Mengenal Beberapa Jenis Burung Kolibri Di Indonesia

Diposting pada

Burung kolibri ini merupakan burung yang berukuran kecil, yang memiliki warna cerah, indah dan sangat menarik. Tidak itu saja keistimewaan burung ini juga memiliki suara yang merdu, dengan crecetan yang panjang dan tajam sangat nyaman di dengar bagi para penghobi burung kicauan.

Banyak sekali jenis burung kolibri yang ada didunia, sekitar kurang lebih sampai 300 jenis burung ini tersebar di berbagai wilayah yang dapat sering dijumpai seperti di Benua Amerika dan Indonesia, Jenis kolibri yang lokal asli indonesia juga tidak kalah menariknya jika dibandingkan dengan yang import atau yang berasal dari negara luar.

Burung ini yang memiliki nama latin Trochilidae dikenal sebagai burung penghisap madu dan habitat dialam liarnya sangat menyukai tempat yang dengan kondisi daerah yang tropis. Pada pembahasan kali ini akan di ulas jenis burung kolibri yang masih sering dijumpai di negara indonesia, penasaran kolibri jenis apa saja sih.. ? Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Mengtehui beberapa macam kolibri yang asli dari indonesia beserta harganya


Kolibri raja (king konin)

Burung kolibri raja atau sering disebut dengan king konin ini sangat banyak dijumpai didaerah bengkulu, yang dimana eksistensi dari burung ini suka menempati hutan yang lebat dan masih jarang dijamah oleh manusia, seiring berjalannya waktu sudah banyak juga para pemikat yang memburu jenis burung ini untuk dijual dipasaran dan dirawat oleh para hobiis kolibri mania.

king-konin

Ciri burung ini memiliki ukuran tubuh yang lumayan panjang dan agak lebih besar jika dibandingkan dengan jenis kolibri lain pada umumnya. bentuk paruh yang panjang, runcing. Bulu dada berwarna hitam metalik, bulu diatas kepalanya berwarna hijau metalik, dan kombinasi sayap ada warna kuning, hitam dan kehijau-hijauan yang sangat jelas.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Murai Batu Jambi

Serta tidak hanya badannya yang besar, melainkan suara yang dimilikinya juga sangat enak didengar dengan besetan patah-patah tembakan yang kencang, membuat daya tarik tersendiri jika bisa merawat dan menggacorkan burung yang satu ini. Harga jual dipasaran untuk burung king konin saat ini bisa mencapai 150 sampai 200 ribu perekornya.

Kolibri merak

Burung jenis kolibri merak sangat jarang ditemukan dikarenakan populasi dan habitat dialamnya masih sulit. Akan tetapi jika dilihat dari bentuk dan ciri burung ini yang memiliki warna hijau toska metalik di daerah bulu kepalanya, bentuk paruh panjang dan melengkung berbentuk tebal. Bulu dada berwarna merah marun warna sayap hitam.

kolibri-merak

Jika dilihat dari bentuk fisiknya tidak seindah dengan jenis kolibri lainnya, akan tetapi dari kekurannya memiliki kelebihan tersendiri jika sudah berkicau mampu mengeluarkan suara volume / vokal yang kencang, ngerol dan banyak variasi.

Karena keberadaannya masih sulit untuk didapat, dan pasti anda jarang sekali menemukan kios burung yang menjual burung ini secara ombyokan, melainkan anda harus membelinya dari hasil rawatan orang sebelumnya atau memikatnya langsung di hutan yang masih liar.

Kolibri muncang

Burung kolibri muncang atau sering disebut juga kolibri wulung. Ciri dan tipe dan jenis kolibri muncang ini memang sangat berbeda jika dilihat dari postu tubuh dan bentuk paruh burung kolibri pada umumnya, yang dimana paruh burung ini lebih pendek, dan badan lebih berbentuk bulat besar, jika dilihat sekilas fisiknya hampir mirip dengan bentuk burung murai akan tetapi dengan ukuran yang kecil.

kolibri-muncang

Untuk warna bulu hijau metalik hampir mendominasi dari ujung ekor sampai kepala. bulu dada berwarna orange ke coklat-coklatan. Tipe suara yang dihasilkan oleh kolibri muncang ini bersuara ngerol patah-patah. Dan tidak sedikit para pemain burung kicau yang menjadikan burung ini sebagai burung masteran. Untuk harga kolibri muncang biasa dibanderol kisaran 200 – 250 ribu.

Kolibri ninja (konin)

Untuk jenis kolibri ninja ini jika masih muda trotol berwarna hinau tua, namun seiring usia dan fase perubahan bentuk ketika sehabis mabung remaja akan berubah menjadi metalik kehitam-hitaman serupa seperti jenis king konin. Bedanya kolibri ninja ini memiliki tubuh yang lebih kecil.

