cara-merawat-cucak-ijo

Cara Merawat Cucak Ijo Agar Cepat Gacor

Sejak dahulu, burung cantik satu ini sudah dikenal akan ketenaran lewat postur tubuh dan suara kicauannya yang merdu. Bahkan tak jarang pula, sang pemilik mengikutsertakan burung peliharaannya tersebut dalam kontes bergengsi.

Agar si burung Cucak menghasilkan suara gacor yang maksimal, tentu saja dibutuhkan perawatan tepat dan dilakukan secara rutin. Berikut cara merawat Cucak Ijo agar lebih cepat gacor.

Cara Merawat Si Cucak Berwarna Hijau


1. Pemilihan Sangkar

Ketika memutuskan untuk memelihara burung kicauan, tentu saja anda memerlukan sebuah kandang yang difungsikan sebagai hunian. Karena termasuk burung yang cukup aktif bergerak, tentu saja ukuran kandang yang diperlukan berbeda seperti kandang pada umumnya. Oleh karenanya, pastikan ukurannya tidak terlalu kecil, agar mereka dapat leluasa bergerak kesana dan kemari.

Saat mereka bisa bergerak leluasa, tentu saja mereka akan menjadi lebih nyaman dan betah berada di sangkarnya sendiri. Hal ini juga berpengaruh baik bagi kesehatan mentalnya, karena mereka terhindari dari stres.

Tidak ada salahnya untuk menambahkan tangkringan satu atau dua buah dengan pola sejajar. Justru kehadiran tangkringan tersebut, dapat dimanfaatkan mereka untuk bertengger sesuka hati bak bertengger di batang pohon.

Dibuat mirip dengan habitat aslinya, tentunya tidak ada perasaan tertekan ataupun terkurung di dalam sangkar tersebut. Sebab mereka masih bisa merasakan dapat bergerak sesuka hati, bahkan bertengger dimanapun diinginkannya.

Agar lebih nyaman, tambahkan pula wadah mandi sebagai cara merawat Cucak Ijo. Kenapa harus diberikan wadah mandi khusus? Sebab burung cantik satu ini, dikenal sebagai burung yang cukup gemar mandi sendiri.

burung-cucak-ijo

2. Berikan Pakan Bergizi

Memberi pakan bergizi tinggi, merupakan sebuah kewajiban setiap pemilik burung peliharaan agar mereka dapat tumbuh dengan sehat. Pemilihan pakan tepat, juga bisa menjadi faktor utama agar burung Cucak anda lebih gacor dengan kualitas yang bisa diancungi jempol.

Baca selengkapnya :  Jenis Burung Sanger (Makanan, Harga Dan Suara)

Lalu pakan apa yang bisa diberikan kepada si burung cantik satu ini ? Buah buahan segar, disebut sebagai pakan alami biasa dikonsumsi di habitat aslinya.

Beberapa buah yang menjadi favoritnya yaitu pisang kepok, pepaya, jeruk, pir, dan juga buah apel merah. Dimana aneka buah tersebut, dikenal mengandung vitamin tinggi yang sangat bagus bagi kesehatan serta kemampuan gacornya.

Sebelum memberikan pakan buah, pastikan mencuci hingga bersih terlebih dahulu agar tidak ada zat kimia yang ikut tertelan ke dalam tubuhnya. Apabila zat kimia tersebut terus masuk ke dalam tubuhnya, ditakutkan akan mengancam jiwanya.

Sedangkan bagi anda yang berniat untuk menambahkan kekebalan tubuh si Cucak, ada baiknya memberikan buah pepaya sebagai salah satu cara merawat Cucak Ijo. Berikan secara rutin setiap hari, agar khasiat dari buah tersebut dapat dirasakan dengan cepat.

Dengan mengkonsumsi buah pepaya, sistem pencernaan si burung pun tidak akan terganggu. Sedangkan pemberian pakan tambahannya sendiri, sangat berfungsi agar si burung cepat gacor.

Ada beberapa jenis pakan tambahan yang bisa diberikan seperti kroto, ulat hongkong, dan masih banyak jenis serangga lainnya. Apabila anda ingin memberikan kroto, ada baiknya membatasi jumlah pemberian agar tidak menyebabkan efek samping.

Sebab mengkonsumsi kroto secara berlebih, membuat suhu tubuhnya meningkat dan membuatnya cepat marah daripada sebelumnya, atau sering disebut dengan over birahi.

3. Menjaga Kebersihan Sangkar

Kebersihan sangkar sangat penting untuk diperhatikan, karena sangkar yang kotor justru berdampak buruk bagi sang burung. Sebagai sang pemilik yang bertanggung jawab, sudah tugas anda untuk membersihkan kandanganya setiap hari.

Pastikan tidak ada kotoran yang masih menempel di sarangnya, dimana hal ini perlu dilakukan sebelum si burung dimandikan. Sebab ketika tubuh dan sangkarnya bersih, mereka akan menjadi lebih nyaman.

