Harga Burung Jalak Bali

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Pada kesempatan kali ini, suhukicau.com akan memberikan informasi seputar harga pasaran burung jalak bali, bagi temen-temen kicau mania kelas atas pasti sudah mengetahui keistimewaan burung mewah yang satu ini ya, tidak hanya dari bentuk fisik saja yang indah dan eksotis ya,

melainkan suara kicauan burung jalak bali ini sangat enak di dengarkan, merdu dan banyak memiliki variasi kicauan yang tidak dimiliki oleh jenis jalak lain pada umumnya, jadi tidak heran untuk harga burung jalak bali 2021 tergolong masih stabil.

Oke langsung aja kita ke topik pembahasannya seputar harga burung jalak bali beserta tips lainnya :

Berapa Harga Burung Jalak Bali ?


Burung Jalak Bali

burung endemik pulau Bali ini tentunya menjadi incaran para pecinta unggas kicau dikalangan menengah keatas. Seperti yang kita tahu dia merupakan hewan langka yang sangat dilindungi.

sehingga kepemilikannya dan juga kalau mau membudidayakan juga tidak boleh sembarangan harus mendapatkan izin dari kementrian jadi jangan coba-coba belinya secara ilegal karena kalian akan berurusan dengan hukum.

Nilai jual yang sangat tinggi bahkan mencapai 5 juta rupiah perekor bahkan untuk yang sudah gacor dan berkualitas bagus semakin mahal. peminatnya bukan hanya dari lokal tetapi juga dari seluruh daerah

di Indonesia bahkan turis mancanegara juga sangat antusias untuk memiliki burung yang satu ini. Tetapi pada masa pendemi harganya sangat menurun hal ini karena kurangnya peminat karena menurun juga pendapatan

perkapita masyarakat sehingga mereka hanya membeli bahan pokok, sedangkan dipenangkaran jalak bali sudah 9 kali lebih reproduksi dengan hasil anakan 3 sampai 4 anak per indukan.

Salah satu petani jalak bali lokal disana dia membudidayakan 25 pasang jalak bali dengan hasil anakan yang cukup banyak tentunya memerlukan biaya tambahan untuk pakan hariannya juga, biasanya kandang hasil budidaya selalu kosong karena ramai peminatnya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Dan Habitat Burung Camar

Harga Jalak Bali Terbaru Dimasa Pandemi

Harga Akhir Tahun 2020 – Dimana saat ini pandemi masih parah-parahnya angka perekonomian pun semakin anjlok dan kurangnya turis asing ke bali sehingga para petani kewalahan dalam mengurus anakan jalak bali, ini menyebabkan kumpulan petani

jalak bali sepakat untuk menurunkan harga jualnya yang tadinya di angka 5 juta menjadi harga 1 juta rupiah per ekornya dan untuk yang sepasang bahkan lebih murah lagi tak lebih dari 2 juta rupiah.

untuk yang dewasa dengan bermodalkan 5 juta rupiah kalian sudah bisa membawa pulang burung jalak bali sepasang secara legal tentunya sangat murah sekali dibandingkan biasanya.

Harga Awal Tahun 2021 – Masih dimasa pandemi yang sama harga juga tidak ada perubahan yang signifikan masih di harga antara Rp1.000.000 sampai Rp1.500.000 per ekornya sedangkan unuk perpasang mulai naik di angka Rp2.500.000 perpasang.

Harga Terbaru Saat ini – Saat ini pandemi mulai berangsur menurun dan ini merupakan kabar baik tak hanya bagi para peternak jalak bali juga bagi kita semua dimana perekonomian dikabarkan mulai naik dan penerbangan pun mulai dibuka.

sehingga ini diharapkan akan menjadi kenaikan bagi harga burung jalak bali dan burung kicau lainnya yang harganya juga mengalami penurunan yang sangat luar biasa anjloknya.

dan juga mulai menggeliatnya lagi usaha dibidang burung kicau arena gantangan burung mulai kembali dibuka dan juga peternak mulai kembali diminati masyarakat untuk harganya tidak jauh berbeda dari awal tahun hanya sedikit mengalami kenaikan.

Nah sobat kicau semua itulah harga jalak bali tahun ini khususnya dimasa pandemi ini dimana kemerosotan harga terjadi diberbagai sektor yang menjadi penyebabnya juga daya beli masyarakat yang menurun.

