Cara Merawat Tengkek Buto Agar Gacor Dan Jinak

Diposting pada

cara merawat tengkek buto – Salah satu burung masteran terbaik yang memiliki suara unik ngekek hampir tiada jedahnya adalah tengkek buto jika sudah jinak dan gacor, memang gampang-gampang sudah untuk menggacorkan burung ini, jika perawatan yang anda berikan tepat otomatis si burung terasa nyaman dan cepat rajin berkicau gacor dor kapan pun dan dimanapun tempatnya.

Dari beberapa sobat kicau, yang masih bingung dan bertanya tentang burung tengkek buto ini!. Bagaimana cara membuatnya setiap hari rajin berkicau gacor ngekek panjang tanpa jeda untuk dapat menadi burung masteran isian yang maksimal untuk burung murai batunya?.

Nah disini akan kita bahas cara memberikan perawatan yang tepat dan simpel agar tengkek buto bisa rajin berkicau siang malam simak info selengkapnya dibawah ini :

Trik sederhana perawatan burung tengkek buto agar cepat gacor


Pengadaptasian

Dalam memeberikan waktu adaptasi bagi setiap jenis burung yang baru anda dapatkan baik dari tangkapan liar maupun, membelinya di kios ombyokan di pasar burung yang dibawa kerumah dengan lingkungan di tempat baru anda, sudah pasti jika burung yang masih muda ataupun bahan butuh yang namanya pengadaptasian lingkungan.

tengkek-buto-gacor

Caranya, berikan tempat khusus untuk mengisolasikan burung tersebut, kondisikan dengan nyaman dan aman, jangan terburu-buru untuk mengablak dan melakukan perawatan hariannya. Yang ada nanti burung bisa kaget dan stres. Untuk mencegah hal seperti itu sebaiknya temen-temen mengkrodong terlebih dahulu burung tersebut 1 sampai 2 hari. Amati jika burung sudah mau mengeluarkan suara ngekeknya berarti menunjukan burung sudah beradaptasi dan bisa dilakukan ke pola rawatan harian seperti biasa.

Baca selengkapnya :  Tips Cara Merawat Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang

Pemberian Pakan dan Multivitamin

Dalam merawat burung tengkek buto ini hal terpenting adalah jangan sampai telat memberikan pakan kesukaannya, karena jika telat burung mudah sekali drop, sakit bahkan bisa mati. Dan untuk makanan yang disukainya seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong, ulat kandang.

Jika lebih maksimalnya anda juga harus melatihnya agar burung tengkek buto untuk mau memakan voer untuk dapat melengkapi asupan vitamin, gizi dan mineralnya agar burung stabil birahi dan kondisinya selalu FIT.

Untuk harian berikan takaran porsi jangkrik pada pagi hari 5 ekor dan sore 5 ekor, untuk kroto setiap hari cukup 1 sendok makan pagi dan sore hari. Ulat hongkong bisa di kombinasi dengan ulat kandang berikan seminggu 2 kali saja takarannya 1 sendok makan pagi dan sore. Jika sudah memberikan takaran porsi dengan jumlah yang biasa setiap harinya harus konsisten jangan berlebih dan jangan juga sampai kurang, harus konsisten.

Berikan multivitamin yang dicampurkan kedalam wadah air minumnya minimal 1 minggu sekali ya, agar menjaga daya tahan tubuh siburung supaya tidak mudah terserang penyakit, virus ataupun lainnya, jika terlihat burung tidak kondusif kurang aktif dan lemas, kemungkinan besar si burung sedang sakit ataupun drop, berikan obat yang memiliki multifungsi seperti Super N yang mampu dengan cepat mengembalikan kondisi tubuh burung agar bisa cepat pulih dan FIT kembali.

tengkek-buto-mapan-dewasa

Pemandian Dan Penjemuran

Untuk burung tengkek buto ini tidak terlalu di repotkan untuk memberikan mandi setiap hari atau menjemurnya, cara memandikannya cukup disemprot saja mengguanakn spray, 3 hari sekali untuk mandi, penjemuran rutin setiap hari dengan durasi jangan terlalu lama-lama cukup 30 menitan saja. Dari pemberian pakan yang berkualitas, mandi dan jemur yang teratur setiap harinya akan mendapatkan hasil yang maksimal untuk burung tengkek buto anda akan menjadi gacor dor.

Baca selengkapnya :  Ciri Ciri Murai Batu Medan (Harga Dan Suara)

Banyak para hobiis kicau yang mencari burung ini untuk dijadikan sebagai guru pelatihan yang membentuk karakter suara ketawa yang menyeramkan ini tentu akan menambahkan materi senjata handal untuk menjatuhkan pesaing burung ocehan lainnya, burung yang biasa dimasteri oleh burung tengkek buto ini seperti jenis love bird, kacer, murai batu, jalak suren, cucak ijo.

Jika burung-burung gacoan tersebut mampu membawakan suara isian tengkek buto dengan paseh sudah pasti menarik para perhatian juri di gantangan dan jadi pantauan yang diberikan nilai / point untuk anda bisa konser mendapatkan bendera.

Akan tetapi burung jenis tengkek buto ini sekarang sudah tergolong langka dan jarang sekali ditemukan dipasaran, walaupun ada juga memiliki harga yang relatif mahal baik yang masih bahan, ataupun yang sudah mapan dewasa, jadi temen-temen jika ingin merawat dan memiliki burung masteran yang unik ini setidaknya harus merogoh kocek dalam-dalam nih, harga pasaran yang biasa ditawarkan sekitar 1 – 1,5 jutaan per ekornya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara merawat tengkek buto untuk sobat kicau mania semua, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga : Mengenal Ciri Tengkek Buto, Makanan, Harga Dan Suara