Baca selengkapnya :  Tips Cara Merawat Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang

konin

Keistimewaan dari burung konin ini memiliki suara yang bervariasi, tidak monoton dan mudah menirukan suara isian burung ocehan lainnya seperti cililin, kapas tembak dan lain-lain. Maka dari itu para hobiis kicau mania sangat banyak menyukai dan merawat burung ini untuk dapat dilatih sebagai burung lomba gantangan.

Kolibri kelapa (korlap)

Burung kolibri kelapa ini memiliki ciri dan fisik yang hampir mirip dengan burung sriganti akan tetapi untuk ukuran tubunya jauh lebih besar, yang dimana pada bulu dadanya memiliki warna kuning, dan bulu kepala sampai punggungnya berwarna hitam metalik, warna sayap hijau botol tua. Suara yang dimilikinya monoton tidak bervariasi.

korlap

Untuk harga burung kolibri kelapa yang masih bahan (anakan) bisa mencapai 50 sampai 100 ribu, berbeda dengan usia yang sudah mapan dan gacor yang dibanderol berkisar 100 sampai 150 ribuan.

Kolibri sriganti (sogok ontong)

Suara yang dimiliki sogok ontong jika sudah gacor sangatlah nyaring dan cukup bervariasi dengan membawakan lagu irama yang tidak membosankan kita sebagai pendengar kicauan burungnya. Ciri fisik memiliki ukuran yang sedang, dan warna dibagian dada dibawah leher nopeng hitam, serta warna pada bulu dadanya kuning.

sogok-ontong

Bulu atas kepala sampai ekor berwarna hijau tua dan bisa berubah-ubah sesuai kondisi saat setelah mabung akan terlhiat lebih cerah dan terang. Untuk harga jual burung sogok ontong ini dipasaran berkisar 25 – 60 ribuan saja untuk yang masih bahan tangkapan hutan.

Berbeda dengan yang sudah rajin berkicau, dewasa mapan yang sudah memiliki bintik hitam topeng diwajahnya bisa mencapai 125 – 200 ribu.

Kolibri sepah raja

Burung kolibri sepah raja atau sering disebut dengan kolibri raja ini memiliki warna bulu yang paling cantik menurut saya jika dibandingkan dengan kolibri lokal lainnya, dengan warna yang merah terang dan jelas dibagian tubuhnya, hanya saja di ujung sayapnya berwarna hijau tua, dan dikepalanya berwarna hijau toska metalik.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Mengenali Ciri Kenari F1 YS

kolibri-sepah-raja

Untuk harga burung ini dibenderol sekitar 150 sampai 250 perekornya, sesuai dengan keindahan dan suara yang memiliki kualitas tentunya.

Makanan burung kolibri

Pakan alam yang dibutuhkan untuk setiap jenis burung kolibri tentunya adalah nektar, atau sari bunga yang manis, seperti rasa madu. Namun burung ini tidak hanya memakan nektar saja yang memiliki kandungan nutrisi yang sedikit, untuk dapat melengkapi asupan protein dan mineralnya burung ini juga terkadang memangsa serangga-serangga kecil seperti telur semur (kroto), laba-laba kecil dan lainnya.

Namun jika si mungil ini sudah dirawat dengan anda, maka anda bisa memberikannya pakan buatan atau racikan sendiri agar dapat membuat burung ini menjadi gacor dan selalu sehat tentunya. Alternatif dari pakan yang anda berikan, pada rawatan harian anda bisa memberinya sirup marjan, air gula, susu kental manis dan kroto. Baca juga artikel lainnya : 5 Jenis Makanan Burung Kolibri Yang Baik Untuk Harian

Jenis kolibri yang dilombakan

Pada event lomba atau kontes digantangan yang dimana kebanyakan para kicau mania sudah membuka kelas baru khusus untuk burung kolibri ninja yang menjadi primadona dan banyak sekali penggemarnya.

Walaupun kelas ini tergolong sangat baru, akan tetapi para antusias pemain burung kicauan sangat menyambut dan banyak yang meramaikan gantangan burung kolibri ninja ini untuk dijadikan sebagai burung lombaan.

Jika sudah dalam masuk kategori burung kolibri yang sudah diikutsertakan diarena kontes lomba, dan mendapatkan prestasi, otomatis nilai dan harga jualnya akan melambung tinggi bisa mencapai 1 sampai 2 jutaan. Woow burung kecil mungil ini bisa memiliki harga yang sangat fantastis bukan.