Cara Mudah Merawat Burung Jalak Suren Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Apakah Anda sudah benar benar mengetahui bagaimana cara merawat jalak suren supaya rajin mengoceh setiap hari? Terutama bagi kalian pecinta burung kicau yang masih pemula, hal ini menjadi gampang gampang susah. Tapi jangan khawatir kita akan bahas masalah ini sampai tuntas dalam artikel kami kali ini.

Burung jalak suren termasuk dalam salah satu jenis burung kicau yang memang banyak diminati oleh kicau lovers dinusantara. Hal ini dikarenakan burung yang satu ini mampu berkicau dengan lantang dan nyaring. Selain itu burung ini memiliki besar tubuh yang agak besar dan tegas. Bulu dari burung ini tampak menarik dengan dominasi warna hitam dan putih. Burung jalak suren memiliki cengkraman kaki yang kuat saat bertengger.

Nah bagaimanakah cara merawat jalak suren biar gacor ? Anda dapat mempelajarinya dari ulasan yang kami bagikan berikut:

cara-merawat-jalak-suren-biar-gacor

Metode Perawatan Untuk Burung Jalak Suren


1. Pemberian Kandang Yang Cocok

Untuk perawatan jalak suren rumahan, hal pertama yang harus Anda lebih dulu perhatikan sebelum memutuskan untuk memelihara burung jalak suren adalah pemberian kandang yang cocok. Seperti yang kita ketahui jika burung jenis ini memiliki ukuran tubuh yang agak besar.

Jadi pemberian kandang untuk burung jalak suren ini harus disesuaikan dengan ukurannya kelak jika sudah dewasa. Hal ini untuk menghindari burung Anda jadi susah bergerak dan beraktifitas dalam sangkar yang terlalu sempit.

Selain itu jangan lupa Anda harus selalu menjaga kebersihan kandang burung jalak suren ini. Pastinya ini untuk sterilisasi burung Anda agar tidak mudah terkena berbagai penyakit yang berakibat fatal nantinya.

Baca selengkapnya :  5 Jenis Makanan Burung Kapas Tembak Terbaik Agar Cepat Gacor

2. Biasakan Burung Jalak Suren Untuk Beradaptasi

Burung jalak suren Anda harus dibiasakan untuk beradaptasi jika Anda baru saja memilikinya baik dari membelinya dipasar atau mungkin hasil pikatan dar hutan. Seperti biasanya setiap burung kicau jika ditempatkan ditempat yang baru maka akan mengalami stress dalam beberapa hari karena belum terbiasa.

Burung jalak suren meskipun Anda rawat dari anakan, namun belum pasti menentukan burung tersebut akan jinak. Untuk itu Anda harus benar benar teliti dalam hal perawatan dari burung kicau yang satu ini.

Jadi burung jalak suren Anda yang masih baru dimiliki ada baiknya dibiasakan untuk berinteraksi secara langsung dengan Anda. Hal ini baik untuk membiasakan burung agar menurut dan tidak menjadi giras.

3. Pemberian Makanan Yang Tepat

Dalam hal pemberian makanan pada burung jalak suren Anda, juga harus dengan pola yang benar. Ini berguna untuk menjaga kestabilan tubuh burung agar tidak lemas dan bisa saja mati karena mengkonsumsi makanan yang salah.

Burung jalak suren ini biasanya suka mengkonsumsi buah buahan lembut seperti pisang dan pepaya atau bahkan voer. Namun dalam pemberian voer, Anda harus benar benar memastikan untuk pilihan voer yang cocok agar burung bernafsu untuk makan.

racikan-pakan-jalak-suren-biar-gacor

4. Pemberian Extra Food (EF) Secara Rutin

Sebagai pelengkap vitamin untuk burung jalak suren Anda. Maka Anda bisa menambahkan berbagai makanan tambahan untuk burung ini secara teratur dan rutin. Anda bisa memberinya ef seperti serangga belalang atau jangkrik.

Pemberian makanan tambahan ini tentu saja agar burung Anda terjaga kesehatannya dan semakin prima. Selain jangkrik dan belalang, Anda juga bisa menambahkan kroto segar, ulat hongkong, cacing, pepaya, pisang, apel dan lain sebagainya.

