kacer-dada-hitam

Mengenal Jenis Kacer Dada Hitam

SuhuKicau.com – Tawarkan visual serta suara gacornya yang terdengar merdu, Kacer dada hitam asal Pulau Jawa ini pun disebut sebagai burung kicau berkualitas baik. Mudah untuk membedakannya dengan jenis Kacer lainnya, dimana warna hitam pekat begitu dominan dengan sedikit warna putih di bagian sayapnya.

Yang membuatnya semakin menarik untuk dipelihara, yaitu gaya berkicaunya yang terdengar sangat atraktif dan cukup bervariasi. Berikut ulasannya.

Mengetahui kualitas burung kacer versi dada hitam


Ciri ciri Kacer Jawa

Biasa disebut sebagai burug Kacer Jawa, dimana persebarannya memang banyak dijumpai di wilayah Jawa Timur, pulau Bali, serta pulau Kalimantan. Namun ada pula yang mengatakan bila, burung satu ini cukup mudah di temui di wilayah Bali. Ternyata penyebaran si burung gagah ini tak hanya terjadi di tanah air, namun juga sampai di negara tetangga seperti Malaysia dan Brunai Darussalam.

Daya tarik dari si kacer bersuara merdu ini, terletak dari warna tubuhnya yang didominasi oleh warna hitam nan tebal. Tingkat keterbalan bulu yang dimiliknya, tampaknya jarang dimiliki oleh jenis burung lainnya.

Meski berwarna cenderung hitam legam, namun para pecinta burung dengan mudah mengenalinya. Sebab Kacer dada hitam dikenal dengan perawakan tubuhnya yang membuatnya mudah dikenali, dimana terdapat sedikit warna putih di bagian sayapnya.

Tampak berbeda dengan jenis burung Kacer lainnya, dimana si dada hitam ini miliki postur tubuh yang sedikit gempal nan tampak gagah. Meski terkenal sebagai burung yang gempal, namun tubuhnya terlihat tegap yang membuatnya semakin menarik untuk dimiliki.

Baca selengkapnya :  Download Suara Pleci Masteran Mp3 Auto Gacor

Warna putih tak hanya ditemukan di bagain sayapnya, namun di bagian ekornya juga terdapat varian warna putih. Dengan penampilannya tersebut, si burung tampak sangar sekaligus mengagumkan.

Pakan Si Burung

Banyak pecinta burung kicauan kemudian berlomba lomba untuk memiliki, lantaran perawatan si Kacer ini rlatif mudah. Anda bisa memberikan pakan dari serangga seperti jangkrik, kroto, belalang, ulat, serta voer.

Pastikan bahwa menu pakan tersebut diberikan setiap hari, dan tambahkan pakan tambahan untuk meningkatkan kualitas si burung. Selain pemberikan pakan secara teratur, jangan lupa untuk memandikannya serta menjemurnya secara rutin.

kacer-jawa

Suara Kicauan Merdu

Kicauannya terdengar berbeda dengan jenis burung lainnya, lantaran gaya kicauannya terdengar bak ular kobra. Ketika si Kacer dada hitam mulai bernyanyi, anda bisa melihat mereka memekarkan ekornya serta menggoyangkan badan ke kanan dan ke kiri secara bergantian.

Ketika sang pemilik bisa melatihnya dengan tepat, si burung mampu menghasilkan kicauan yang bervariasi dan aktraktif. Gaya unik saat gacor, menjadi daya tarik tersendiri dari si Kacer satu ini.

Selain dari kemampuan alaminya untuk menghasilkan kicauan yang begitu merdu, burung satu ini juga dikenal akan kemampuannya yang mampu mengingat serta menirukan kicauan burung lainnya. Dari kelebihannya tersebut, tak jarang sang pemilik menjadikannya sebagai masteran.

Keunggulan lain yang dimilikinya, terletak pada volume suaranya terdengar begitu powefull dan mengkristal. Saat pertama kali mendengarnya, anda sudah terpesona dengan kicauannya.

Patokan Harga di Pasaran

Tawarkan harga yang berbeda untuk si Kacer dada hitam, dimana perbedaan harga tersebut terletak dari usia si burung. Untuk anakannya sendiri, pasar mematok harganya mulai dari Rp. 350 ribuan saja per ekornya, sedangkan untuk burung dewasanya dibandrol mulai dari Rp. 1 jutaan rupiah.

Baca selengkapnya :  12 Jenis Love Bird Warna Yang Sedang Tren Di Indonesia

Namun perlu diketahui bila, harga tersebut belum termasuk bila si burung pernah menyabet penghargaan digantangan.

Seringkali mengikuti kontes di gantangan, lantaran visualnya yang tampak gagah dan suara kicauannya yang merdu layak untuk dibanggakan. Kualitas suaranya pun bisa ditingkatkan kembali, dengan proses pemasteran serta perawatan rutin yang dilakukan.

Tak hanya dikenal dengan suaraa gacornya semata, burung ini juga miliki daya tarik akan kemampuannya untuk menirukan sekaligus mengingat suara kicauan burung lainnya.