Ciri Burung Perkutut Jantan

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

halo suhukicau semua kembali lagi kita akan memberikan informasi tentang Ciri Burung Perkutut Jantan yang harus kalian ketahui. Untuk yang sudah lama menggemari burung perkutut tentunya sudah ahli membedakan

jenis kelamin antara keduanya, tetapi untuk pemula tentu akan bingung bagaimana menentukannya. Burung yang memiliki suara kicauan yang bagus ialah yang berjenis kelamin jantan karena

biasanya si jantan akan menggunakan keindahan kicauannya dan fisiknya untuk menarik perhatian si burung betina. dan kita juga harus pandai membedakan mana yang jantan dan mana yang betina untuk memilih burung

yang bisa diikut sertakan ke arena kontes perkutut. Berikut ini ialah ciri-ciri dari burung perkutut jantan dan betina kalau kalian sudah tahu barulah bisa membedakan keduanya.

Mengenal Ciri Perkutut Jantan dan Betina

Ciri Perkutut Jantan

Memiliki raut wajah yang lebih tegas dan garang, selain itu sorot mata yang dimilikinya sangat tajam ketika membuka mata hal ini karena kelopak matanya lebih tebak sehingga matanya lebih tegas.

Dia memiliki garis yang membelah paruhnya sejajar dengan mata, bulu yang berwarna putih ke abuan disekitar kelapanya atau yang disebut dengan pupur menutupi lebih dari sebagian kelapanya

karena warna pada perkutut jantan lebih tegas sehingga perbedaan bulunya terlihat sangat jelas. Pada bagian kepalanya bentuknya gepak dan ukurannya lebih besar tetapi tetap proporsional.

Ukuran tubuh perkutut jantan lebih besar dari pada betina, kepalanya lebih tegak dan dadanya lebih burung kakinya juga lebih panjang dan kokoh dibanding burung yang betina.

Baca selengkapnya :  Tips Mudah Mengetahui Ciri Lovebird Cobalt Beserta Harganya

Supit urang atau tulang pubis memiliki jarak yang rapat karena memang tidak digunakan sebagai tempat menyimpan telur seperti para burung betinanya yang lebih jarang jaraknya.

Pada perkutut dewasa yang jantan dia akan mengeluarkan kebiasaan nya secara alamian untuk menarik perhatian betina dengan mengeluarkan kicauan sambil menganggukan kepalanya.

ciri-perkutut-jantan-masih-muda

Ciri Perkutut Betina

Kalau diperhatikan mimik wajah burung perkutut betina lebih halus tidak garang, sorot matanya juga tidak terlalu tajam karena memang tidak memiliki kulit disekitaran kelopak matanya.

Bola matanya kecil dari pada yang jantan sehingga terlihat lebih sayu, ukuran tubuhnya juga tidak sebesar yang jantan lebih kecil dan terlihat lebih pendek karena kepalanya tidak sejenjang burung jantan

kakinya nya juga warnanya lebih halus bila dibandingkan dengan kaki perkutut jantan yang kulitnya lebih tebal. Bulu pada perkutut betina memang tidak secerah bulu jantannya

sehingga pupur bagian kepalanya tidak begitu kentara. bentuk kepalanya lebih membulat dan lebih kecil hal ini juga sebenarnya karena ukuran tubuh betina memang lebih kecil.

Untuk tulang supitnya memiliki jarak yang lebih besar atau jarang dari pada jantan karena memang berfungsi sebagai tempat menyimpan telur nanti ketika masa reproduksi.

ciri-burung-perkutut-betina

Perbedaan Perkutut Jantan dan Betina

Kesimpulan yang kita ambil ialah sebenarnya bentuk fisik dari perkutut jantan dan betina banyak sekali memiliki perbedaan hanya saja kita harus memperhatikannya dengan seksama

karena kalau dilihat sekilas terlebih lagi tanpa pengetahuan maka akan terlihat sama saja. selain itu untuk variasi suara kicauan dan volume suara nya juga sangat berbeda.

Selain itu ada beberapa prilaku yang ditunjukan oleh perkutut jantan yang tentunya tidak sama dengan perkutut yang berjenis kelamin betina tentunya ini semua diciptakan dengan fungsi nya masing-masing yang saling melengkapi.

Baca selengkapnya :  Cara Menghasilkan Lovebird Batman

Itulah tadi beberapa ciri burung perkutut jantan dan betina yang bisa kalian ketahui dengan mudah semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita kami ucapkan terimakasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari