Ciri dan Kelebihan Cucak Ijo Kalimantan

Diposting pada

Bagi para kicau mania pastinya sudah tidak asing lagi dengan burung cucak ijo. Burung dengan bulu berwarna hijau seperti daun ini, memiliki kicauan yang merdu. Tak heran jika burung dibandrol dengan harga yang cukup mahal.

Ada banyak jenis burung ini berdasarkan daerahnya, salah satunya adalah cucak ijo yang berasal dari kalimantan. Bagi anda yang penasaran mengenai burung cucak ijo Kalimantan, yuk simak ulasan berikut.

Ciri ciri burung Cucak Hijau dari Kalmantan

Meskipun burung ini memiliki banyak jenis mulai dari cucak hijau Banyuwangi, cucak hijau Kalimantan, cucak hijau Kediri hingga cucak hijau sumatera. Namun, semua burung tersebut memiliki ciri ciri tubuh yang hampir sama sehingga sulit membedakannya.

Apalagi bagi anda yang masih pemula, tentunya akan kebingungan untuk memilih cucak hijau Kaliamantan. Sebenarnya burung ini bisa dilihat dari postur tubuh, warna tubuh, ekor, serta kicauan yang dikeluarkan.

Burung cucak hijau dari kalimantan memiliki postur tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan burung yang berasal dari Banyuwangi. Selain itu, waran tubuhnya lebih dominan berwarna hijau segar dan cenderung agak kekuningan.

gambar-cucak-ijo-kalimantan

Burung ini juga memiliki ekor yang lebih pendek dibandingkan cucak hijau yang lainnya. Saat diraba, maka anda akan bisa merasakan bahwa ekor cucak ijo kalimantan lebih lentur dan terdapat warna biru, sehingga terlihat lebih melengkung.

Ciri ciri burung ini juga bisa dilihat ketika sedang ngetrok yaitu kemampuan yang dirtunjukkan oleh burung kicau ketika berkicau secara menyambung tanpa henti. Maka anda akan mendapati jambul burung ini tidak terlalu njegrik. Mungkin ada beberapa yang jambulnya njegrik namun tidak sempurna. Berbeda dengan burung cucak hijau Banyuwangi yang cukup atraktif hingga menaikkan jambulnya.

Baca selengkapnya :  Cara Membedakan Cucak Jenggot Medan Dengan Kapas Tembak

Keistimewaan Burung Cucak Hijau Kalimantan

Keistimewaan dari burung ini bisa dilihat dari kicauannya jika dibandingkan dengan cucak hijau jenis lain. Burung ini memiliki suaranya yang lebih variatif. Hal inilah yang sering menjadikan burung ini banyak diburu oleh para kicau mania.

Meskipun suara cucak ijo Kalimantan tidak terlalu lantang, namun burung ini sangat pintar menirukan burung lain sehingga bisa menghasilkan tweet yang beragam, dibandingkan dengan burung cucak hijau dari jenis yang lain.

Baca juga artikel tentang burung cucak ijo :

Bagi anda yang membutuhkan burung dengan harga yang terjangkau, maka pilihan untuk membeli burung ini sangat tepat. Pasalnya dibandingkan dengan burung cucak hijau Banyuwangi misalnya, selisih harga keduanya jika dibandingkan cukup jauh.

kelebihan-cucak-ijo-kalimantan

Namun, agar tidak sampai salah membeli maka anda harus bisa membedakan burung jantan dan betina. Karena burung jantan memiliki kicauan yang lebih unik dibandingkan betina.

Setelah mendapatkan bakalan ini, maka anda bisa melatih burung ini akan semakin cepat ngacor dan ngetrol. Pasalnya semakin anda rajin melatihnya secara konsisten maka burung ini akan semakin pandai merekam suara masteran tersebut serta menirukannya dengan baik.

Selain itu, burung cucak ijo Kalimantan juga memiliki mental juara sehingga sangat cocok untuk dipelihara bagi anda yang menginginkan burung kicauan untuk dilombakan dengan burung yang lain.

Anda bisa mengenali dburung cucak hijau dari Kalimantan dengan mudah dari bentuk tubuhnya yang lebih kecil dan ekornya yang lebih pendek serta kaku. Selain itu, anda juga bisa melihat dari warna tubuhnya dimana burung ini memiliki warna dominan hijau dan agak kekuningan.

Anda juga bisa mengenali dari kicaun burung ini, dimana suara kicauannya lebih bervariatif dibandingkan jenis yang lain. Namun, pastikan yang dipilih adalah burung jantan jika digunakan untuk tujuan lomba. Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar burung cucak ijo yang asalnya dari daerah Kalimantan ini yang menurut saya sangat bagus. Semoga bermanfaat.