cara-merawat-burung-sirtu

Cara Merawat Burung Sirtu Agar Cepat Gacor

Assalamualaikum wr wb, halo apa kabar dulur kicau mania semua, kembali lagi bersama situs resmi SuhuKicau.Com yang selalu konsisten dalam berbagi tips dan pengalaman seputar dunia burung kicauan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara merawat burung sirtu agar cepat gacor ?.

Burung sirtu atau sering disebut dengan cipoh ini memang jarang sekali ditemukan hanya diberbagai daerah tertentu saja yang masih banyak populasi perkembangan habitat di alam liarnya, biasanya anda masih sering menjumpai dan melihat burung ini dirawat oleh pemiliknya di daerah jawa tengah, dengan keistimewaan yang dimiliki burung ini terlihat kecil namun mampu mengeluarkan suara nyaring vokal yang keras jika sudah dirawat menjadi gacor.

Ada banyak sekali pertanyaan dari temen-temen kicau pemula yang masih bingung caranya untuk memberikan perawatan yang tepat untuk burung sirtu ini agar dirumah bisa rajin berkicau. Maka dari itu akan kita ulas untuk segi perawatannya secara tepat, yuk simak dan cek info selengkapnya dibawah ini :

gambar-burung-sirtu

7 tips pemeliharaan burung sirtu biar rajin berkicau


1. Pengembunan burung sirtu

Sama seperti proses pengembunan yang diberikan kepada burung ocehan lainnya, dan anda harus rajin untuk mengembun dan mengeluarkan burung sirtu ini keluar rumah saat dipagi hari sekitar pukul 4.30 WIB subuh sampai matahari pagi keluar sampai pukul 9.00 WIB.

Yang dimana bertujuan untuk lebih menyegarkan pernafasan, rileks lebih tenang tidak mudah stress, dan merangsang si burung tersebut untuk melatih kicauannya dipagi hari. Lakukanlah secara rutin setiap harinya.

Baca selengkapnya :  Ciri Lovebird Mangsi Beserta Harganya

2. Pemandian

Setelah burung selesai diembun, sekitar pukul 9 pagi, baru boleh anda memasukan kembali kedalam rumah dan memandikannya dengan cara disemprot halus menggunakan spray secara merata membasahi bulu-bulunya agar burung selalu segar dan sehat.

Manfaat dari mandi ini sangat dibutuhkan oleh burung sirtu ini setiap hari, dikarenakan dengan suhu panas ditubuhnya yang bertujuan untuk menyetabilkan. Gunakan juga shampo untuk burung lebih baik seminggu 2 kali saja agar terhindar dari gangguan kutu atau tungau yang dapat merusak bulu burung sirtu tersebut.

3. Kebersihan sangkar

Masalah kebersihan sangat disukai oleh burung sirtu, yang dimana apabila kotoran yang dibawah sangkar tidak rajin dibersihkan otomatis akan menimbulkan penyakit dan burung sirtu ini sangat rentan dengan kematian jika sudah terserang virus penyakit.

Jadi kewajiban anda sebagai pemilik, setelah memandikannya juga harus membersihkan kotorannya secara rutin setiap harinya ya.

penjemuran-burung-sirtu

4. Penjemuran

Setelah kandang sudah bersih, dan burung sudah seger sehabis dimandikan, jangan langsung menjemurnya. Tunggu beberapa menit diangin-anginkan dahulu agar terlihat si bulu burung sirtu ini sedikit kering. Baru boleh anda menjemurnya selama 1 jam saja durasi maksimal penjemurannya.

Jangan terlalu lama menjemurnya yang dikhawatirkan nanti dapat membuat burung ini malah menjadi stress, bulu rusak dan suara kicauannya bisa serak.

Dalam melakukan proses penjemuran tersebut letakkan sangkar di bawah agar si burung lebih cepat mudah beradaptasi pada lingkungan sekitarnya dengan baik dan jangan lupa untuk mencabut voer pakan dan minumnya ya, agar si burung fokus merasakan hangatnya sinar matahari pagi. Setelah itu angkat sangkar burung sirtu tersebut dan tempatkan di tempat yang teduh ya.

5. Pemberian Pakan dan Minum

Setelah melakukan penjemuran, baru saatnya menyiapkan dan memberinya makanan yang disukainya beserta minumnya diusahakan air rebusan yang sudah matang. Berikan voer halus atau kasar yang baik khusus untuk burung sirtu.

Baca selengkapnya :  Ciri Kenari Betina

Ganti pakan voer dan air minumnya setiap hari agar pencernaan burung ini tidak bermasalah dan selalu sehat ya saat makan dan minum yang masih fresh setiap harinya.

Berikan juga pakan tambahan (extrafooding) seperti jangkrik atau juga bisa diseling dengan kroto seminggu 1 kali saja 1 sendok makan. Untuk pemberian jangkrik bisa anda berikan pagi 2 ekor dan sore 1 ekor saja.

6. Pemberian Multivitamin

Setiap jenis burung apapun pasti membutuhkan asupan vitamin dan mineral, yang sangat baik dibutuhkan burung sirtu ini. Biasanya sekali merk yang ada dipasaran kios burung terdekat yang menyediakan multivitamin seperti : ebod vit, biojanna dan lain sebagainya. Berikan multivitamin ini maksimal 1 minggu sekali.

7. Pemasteran

Tahapan terakhir salah satu perawatan dan perhatian si pemilik terhadap burung kicau peliharaannya adalah memberikan suara-suara burung ocehan lainnya atau sejenis.

Perdengarkan dengan menggunakan audio mp3 suara burung sirtu betina yang melatih agar si burung sirtu jantan mau menyaut dan berkicau, serta juga boleh dengan menggunakan burung asli, seperti lovebird, serindit, kolibri ninja dan burung-burung kecil lainnya.

Demikian ulasan yang dapat kami berikan tentang pola rawatan untuk burung sirtu ini yang dapat anda jadikan sebagai paramter dan dipraktekan dalam merawat burung sirtu ini agar cepat gacor. Semoga bermanfaat.