Namun dalam pemberian ef ini Anda mesti memperhatikan takaran yang sesuai alias jangan terlalu banyak. Anda bisa mengatur jadwal pemberiannya dalam waktu 2 sampai 3 kali dalam seminggu secara bergantian agar burung tidak bosan. Kemudian jangan lupa untuk memberi burung jalak suren Anda vitamin yang disesuaikan. Tentu saja agar burung Anda semakin gacor dan selalu fit setiap harinya. Dan kalian juga bisa memberikannya racikan pakan jalak suren biar gacor.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Anis Kembang Agar Gacor

5. Memandikan Dan Menjemur Burung Secara Teratur

Untuk merawat burung jalak suren agar semakin baik dan sehat. Maka Anda juga perlu untuk memandikan serta menjemur burung ini secara rutin dan teratur dengan jadawal yang telah Anda tentukan.

Jika burung anda masih anakan maka dapat Anda mandikan dengan metode semprot. Namun apabila Anda memiliki burung jalak suren yang sudah dewasa maka kami sarankan untuk memandikannya disangkar khusus agar burung dapat mandi dengan sendirinya. Nah cara memandikan jalak suren yang benar minimal burung ini dimandikan 2 kali sehari ya dan ini harus dibiasakan yang dilakukan secara konsisten.

Setelah pemandian burung jalak suren Anda selesai. Maka Anda dapat langsung menjemurnya agar bulu burung terlihat rapih. Namun untuk waktu penjemuran jangan sampai lewat dari jam 10 pagi.

6. Pemasteran Pada Burung Jalak Suren

Berikutnya selama perawatan burung jalak suren, Anda bisa memberikan pemasteran setelah burung Anda digantung diarea rumah Anda ditempat yang sejuk dan burung sedang dalam keadaan santai.

Suasana yang sejuk dan santai akan membuat burung jalak suren Anda lebih cepat merekam suara kicau yang didengarkan padanya. Anda bisa memutar suara kicau burung lainnya menggunakan pemutar suara Mp3 atau mendekatkannya pada burung kicau lainnya.

7. Berikan Multivitamin Yang Cocok

Agar burung jalak suren Anda semakin gacor dan selalu berkicau sepanjang hari. Anda juga perlu untuk menambahkan multivitamin yang cocok. Untuk mendapatkannya Anda bisa membelinya dikios kios penjual burung yang terdekat dari rumah Anda. Dengan memberikannya vitamin yang pas sesuai kebutuhan maka ini merupakan salah satu cara membuat jalak suren gacor siang malam.

8. Memasang Kerodong Pada Sangkar

Pemasangan kerodong pada sangkar burung jalak suren Anda bisa dilakukan setiap hari dan pada sore hari saat burung diistirahatkan. Kemudian Anda juga bisa sambil mendengarkan suara burung lainnya untuk pemasteran.

Baca selengkapnya :  Download Terapi Relaksasi Cuci Otak Burung Kicau Reset Materi

cara-merawat-jalak-suren-anakan

9. Jauhkan Dari Faktor Yang Mengganggu

Setelah burung jalak suren Anda dikerodong dan didengarkan suara masteran pada waktu istirahatnya. Maka hal berikutnya adalah menggantungkan ditempat yang aman dari pengganggu seperti kucing, karena jika tidak maka burung jalak suren Anda akan mengalami stress.

Burung jalak suren yang sudah dewasa dan gacor, kerap diikut sertakan dalam berbagai perlombaan. Untuk yang sudah mendapatkan lisensi sebagai juara burung kicau, harga burung ini bisa mencapai jutaan rupiah.

Tetapi untuk mencapai pada tingkat juara tersebut bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan perawatan yang baik terhadap burung jalak suren Anda. Karena memang dalam hal perawatannya burung yang satu ini agak sulit.

Anda bukan hanya sekedar memberikan pakan setiap harinya. Lebih dari itu Anda juga harus memperhatikan faktor lainnya seperti pemberian vitamin, pemberian extra food yang tepat, penjemuran dan pemandian burung secara rutin, bahkan sampai dikebersihan kandangnya.

Apa lagi jika Anda ingin menangkarkan burung jalak suren ini sebagai pencarian tambahan. Untuk cara merawat jalak suren anakan metode perawatannya harus benar benar diperhatikan agar burung mau bertelur dan anakannya kelak tidak banyak yang mati. Jika tidak Anda akan mengalami kerugian. Baca juga artikel lainnya seputar budidaya burung jalak suren

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai cara merawat jalak suren. Lakukan cara diatas agar burung Anda semakin sehat dan pastinya agar berkicau dengan lantang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!.