Mengenali Ciri Kacer Betina Dengan Mudah Untuk Pemula

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, halo guys.. Apa kabar semuanya, semoga selalu diberikan kesehatan dan semangat setiap harinya, kembali lagi seperti biasa situs resmi SuhuKicau.Com yang konsisten memberikan informasi seputar dunia burung kicau yang dimana akan menjelaskan secara singkat, padat dan jelas tentang tips bagaimana cara mengenali ciri kacer betina dengan mudah. Berikut dibawah ini penjelasan lengkapnya :

Tips mengidentifikasi burung kacer betina

Bagi para pemain hobi kicau burung gantangan, khususnya untuk para kacer mania pasti sudah paham dan banyak mengetahui ciri-ciri burung kacer betina, terkadang pada hobiis kacer pasti memerlukan burung kacer betina ini sebagai burung untulan sang jantan atau sering dibilang untuk ngecasnya, dan bisa juga untuk siapan indukan yang akan diternak.

trotolan-kacer

Namun jika anda ingin membedakan dan mencari jenis betinanya tentu sangatlah mudah, walaupun terlihat mirip akan tetapi perbedaan antara jantan dan betina sangat jelas untuk dilihat apalagi yang sudah dewasa. Berikut ciri khusus yang dimiliki oleh burung kacer betina :

1. Warna bulu yang dimiliki terlihat kusam kurang bersih, tidak cerah seperti warna yang keabu-abuan seakan tidak begitu jelas.

2. Bentuk kepala yang cenderung bulat tidak simetris.

3. Memiliki bola mata yang terlihat sayup, pandangan tidak fokus satu titik. Atau bisa dibilang sorot matanya kurang tajam.

4. Memiliki volume suara yang tidak begitu keras, dan kebanyakan suara yang monoton sering kali terdengar. Burung kacer betina juga lebih cenderung banyak diam dan tidak begitu gacor.

Baca selengkapnya :  Rahasia Sukses Ternak Lovebird

5. Bentuk tubuh, jika dilihat dari posisi berdiri kurang tegap, badan agak berbentuk bulat dan kurang panjang dan ideal.

trotol-kacer-jantan

Ciri Kacer Betina Siap Kawin (BIRAHI)

Jika anda ingin mencoba menangkar burung kacer ini, setidaknya anda harus memiliki kacer siapan indukan betina yang sudah siap untuk dijodohkan dengan sang jantannya, namun apa parameter anda agar dapat dengan mudah melihat burung kacer betina yang sudah siap dikawinkan, agar cepat proses penangkaran burung kacer tersebut.

1. Burung kacer betina lebih sering berkicau, mengeluarkan suara siulan yang memanggil sang jantan atau lebih sering merespon sau menyaut dengan sang jantan.

2. Indukan betina kacer ini sering terlihat menggetarkan sayapnya jika melihat sang jantannya, ngeleper lah, bahasa yang sering dikenal oleh para kicau mania.

3. Apabila meliat burung sejenis ataupun lawan jenis, cenderung burung ini mengejar nabrak-nabrak sangkar dengan tingkah yang emosi, seolah-olah ingin mengajak tarung dan berkelahi.

trotol-kacer-jantan2

Cara membedakan anakan kacer betina dan jantan

1. Mata dan Paruh

Untuk jenis betina, dilihat dari bentuk matanya yang terlihat lebih kecil dan sayu, berbeda dengan sang jantan yang memiliki bola mata yang cenderung lebih besar dan bulat dengan sorot tatapan yang tajam.

Begitu juga dengan warna paruhnya untuk betina, sedikit berwarna keabu-abuan, dan untuk yang jantan berwarna hitam tegas.

2. Bintik-bintik (trotol) Dada

Jika kedua jenis kacer betina dan jantan masih berusia dibawah 3 bulan, maka akan tampak totol-totol warna bulu dada yang berbeda dan ini juga dapat dijadikan sebagai acuan.

Untuk trotol bintik betina terlihat samar-samar berwarna keabu-abuan, sedangkan untuk yang jantan bintik totolnya terlihat sangat jelas, dan sedikit ada warna hitamnya.

Baca selengkapnya :  Kunci Sukses Merawat Burung Pleci Jawara

3. Bintik-bintik (trotol) Sayap

Untuk yang betina, terdapat juga bintik trotol berwarna putih, namun terlihat samar-samar kurang jelas dan tegas, kemudian diwarna sayapnya juga ada warna slep warna putih.

Berbeda dengan anakan yang jantan, yang memiliki warna sayap yang memang terlihat ada bintik trotol yang jelas dan tidak memiliki slep berwarna putih pada sayapnya, semua terlihat hitam.

4. Bentuk tubuh

Jika dilihat dari body atau bentuk ukuran tubuh anakan kacer betina dan jantan, biasanya ukuran untuk sang jantan lebih besar 2 kali lipat jika dibandingkan denga betina yang memiliki ukuran yang jauh lebih kecil.

Oke teman-teman, mungkin itu saja tips dari saya yang dapat kami berikan berdasarkan pengalaman yang baik untuk dapat menambah wawasan anda semua, semoga bermanfaat.

Baca artikel terkait lainnya :

√ Daftar Harga Burung Kacer Di Tahun 2020
√ Cara Merawat Kacer Mabung Sampai Tuntas
√ Mengenal Jenis Burung Kacer
√ Cara Mudah Ternak Burung Kacer