jalak-nias

Inilah Keistimewaan Jalak Nias (Harga dan Suara)

Nama burung Jalak pasti sudah tidak asing terdengar di telinga. Burung dengan nama ilmiah Acridotheres Tristis ini sangat populer di kalangan penggemar burung kicau. Banyak peminat yang mengicarnya, baik dijadikan peliharaan di rumah atau diikutkan dalam kontes kicau.

Burung Jalak Nias sudah tersohor namanya karena kemampuan untuk menirukan berbagai suara dari burung lain. Sehingga suara kicau yang dihasilkan sangat bervariasi, bahkan ada yang bisa menirukan suara manusia.

Mengenal Karakteristik Burung Lebih Dekat

Meskipun memiliki nama Nias namun burung bukan berasal dari Pulau Nias, justru persebarannya merata mulai dari Afrika, Amerika dan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Jalak jenis ini menyukai tinggal pada ketinggian kurang lebih 3000 meter diatas permukaan laut, tepatnya di daerah pegunungan. Letak kepopulerannya berada di tengah antara Jalak Suren dan Jalak Kebo.

Burung ini ahlinya menirukan berbagai suara mulai dari burung lain, binatang bahkan suara manusia. Tingkat kemampuannya hampir setara dengan burung Beo, tapi tidak sama persis. Meski tidak sebaik burung beo, namun burung Jalak masih menjadi andalan dalam ajang adu gacor antar burung.

Alasan inilah yang menjadi faktor utama orang memburu burung Jalak jenis Nias. Dengan pelatihan yang intensif dan berkala, cukup untuk meningkatkan kapasitas burung dalam menghafal lebih banyak kosakata.

Bentuk tubuh antara Jalak jantan dan Jalak betina terlihat cukup berbeda, secara postur jantan sedikit lebih besar daripada betina. Si jantan memiliki bagian kepala yang cenderung pipih dan persegi, dihiasi sedikit jambul diatas kepala.

Warna bulu si jantan pun lebih berkilau jika dibandingankan betina. Sedangkan si betina memiliki kepala yang cenderung lonjong dan bulat, dengan bentuk paruh yang lebih kecil serta warna bulu kecoklatan.

Baca selengkapnya :  Si Mungil Kolibri Ninja Menjadi Primadona

Jalak Nias jantan memilki kualitas suara nyaring dan lantang, dibandingkan si betina yang bersuara lebih monoton dan tidak memiliki variasi kicau. Pada saat mengeluarkan kicauan, baik jantan maupun betina akan menganggukkan kepala dengan jambul yang agak mengembang.

Bedanya pada jambul jalak betina tidak mengembang lebar. Apabila burung Jalak sering dilatih dengan baik, maka suara dan nada yang dikeluarkan terdengar lebih nyaman.

gambar-jalak-nias

Harga yang Ditawarkan

Di habitat aslinya burung Jalak Nias gemar bertengger di dahan-dahan pohon, jika ingin merawatnya pastikan sangkar dihiasi dengan ranting untuk bertengger. Berikan kandang dengan ukuran yang cukup besar, agar burung dapat bergerak bebas di dalamya.

Atur jadwal mandi sebelum diberi makan, cara ini membuat burung lebih segar dan tenang saat makan. Berikan suplemen secara rutin untuk menunjang suara kicauan burung Jalak jenis Nias ini.

Untuk masalah harga burung Jalak Nias terbagi menjadi 3 bagian yaitu burung jenis anakan, burung bakalan, dan burung dewasa. Khusus harga anakan anda bisa membelinya mulai dari 100 ribu hingga 500 ribu, tergantung lokasi penjualan. Sedangkan ukuran dewasa anda harus merogoh kocek sekitar 500 ribu hingga 1,5 juta rupiah.

Hal ini tergantung pada kualitas kicauan yang dimiliki burung. Itu tadi beberapa keistimewaan dari burung Jalak jenis Nias, bisa dijadikan rekomendasi sebelum memilih untuk memeliharanya. Selalu perhatikan kebersihan kandang saat memelihara, agar burung cantik ini terlihat nyaman dan bebas dari penyakit.

Karena termasuk jenis Jalak penyuka air, jadi anda bisa memandikan burung secara rutin. Setelah itu dijemur dibawah sinar matahari, baiknya saat pagi hari atau sore hari. Jika anda tipe tekun dan ulet, memelihara Jalak pun bisa menjadi ladang usaha.