Mengenal Jenis Burung Jalak Suren Beserta Harganya

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, Apa kabar sedulur kicau mania semua, semoga selalu diberikan kesehatan dan semangat terus dalam beraktifitas, pada kesempatan kali ini website resmi SuhuKicau.Com kembali akan memberikan informasi seputar dunia burung kicau yang akan membahas tentang burung jalak suren secara lengkap, baik jenis, habitat, makanan yang disukainya, harga dan lain-lain.

Namanya hobi untuk memelihara burung kicauan, tentu sudah tidak asing lagi tentang burung jalak suren ini yang sudah menjadi populer TOP dari zaman dahulu sampai sekarang masih banyak sekali penggemarnya, baik dari kalangan yang tua sampai yang muda pasti sangat menyukai burung ini sebagai peliharaan bunyi-bunyian dirumah saja ataupun untuk melatih burung ini menjadi burung lomba gantangan dilapangan.

Di daerah pulau jawa banyak sekali yang membuka kelas gantnangan burung jalak suren ini yang menjadi burung favorit sebagai burung yang pintar menirukan suara yang dapat dinilai dengan juri materi lagu yang dimilikinya untuk mendapatkan gelar juara.

Sebelum anda memelihara burung kicauan yang satu ini setidaknya anda harus mengetahui terlebih dahulu ciri dan keistimewaan yang dimiliki agar nantinya dapat memudahkan anda dalam memberikan perawatan yang tepat dan akan membuat burung jalak suren ini menjadi sehat dan rajin berkicau (gacor). Penasaran untuk info detail dari burung jalak suren ini, yuk simak ulasan lengkapnya bisa anda lihat dibawah ini :

Daftar Isi

Memahami beberapa macam jalak suren yang perlu anda ketahui


Ada dua jenis burung jalak suren ini yang dikenal dari wilayah asal yang berbeda seperti dari pulau jawa (lokal) dari negara indonesia, namun juga ada jenis import dari negara tetangga seperti malaysia.

Disini kita akan membandingkan dan menganalisa perbedaan dari kedua jenis burung jalak suren tersebut, yang kiranya dapat menjadikan acuan anda dalam memilih burung jalak suren yang ingin anda peliharaa, agar tidak keliru dan salah dalam memilih.

Jalak suren jawa (lokal)

– Untuk jalak suren jawa ini jika dibandingkan dengan jalak malaysia, memang pada bulu kepalanya tidak memiliki warna putih, dan ketika berdiri jambulnya terlihat jabrik jelas.

– Untuk suara yang dimilikinya lebih banyak isian full, serta tembakan kasar dan volume yang jauh lebih keras dibandingkan dengan jalak dari malaysia.

– Untuk harga pasaran burung ini memang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan jalak suren malaysia.

jalak-suren-jawa

Jalak suren malaysia (import)

– Dibagian atas kepalanya, bulunya sangat jelas tampak berwarna putih

– Untuk warna bulu pada sayapnya blirik trotol lebih jelas.

– Unutk karakter suara yang dimiliki oleh jalak suren malaysia memang hampir mirip dan serupa akan tetapi untuk materi masih dibawah kualitas yang dimiliki oleh jalak suren jawa.

jalak-suren-malaysia

Tips mudah mengetahui jenis jalak suren jantan dan betina :

Untuk membedakan yang mana jalak suren jantan dan betinanya tentunya sangatlah mudah dan harus perlu ketelitian dan analisa yang tepat.

jalak-suren-jantan

– Untuk ciri jalak suren sang jantan, memiliki postur tubuh yang lebih panjang, lebar serta besar ideal. Jika dilihat dari kepalanya besar dan bulat, untuk bentuk paruh yang lebih panjang.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Pelatuk Yang Ada Di Indonesia

Untuk bulu ekornya terlihat lebih sedikit dan menguncup, kecerahan kontras warna yang dimiliki jauh lebih jelas. Serta diwarna bulu pada kepala (jambul), dada dan punggu lebih mengkilap berwarna hitam pekat. Sang jantan tentunya memiliki variasi lagu yang lebih banyak jika dibandingkan dengan betina.

– Untuk ciri jalak suren betina dapat anda lihat dari bentuk postur badan yang tidak begitu panjang serta bulat dan pendek. Untuk warna bulu yang dimiliki terlihat lebih busam, kusam dan kurang jelas.

Serta jika didengarkan suara kicauan sang betinanya, terdengar monoton dan ngerol patah-patah kurang agresif jika melihat burung sesama jenisnya.

Habitat dan karakteristik

Burung jalak suren ini sangat banyak anda jumpai di seluruh daerah tentunya masih di wilayah indonesia kita ini, yang tergolong banyak yang berasal dari daerah-daerah tertentu seperti pulau jawa, sumatra, jambi dan masih banyak lagi.

Sebelum musim penghobi burung kicauan memang masih banyak sekali apabila anda temukan di alam bebas, burung ini sangat senang tinggal di dataran rendah seperti perkebunan, sawah dan ladang yang luas, dikarenakan burung ini tidak memiliki kemampuan untuk dapat terbang yang terlalu tinggi, dan sering para petani sawah menjumpai burung jalak suren ini bermain-main diareal pesawahannya.

Karakter yang dimiliki burung ini sangatlah mudah dijinakkan dan cepat beradaptasi dengan lingkungan, sangat perasa dan paham oleh majikan yang sudah merawatnya dengan baik dan sering dijadikan oleh pemiliknya sebagai burung satpam penjaga rumah, dikarenakan jika ada tamu atau orang asing yang tidak dikenal, maka burung jalak suren ini langsung merespone dengan suara kicauan yang lantang dengan isyarat memberikan peringatan kepada si pemiliknya bahwa ada tamu yang masuk area teritorial kekuasaannya.

Baca selengkapnya :  Kenali Macam Kenari Yorkshire Beserta Harganya

Makanan yang disukai

Salah satu pakan yang disukai oleh burung ini adalah serangga kecil seperti jangkrik, keroto (telur semut), ulat dan belalng dan buah – buahan segar seperti pisang kepok dan pepaya yang sudah matang.

Tips perawatan

Untuk memberikan perawatan harian seperti biasa pada umumnya, burung ini sangat mudah sekali perawatannya seperti mandi dikeramba, penjemuran pemberian pakan, kerodong dan pemasteran juga sama halnya merawat burung ocehan lainnya. Lakukan secara konsisten dan rutin setiap hari agar si burung merasa nyaman dan gacor jika sudah dalam kondisi yang benar-benar FIT.

jalak-suren-bahan

Harga jalak suren

Jika anda ingin membeli burung jalak suren, setidaknya harus mengetahui harga pasaran yang ada agar tidak mudah ditipu oleh si penjual di pasar burung, untuk info tahun 2020 bulan april ini harga terbaru (Terupdate) sekarang burung jalak suren jawa yang sudah gacor dor berkisar 800 ribuan sampai satu jutaan.

Untuk Jalak suren yang masih memiliki usia muda, dan bunyi masih semaunya belum begitu gacor sekitar 500 – 700 ribu. Dan untuk jalak suren yang masih bahan bakalan dengan usia masih dibawah 5 bulan sekitar 200 – 350 ribuan saja.

Baca artikel lainnya :

√ Inilah Perbedaan Jalak Suren Jawa Dan Kalimantan

√ Cara Mudah Ternak Jalak Suren