banyak karena sudah selalu membaca artikel kami. Terus dukung dan update informasi selengkapnya tentang dunia burung disuhu kicau guys.