Mengenal Jenis Cucak Jenggot Beserta Harga Dan Suara

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, Gimana .. kabarnya para sobat kicau mania semua, semoga selalu diberikan kesehatan ya, dan terus tetap semangat walaupun kondisi dizaman ini sedang sulit dan pelik. Akan tetapi pastinya tidak akan mengurangi rasa antusias para temen-temen kicau untuk tetap merawat burung kesayangannya setiap hari.

Pada episode kali ini, tim suhukicau.com akan berbagi informasi seputar burung cucak jenggot yang banyak disukai oleh setiap kalangan penghobi burung kicauan. Agar tidak penasaran yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Memahami klasifikasi burung cucak jenggot


Burung cucak jenggot ini merupakan jenis burung lokal asli dari nusantara kita sendiri, dan harusnya dipelihara, dijaga dan dirawat dengan baik agar perkembangan dan habitat di alam liar maupun ditangkar populasi dan siklusnya bisa stabil.

Untuk sebagian daerah seperti dipulau jawa memang sangat banyak para penghobi burung yang satu ini untuk dijadikan sebagai burung lapangan (dilombakan). Dan adapula didaerah lainnya hanya sebagai burung peliharaan dirumah, yang juga sebagai burung isian (masteran).

cucak-jenggot-jantan-dan-betina

Cara membedakan ciri cucak jenggot betina dan jantan

Untuk jenis burung cucak jenggot ini memang terlihat mirip dan sangat sulit untuk dibedakan antara yang jantan dan betina, baik itu masih muda ataupun yang sudah dewasa, namun ada beberapa langkah jitu dan pasti akurat untuk menentukan jenis jantan dan betinya burung tersebut simak dibawah ini :

1. Untuk bulu jambul sang jantan terlihat lebih kaku saat berdiri keatas, dan memiliki warna seperti blirik kemerah-merahan. Berbeda dengan jambul si betinanya yang memiliki bulu jambul yang lebih lentur, dengan warna yang coklat polos, warna blirik yang tidak tegas.

Baca selengkapnya :  Mengenal Burung Cucak Ranting, Habitat, Makanan, dan Harga

2. Dari bulu jenggot dibawah paruh, sang jantan memiliki warna putih bersih dan terlihat nampak terang dan tegas. Untuk yang betina berwarna putih busem (buram) tidak tegas.

3. Sorot mata, sudah pasti sang jantan terliat lebih tajam menantang dan lebih terlihat tegas, jikadibandingkan dengan si betinanya.

4. Untuk warna bulu dada dan leher si jantan tentunya terlihat kuning kehijau-hijauan dengan corak bersih tegas dan kontras, berbeda dengan betina yang memiliki warna yang lebih putih bersih (pucat).

5. Untuk warna bulu pada sayapnya, sang jantan memiliki warna cokelat terang blirik yang terlihat jelas seperti batik pada lekukan pola sayapnya. Untuk betina warna blirik batiknya terlihat samar tidak jelas.

6. Untuk bulu ekor sang jantang terlihat lebih pendek dan ngumpul serta kaku, namun untuk bentuk ekor si betinanya lebih lentur, dan lebih panjang berwarna putih samar dan pudar.

7. Jika didengarkan dari segi karakter suara, untuk jenis betina yang memiliki lagu lebih receh dan panjang, dan terdengar seperti ngepik-ngepik rapat seperti ngerol tanpa jedah. Berbeda dengan cucak jenggot jantan yang memiliki suara lebih keras tentunya akan tetapi tidak terlalu rapat dan mampu membawakan lagu yang bervariasi seperti siulan suara kacer poci.

Cara membedakan cucak jenggot jawa dan sumatra

Ada beberapa dari temen-temen yang masih bingun dan bertanya bagaimana cara membedakan cucak jenggot jawa (lokal) dengan cucak jenggot sumatra, dan berikut tips mudah yang cara mudah untuk membedakannya yang dapat anda jadikan sebagai parameter disini adalah :

cucak-jenggot-jawa

1. Jika dibandingkan dari postur tubuh, cucak jenggot jawa lebih kecil bodynya, dan cucak jenggot sumatra lebih besar (big).

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Cucak Keling Agar Cepat Gacor

2. Jika dilihat dari jenggotnya, atau bulu yang dibawah paruhnya, untuk cucak jenggot sumatra lebih lebat dan banyak dan tebal.

3. Namun untuk jambul atau bulu diatas kepalanya, burung cucak jenggot jawa (lokal) ini jika berdiri terlihat lebih pendek dibandingkan cucak jenggot sumatra yang memiliki jambul yang lebih panjang.

4. Dan yang perbedaan yang peling signifikan ini, untuk cucak jenggot sumatra memiliki warna bulu cokelat keruh, dan untuk yang lokal (jawa) memiliki bulu dada yang berwarna cerah kuning terang.

5. Untuk ciri suara, yang pasti cucak jenggot jawa atau lokal ini memiliki besetan yang lebih pedas dan mengkristal, dan untuk karakter suara cucak jenggot sumatra lebih bulat tidak terlalu nyaring.

burung-cucak-jenggot-sumatra

Harga cucak jenggot

Harga pasaran untuk burung ini memang relatif cukup mahal, karena sangat sulit ditemukan diberbagai pasar burung yang ada, dengan memenuhi kebutuhan para penghobi kicau saat ini semakin terus melonjak menjadikan harga burung ini semakin melambung tinggi pastinya.

Dari setiap kondisi burung yang menentukan harga jual tentunya berbeda-beda. Untuk jenis cucak jenggot yang berasal dari jawa, dibanderol berkisar 150 – 300 ribu yang maish bahan muda yang berusia dibawah 5 bulan. Berbeda dengan usia yang sudah mamsuki kategori dewasa bisa mencapai 400 – 500 ribuan dan sudah mulai gacor mengeluarkan suara khas yang dimilikinya.

Dan untuk burung yang sudah sering dibawa kelapangan, dan terlatih mental dan karakter tempurnya sebagai burung lomba, apalagi jika banyak menyandang gelar juara (prestasi) yang dimilikinya, sudah pasti harga burung cucak jenggot ini bisa mencapai 1 sampai 2 jutaan.

burung-cucak-jenggot-jawa

Suara burung cucak jenggot

Karakteristik suara burung cucak jenggot memang tidak bisa dianggap remeh, dengan besetan kasar, tembakan ngerol yang dimilikinya dapat memukau para perhatian penghobi kicau untuk dapat memilikinya dan merawat burung ini sebagai burung masteran terbaik untuk ocehan burung kicau lainnya, seperti murai batu, kacer, kolibri, cucak ijo, dan lovebird.

Baca selengkapnya :  Inilah Cara Setingan Murai Lomba Agar Menjadi Juara

Berikut suara audio mp3 cucak jenggot gacor yang dapat anda download secara gratis dibawah ini :

Suara cucak jenggot jawa

Link | Download

Suara cucak jenggot sumatra

Link | Download