Cara Mudah Merawat Burung Cucak Keling Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, halo guys kembali lagi masih bersama website resmi suhukicau.com yang selalu update informasi terbaru seputar informasi burung kicau, tips, perawatan, harga dan masih banyak lainnya yang dapat menambah wawasan anda tentunya.

Pada pembahasan kali ini saya akan mengulas bagaimana cara memberikan perawatan yang tepat untuk burung cucak keling agar cepat gacor dan rajin berkicau setiap hari.

Ciri dan mitos burung cucak keling

Burug cucak keling ini adalah salah satu jenis burung gagak-gagakan yang memang asli dari lokal indonesia, yang masih banyak penyebaran dan habitat di alam liarnya tentunya di daerah sumatra dan pulau jawa. Dahulunya burung ini sangat terkenal dengan mitos yang sangat menyeramkan yang katanya sering digunakan sebagai burung ritual oleh para paranormal untuk maksud dan tujuan tertentu guys. Ya boleh percaya dan tidak. Semuanya dikembalikan lagi kepada kepercayaan masing-masing ya guys.

Memang jika dilihat dari segi fisik, ciri dan bentuk dari burung ini memang angker dan seram juga sih, dengan postur tubuh yang panjang, besar, yang memiliki bulu berwarna hitam metalik kehijau-hijauan pekat, serta matanya yang merah dengan sorotan yang tajam, membuat burung ini sangat ditakuti jika bertemu burung liar lainnya di alam.

ciri-dan-mitos-cucak-keling

Tidak itu saja keunikan dan ciri khas yang dimilikinya, burung yang satu ini juga mampu mengeluarkan suara kicauan yang sangat keras, kasar dan bervariasi yang akhirnya sangat digemari oleh para penghobi atau pemain burung kicauan untuk dijadikan sebagai burung masteran.

Baca selengkapnya :  5 Cara Merawat Jalak Kebo Harian Agar Cepat Gacor

4 Perawatan Yang Rutin Dilakukan Setiap Harinya

Untuk rawatan yang harus diberikan kepada burung cucak keling ini, memang sama seperti burung ocehan pada umumnya. Memang bukanlah hal yang mudah untuk merawat burung yang satu ini, butuh ketelatenan serta kesabaran yang super-super sabar.

Yang pasti nantinya memberikan kepuasan hati tersendiri bagi para kicau mania, jika mampu membuat burung cucak keling ini menjadi gacor. Penasaran ya kawan-kawan, yuk simak ulasan selengkapnya tentang cara merawat burung cucak keling dibawah ini :

Cara Memandikan burung

Jika anda membeli burung cucak keling ini masih dalam kondisi yang masih giras, atau baru saja dari tangkapan hutan. Maka tahap pemandian ini sangatlah diperlukan agar burung merasa lebih tenang dan segar FIT untuk dapat beraktifitas agar cepat mudah beradaptasi dengan pemiliknya, serta lingkungan sekitarnya.

perawatan-cucak-keling

Cara memandikan burung cucak keling ini cukup disemprot saja sampai membasahi seluruh tubuh dan bulu burung tersebut, kawan-kawan. Tidak perlu memasukannya kedalam bak mandi atau menaruh cepuk mandi didalam sangkarnya. Terapi semprot sampai basah jauh lebih efektif dan sangat baik untuk perawatan cucak keling setiap harinya. Waktu yang tepat untuk memandikannya sekitar pukul 3 sore hari. Dan harus dibiasakan konsisten dengan durasi waktu pemandian yang sering dilakukan setiap harinya.

Membersihkan kandang

Dalam kebersihan kandang juga sangat perlu diperhatikan, karena burung ini sangat senang dengan tempat yang bersih, jika kandang harian / sangkar selalu dalam kondisi yang kotor. Tentunya burung cucak keling ini mudah sekali terserang penyakit dan malas untuk berkicau.

Minimal 1 hari sekali anda membersihkan kotoran yang ada di dasar sangkarnya, dibarengi saat pemandian dilakukan bersamaan dengan membersihkan kandangnya. Untuk steril penyemprotan kandang dengan obat anti kutu, dapat anda lakukan 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali, yang bertujuan agar burung cucak keling ini terhindar dari gangguan parasit, tungau dan kutu yang dapat merusak bulu dan tidak nyaman pada kesehatan siburung tersebut.

Baca selengkapnya :  Kenali Macam Kenari Yorkshire Beserta Harganya

Penjemuran burung

Ketika menjemur burung cucak keling ini jangan terlalu lama-lama, karena burung yang satu ini tidak kuat panas, dan mudah sekali dehidrasi dan yang parahnya lagi bisa mati jika terlalu lama di jemur panas teriknya matahari. Cukup satu jam saja. Misalkan anda menjemur dari mulai pukul 8 pagi, cukup sampai pukul 9 saja.

gambar-burung-cucak-keling

Pemberian pakan yang disukai

Makanan burung cucak keling dialam liarnya sangat menyukai buah-buahan seperti pisang dan pepaya, akan tetapi untuk serangga-serangga kecil hanya sebagai pakan tambahan saja seperti jangkrik, ulat, kroto, orong-orong, cacing tanah, belalang, dan kelabang.

Untuk burung yang sudah kita pelihara atau dirawat, cukup berikan pakan harian berupa pisang kepok yang sudah matang yang diselingi dengan buah pepaya. Boleh juga anda menyajikan voer yang selalu tersedia di dalam cepuk wadah pakannya, voer yang disarnkan adalah voer kasar, seperti topsong kuning atau fancy gold yang hijau (rumput laut) kedua jenis voer ini adalah standar yang paling disukai oleh setiap burung kicauan pada umumnya.

Dalam pemberian EF seperti jangkrik dan kroto, jangan terlalu berlebihan dalam memberikannya, karena dapat membuat bulu burung akan menjadi kusam dan mudah rontok. Berikan seperti jangkrik, ulat ataupun kroto sewajarnya saja.

Harga burung cucak keling

Masih jarang sekali burung cucak keling ini diternak oleh para penangkar burung kicau, dengan kondisi burung sudah siap dijual yang hanya hasil perburuan tangkapan dari hutan saja.

Untuk harga yang ditawarkan dipasaran, pada kios-kios burung biasanya tergantung kondisi bentuk fisik dan tingkat kegacoran burung tersebut, jika burung masih jarang sekali berkicau dan bulu masih terlihat berantakan tidak rapih biasanya burung cucak keling ini memiliki harga yang dibanderol murah sekitar 200 sampai 300 ribuan, berbeda yang sudah dirawat dan rajin berkicau tentunya jauh lebih mahal bisa mencapai 500 sampai 800 ribuan guys.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Tengkek Buto Agar Gacor Dan Jinak

Bagaimana ?. Apakah anda tertarik untuk memelihara burung yang unik dan eksotis ini untuk dirawat dirumah anda !.., demikian informasi yang dapat kami berikan seputar burung cucak keling yang kiranya dapat bermanfaat bagi kawan-kawan semuanya.