Selain kebersihan diri dan sangkarnya, jangan lupa untuk selalu mengganti air minum dan makanan setiap harinya. Meski masih tersisa sedikit, ada baiknya untuk menggantinya dengan makan dan minuman yang lebih segar.

Baca selengkapnya :  Mengungkap Fakta Dibalik Mitos Jenis Burung Gagak

Sebenarnya cara merawat Cucak Ijo ini tak kalah penting untuk dilakukan, karena mencegah timbulnya lumut dan adanya pengendapan kotoran yang bisa berbahaya bagi kesehatannya.

Ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika anda menjaga kebersihan sangkarnya. Bukan semata mata karena demi kesehatan sang burung saja, namun kebersihan kandangnya juga berpengaruh pada rasa nyaman saat berada di sangkar.

Ketika mereka sudah merasa nyaman, cukup mudah bagi mereka untuk fokus mendengarkan masteran yang diberikan. Ketika suara masteran terekam baik di memori ingatannya, sudah dipastikan mereka akan gacor.

cucak-ijo

4. Memandikan Secara Teratur

Badan yang bersih, membuat sang burung merasa lebih segar dan bisa menerima masteran dengan baik. Untuk bisa melakukannya, silahkan menggunakan wadah mandi khusus yang disesuaikan dengan setiap karakteristiknya.

Bagi burung yang senang mandi sendiri, ada baiknya sediakan wadah mandi di dalam sangkarnya. Dengan begitu, mereka akan mandi dengan sendirinya untuk menghilangkan kotoran yang menempel di sekitar bulunya.

Berbeda dengan sang burung yang sangat mandi, akan sangat cocok bila anda memasukkannya ke dalam keramba mandi yang dibuat khusus untuknya. Namun ada pula burung yang tidak senang ketika harus memandikan dirinya sendiri, sehingga anda harus membantunya membersihkan diri dengan cara menggunakan sprayer. Pastikan tekanan semprot tidak terlalu tinggi, agar tidak menyakiti hewan menggemaskan satu ini.

Memandikan burung kesayangan anda secara teratur, merupakan kewajiban seorang pemilik burung kicauan sebagai cara merawat Cucak Ijo. Agar tidak ada kotoran yang menempel pada tubuhnya, silahkan mandikan mereka pada pagi hari dan sore hari.

Ketika usai dimandikan, jangan langsung membawanya ke dalam rumah. Silahkan lakukan penjemuran beberapa saat ataupun diangin anginkan, hingga tubuhnya kering dan dapat beraktifitas kembali seperti semula.

5. Proses Pemasteran Burung

Burung yang satu ini memiliki daya ingat yang kuat, akan tetapi juga mudah lupa jika tidak sering di dengarkan suara isian atau masteran. Agar sang burung peliharaan mengeluarkan suara kicauan merdu, tentu saja dibutuhkan pelatihan khusus serta pemasteran secara rutin.

Baca selengkapnya :  Tips Memilih Cucak Ijo Trotol Yang Memiliki Kualitas Bagus

Dalam proses ini, anda bisa memperdengarkan suara dari jenis burung lainnya secara langsung, ataupun memanfaatkan pemasteran yang sudah jadi. Semua metode pemasteran tersebut sangat boleh diterapkan, karena memiliki fungsi yang sama yaitu agar kicauan sang burung kesayangan lebih merdu daripada sebelumnya.

Agar hasilnya lebih maksimal, silahkan lakukan proses pemasteran secara rutin pada pagi hari hingga malam hari. Jika memungkinkan, lakukan proses ini setelah memandikan sang burung dimana mereka bisa mendengarkan suara masteran lebih baik karena dalam keadaan santai.

Alasan lain kenapa harus dilakukan sesudah sang burung dan sangkarnya bersih, karena mereka akan menjadi lebih fokus untuk merekam suara masteran di otaknya.

Namun ada pula yang menggunakan cara dikerodong, sehingga mereka hanya berfokus mendengarkan suara masteran tanpa terganggu suara lainnya. Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk menerapkan metode cara merawat Cucak Ijo satu ini kepada burung kesayangan anda.

Meski telah melakukan berbagai metode, ada kalanya sang burung masih saja belum gacor. Dalam kondisi tersebut, segera berikan terapi lanjutan menggunakan sura dari Cucak betina.

Bulunya yang didominasi oleh warna hijau terang, siapa yang tidak mengenal burung populer satu ini. Yang membuatnya semakin populer, yaitu tampilan serta postur tubuhnya yang nampak gagah dan sedap dipandang.

Banyak dari pecinta burung kicauan yang kemudian bermimpi untuk merawat Cucak Ijo, karena tidak membutuhkan perawatan khusus namun kualitas kicauannya tak kalah seperti jenis burung kicauan lainnya.

Lakukan perawatan harian yang diberikan secara konsisten dan penuh dengan kesabaran dengan demikian burung cucak ijo peliharaan anda akan lebih rajin berkicau dan gacaor tentunya.

Baca artikel lainnya :

Ciri dan Kelebihan Cucak Ijo Kalimantan

Ciri Cucak Ijo Banyuwangi

Ternak Burung Cucak Ijo

Masteran Suara Cucak Ijo