Ciri Burung Kenari Merlok Merah Lokal Beserta Harganya

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, Halo sobat kicau semua, seperti biasa situs resmi SuhuKicau.Com yang selalu konsisten dalam memberikan info seputar dunia burung kicau yang ada di indonesia, pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang burung jenis kenari merah lokal atau sering disebut dengan kenari merlok.

Banyak sekali para penghobi burung kicau kenari mania yang sangat ingin memelihara burung kenari merlok ini, dikarenakan sangat unik, dan memiliki warna bulu yang indah, serta suara ngerol yang panjang. Agar anda tidak mudah tertipu dalam memilih burung kenari merlok ini, setidaknya temen-temen harus mengetahui terlebih dahulu ciri dan spesifik dari jenis burung ini, penasaran bukan !. Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Mengenali keistimewaan burung kenari merah lokal


Kenapa jenis burung ini dikenal dengan nama merlok yaitu kenari merah lokal, karena!. kenari ini murni hasil ternakan yang di cetak oleh para penangkar yang bereksperimen di indonesia khususnya banyak sekali dijumpai dipulau jawa, yang dimana dengan mutasi silangan jenis kenari tertentu yang berhasil menemukan genetik asal mu asal kenari merlok ini menjadi TOP dan populer hingga saat ini.

kenari-merlok-dewasa

Ada dua jenis kenari yang berwarna merah, yang pastinya berbeda kualitas dan genetiknya yaitu kenari merah import dan kenari merah lokal.

Salah satu ciri utama yang dapat anda jadikan sebagai acuan dalam membedakan kenari merlok asli atau palsu ini, anda harus fokus pada warna bulu, Untuk warna bulu yang dihasilkan kenari merlok ini berwarna mendekati warna merah, yang dimana warna aslinya adalah seperti orange pekat warna pepaya, bias kemerah-merahan, berbeda dengan kenari import atau vektor yang hanya memiliki warna pekat orange yang mutlak tidak membiaskan warna merah.

Baca selengkapnya :  Mengenal Keistimewaan Jalak Bali, Habitat, Makanan Dan Harga

Membedakan kenari merlok anakan

Nah untuk memedakan masalah warna juga kita bahas jika si burung kenari trah merlok ini berbeda pada masa anakannya, dan sangat mempengarui dengan bentuk warna yang dimiliki ketika burung masih anak, dan berubah menjadi remaja dan dewasa.

kenari-merlok-bahan

Dan disini akan dibahas kenapa warna anakan kenari merlok tidak semerah saat burung kenari berusia remaja siapan ataupun dewasa. Karena pada kenari merlok ini ada yang namanya proses mutasi.

Yang disebut mutasi ini adalah perubahan secara alami yang disesuaikan dengan faktor umur, bentuk, dan warna, biasanya saat menjalani masa mabung atau rontok bulu, nyulam diiringi dengan proses mutasi ini untuk jenis kenari merlok asli. Dan sebelumnya warna bulu anakan kenari merlok yang masih berwarna merah mentega keputihan campur kuning, yang pelan-pelan akan berganti secara bertahap tentunya.

Harga kenari merah lokal

Burung kenari merlok ini memang sangat jarang ditemukan, karena faktor penangkar yang diberbagai daerah masih sulit ditemukan terkecuali di daerah pulau jawa, makanya harga kenari jenis ini masih melambung tinggi.

Untuk harga anakan yang masih berusia sekitar 2 bulanan dan memiliki warna bulu yang putih seperti mentega bisa mencapai 800 sampai 1 jutaan. Memang sudah pasti harga untuk jenis kenari ini akan tetap stabil dikarenakan konsisten para penangkar yang memberikan harga yang sesuai kepada setiap konsumennya, agar masa depan kenari tidak bisa diremehkan dan patut untuk bisa bersaing dengan nilai dan kualitas yang dimiliki oleh burung kicauan lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, kiranya dapat menambah pengetahuan teman-temen dalam membedakan jenis kenari merlok yang asli dari indonesia. Semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya seputar jenis burung kenari :

√ Mengenali Perbedaan Ciri Kenari Lokal
√ Cara Mudah Mengenali Ciri Kenari F1 YS
√ Mengenal Ciri Khas Burung Kenari Af