Mengenali Perbedaan Ciri Kenari Lokal, Loper, AF

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, selamat pagi temen-temen semua, semoga selalu diberikan kesehatan dan tetap bersemangat dalam aktifitas bersama kicauannya, kali ini situs resmi SuhuKicau.Com akan berbagi informasi seputar bagaimana cara membedakan ciri kenari lokal dengan jenis kenari lainnya seperti Loper dan AF.

Memang jika dilihat hanya sekilas saja, untuk membedakan burung kenari sesuai dengan jenisnya masing-masing sangatlah sulit.

Ada banyak sekali pertanyaan dari temen-temen kicau mania, yang terkadang masih bingung dan sangat kesulitan untuk melihat perbedaan dari jenis burung kenari tersebut, agar anda tidak salah dalam memilih burung kenari yang akan anda beli sesuai dengan keinginan, yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Memahami karakter jenis burung kenari domestik


Ciri Kenari Lokal Biasa

kenari-lokal-biasa

Untuk kenari jenis lokal biasa asli indonesia, jika dilihat dari bentuk kepala sampai badannya terlihat pendek, ramping, kecil dan untuk kaki terlihat lebih cingkrang, dengan karakter yang seperti ini burung kenari lokal terlihat lebih lincah dalam bergerak (aktifitas) biasanya, dan ini bukan berarti burung ini sehat ya, namun pada umumnya memang seperti itu kebiasaannya.

Kenari lokal ini memiliki volume suara kicauan kurang begitu keras, karena disesuaikan dengan kondisi tubuh yang ideal sesuai dari burung itu tersebut.

Untuk Harga kenari lokal biasa bahan dari kisaran 150 ribuan sampai 300 ribu, kondisi burung sudah bunyi atau belajar ngeriwik dan ngerol.

Ciri Kenari Lokal Super (LOPER)

kenari-loper

Namun untuk kenari loper atau sering disebutnya dengan lokal super memang memiliki postur tubuh yang relatif lebih besar dan terlihat lebih panjang jika dibandingkan dengan kenari lokal biasa, suara yang dihasilkan oleh jenis loper ini lebih diatas satu tingkatan lebih kencang dibandingkan dengan kenari lokal pada umumnya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Pleci Agar Bukpar Dan Gacor

Yang dimana sudah pasti untuk selisih harga, kenari loper ini lebih mahal dibandingkan kenari lokal biasa. Dan awas hati-hati, anda harus teliti dan jeli, karena biasanya para penjual dikios burung yang menjualnya, jika terlihat burung kenari ini memiliki badannya sedikit besar, maka akan menyebutnya kenari loper, padahal kenari lokal, karena mempengaruhi selisih harga tentunya.

Harga Kenari loper gacoran berkisar 350 ribu sampai 550 ribuan, namun untuk kenari produksi siapan dewasa berkisar 700 sampai 1,5 juta.

Ciri Kenari AF

kenari-af

Jenis kenari AF sendiri, memiliki bentuk tubuh yang proporsional lebih besar jika dibandingkan dengan kenari lokal dan loper, dengan bidang dada yang baik, serta terlihat dari bentuk kepala sekilas lebih sangar besar cendrung kotak papak, postur kaki jauh lebih kekar dalam mencengkram tangringan berdiri tegap gagah.

Intinya untuk kenari AF ini sama dengan level ke 3 tingkatannya diatas kenari loper yang memiliki level ke 2. Dan kenari lokal biasa ini level 1 pastinya. Namun jika anda terbiasa dan mampu melihat perbedaan dari tiga jenis yang memiliki ciri-ciri dan fisik yang berbda, tentunya tidak akan tertipu jika membeli burung kenari yang sesuai harapan, agar tidak mudah keliru, yang dikhawatirkan anda ingin memilih burung kenari AF, eh salah pilih malah loper yang dibeli.

Nilai harga jual yang dimiliki oleh kenari AF ini kurang lebih sekitar 350 sampai 650 ribuan saja untuk yang sudah gacor, khusus untuk bahan yang masih usia 2 bulanan anakan sekitar 200 ribuan untuk yang jantan dan 100 ribu untuk sibetina.

Demikian tips cara mengenal jenis dan ciri kenari lokal, AF dan Loper yang dapat kami berikan sesuai pengalaman dan penelitian yang berdasarkan fakta dan bukti nyata, dan sangat sederhana dan mudah dipahami, untuk temen-temen kenari mania semua, semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya :

Perawatan Kenari Mabung

Sukses Ternak Kenari

Ciri Kenari Yorkshire