Pasaran Harga Burung Jalak Bali

Untuk harga burung jalak bali sertifikat tentu mahal ya karena resmi dan sudah di akui dan dilindungi ke absahannya oleh pemerintah, jika temen-temen membeli burung jalak bali tanpa surat / sertifikat yang nggak jelas keasliannya, mendingan nggak usah dibeli ya, ini saran kami.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Mengatasi Suara Serak Pada Murai Batu

harga-burung-jalak-bali-anakan

Kerana burung jalak bali ini sudah dilindungi sebagai burung satwa endemi yang termasuk burung langka dan wajib memiliki surat yang sah dari penangkar yang memiliki izin budidaya langsung dari pemerintah ya temen-temen, biar nggak pada penasaran yuk cek daftar harga burung jalak bali selengkapnya pada tabel dibawah ini :

Jenis Burung Jalak BaliHarga Jalak Bali Di Pasaran
Harga burung jalak bali anakan usia 3 bulanRp.2.500.000
Jalak bali anakan sepasang sertifikat resmi superRp.3.900.000
Jalak bali dewasa per ekor jantanRp.1.600.000
Harga burung jalak bali sepasang dewasaRp.5.500.000
Jalak bali sepasang indukan berkualitas siap ternakRp.6.000.000

Cara Mudah Membedakan Jantina Anakan Jalak Bali

Sebelum kalian membeli burung jalak bali ini sebaiknya harus mengetahui jenis yang mana jantan atau yang betinanya ya, agar nantinya tidak salah pilih atau terkena tipu oleh si penjualnya jika kita minta tolong untuk dipilihkan oleh si penjualnya.

Untuk mengetahui jantan atau betina nya burung jalak bali, dan kami sudah membuktikan nya sendiri ya berdasarkan pengalaman, nah kalau yang pertama itu dari ciri fisik bentuk kepalanya itu cenderung kotak bisa diyakini adalah jenis jalak bali jantan ya temen-temen, berbeda dengan yang betina itu terlehiat lebih agak bulat (bundar) nya jelas,

nah untuk lebih mudah lagi jika sudah masuk waktu dewasa nanti kan sudah terlihat dari jambulnya, yang memiliki jambul panjang ketika berkicau sambil mengangguk-anggukan kepalanya itu sudah pasti jantan ya, akan tetapi kalau usianya ini anakan seperti ini kalau menurut analisa kami ini yang pertama kita harus amati betul-betul dari bentuk kepalanya ya.

pasaran-harga-burung-jalak-bali

Tips Rawatan Pertama Pengkondisian Burung Jalak Bali

Bagi kalian yang baru saja memiliki dan membeli burung jalak bali ini, baik itu yang masih bahan ataupun dewasa, tentu hal yang paling penting dan harus di amati adalah tahap pengkondisian saat si burung ini baru tiba dirumah, otomatis burung masih asing dan belum bisa beradaptasi dengan baik pada lingkungan sekitar rumah kalian ya.

Baca selengkapnya :  Murai Batu Lampung Kota Agung Merupakan Petarung Terbaik

Maka dari itu harus kalian lakukan adalah isolasikan terlebih dahulu burung jalak bali ini di tempat kandang harian / sangkar khusus yang sudah kalian siapkan sebelumnya ya, setelah itu tempatkan atau gantung kandang burung tersebut di tempat yang kira-kira menurut kalian aman, sepi, sejuk dan nyaman lah, agar burung tidak terlalu stres dan bisa pulih mentalnya karena kelelahan dalam membawanya saat perjalanan waktu itu,

agar lebih maksimal dekatkan dengan suara air mengalir atau terapi suara air yang gemericik, bisa kalian dekatkan di dekat air pancuran kolam ikan, atau di dekat area kamar mandi yang bersuhu sejuk dan masih bisa mendengarkan suara gemiricik air keran dari kamar mandi kalian ya, akan tetapi jangan lupa kalian sediakan di dalam kandangnya jenis pakan voer, jangkrik dan keroto ya lalu burung kita kerodong terlebih dahulu sampai esokan harinya.

Nah jika burung di awal ini sudah kalian kondisikan maka langkah yang selanjutnya bisa kalian lakukan rawatan hariannya ya, silahkan cek di artikel kami sebelumnya tentang : cara merawat burung jalak bali bakalan

Catatan :

Berhubung kalian yang sudah memiliki jalak bali, tentu sudah paham ya dengan harga jualnya dipasaran !. Burung mewah ini adalah jenis burung mahal ya, maka dari itu pola rawatan harian jangan sampai kalian abaikan, usahakanlah selalu konsisten setiap harinya agar burung bisa selalu sehat, dan cepat jinak dan gacor ya temen-temen.

Oke itu saja info terupdate yang bisa kami share seputar harga burung jalak bali beserta tips-tips lainnya, semoga bisa menambah pengetahuan temen-temen kicau mania semua. Terima kasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari