5 Jenis Makanan Burung Kapas Tembak Terbaik Agar Cepat Gacor

Diposting pada

assalamualaikum wr, wb. masih bersama situs resmi Suhu Kicau yang selalu update informasi terbaru seputar dunia burung pada kesempatan kali ini yang akan dibahas tentang makanan burung kapas tembak, yang tergolong aman dan sehat dan bisa membuatnya cepat gacor, buka ekor, nembak-nebak emosi rapat. Penasaran Yuk simak terus info selengkapnya dibawah ini :

Berbagai Macam Pakan Yang Baik Untuk Kapas Tembak

Tidak hanya dijadikan sebagai burung kontes dilapangan, burung kapas ini pula sesuai sekali di peruntukan bagaikan burung piaraan, sebab suara kicauannya yang kilat serta rapat. Beberapa celoteh mania telah memakainya bagaikan masteran andalan semacam murai batu, kacer serta cucak ijo.

Gimana tidak, umumnya burung yang kerap dilombakan merupakan burung tipe ini, suara kicauan burung ini dapat membuat lawannya merasa terintimindasi.

Sebab tidak hanya mempunyai suara yang baik, penampilan burung ini pula amat bagus. Dengan karakteristik khasnya burung ini nampak kuat didalam kejuaraan.

Burung Kapas Bertembakan pula mempunyai karakter yang amat cakap, burung ini amat gampang buat menyesuaikan diri dengan area tempat tinggal maupun burung tipe yang lain. Buat itu, penggemar burung celoteh tentu amat suka merawat tipe burung celoteh yang satu ini. Tetapi buat membuat suara Burung Kapas Bertembakan kamu supaya kilat gacor hendaknya diserahkan santapan yang segar serta banyak memiliki nutrisi dan protein yang cukup pastinya.

burung-kapas-tembak-gacor

Voer

Berikanlah voer yang sangat disukai oleh burung kapas tembak, biasanya para hobiis cocok menggunakan merk topsong kuning (cokelat) yang sangat seimbang kandungan mineral dan nutrisi yang terdapat di voer tersebut. Akan tetapi tidak masalah jika burung kapas tembak kalian menyukai jenis voer merk yang lainnya asalkan cocok, dan kotoran si burung tidak mencret.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Sirtu, Habitat, Makanan, Harga, Suara

Pemberian voer wajib disediakan setiap harinya di dalam kandang, jika lebih baiknya selama 2 – 3 hari sekali ganti voer dengan yang masih baru di wadah cepuknya. Karena jika kondisi voer yang sudah berlama-lama di dalam kandang sudah kurang baik dan tidak segar lagi untuk di konsumsi si burung.

Jangkrik

Jangkrik banyak sekali mengandung vitamin hewani yang mengandung protein baik, untuk membantu pertumbuhan burung, berikan porsi sesuai dengan takaran yang tepat. Misalnya pada pagi hari diberikan 2 ekor saja.

Dan diwaktu sore harinya cukup 1 ekor saja, namun ingat, dalam memberikan jangkrik kepada burung ini, sebaiknya kakinya harus dibuang terlebih dahulu, agar tidak tersedak ketika mengkonsumsinya.

Kondisi jangkrik juga harus sehat, dan diberikan pakan terlebih dahulu seperti, daun-daunan ataupun sayur-sayuran segar seperti daun singkong, kol, wortel, kangkung, cabe, kunyit atau jahe, boleh juga diberikan jagung muda yang manis. Tujuan pemberian pakan ke jangkrik ini agar tubuh jangkrik tidak kepet atau kempes, dan berisi dengan apa yang dia pakan, dan hal kondisi jangkrik inilah yang dinamakan berkualitas dan baik sekali diberikan kepada jenis burung kicau pemakan serangga apapun, khususnya untuk jenis kapas tembak ini.

Kroto

Untuk kroto jangan terlalu sering diberikan, cukup satu minggu sekali saja dengan takaran 1 sendok makan, kondisi kroto juga harus dalam keadaan bersih, jangan sampai kotoran-kotran seperti batu, ranting-ranting ataupun semut yang kotor langsung diberikan kepada burung kesayangan kalian.

Yang dikhawatirkan akan berdampak negatif dan banyak efek sampingnya, namun jika kroto ini sudah dibersihkan baru boleh diberikan kepada si burung tersebut. Pemberian kroto yang terlalu berlebih untuk burung kapas tembak ini juga tidak disarankan, karena bisa membuat bulu menjadi rontok, dan suaranya akan menjadi serak serta kotoran bisa mencret.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Pleci Agar Bukpar Dan Gacor

tips-perawatan-harian-burung-kapas-tembak

Pisang Kepok

Pisang kepok cukup diberikan seminggu 3 kali saja, misalkan di hari senin sampai rabu, sebelum diberikan kepada burung, ada baiknya cuci terlebih dahulu pisang kepok ini menggunakan air, cukup di bilas di luar kulitnya saja yang dibersihkan.

Untuk mencegah adanya bahan pestisida atau aroma karbit bekas pengeraman si pisang kepok tersebut, intinya untuk mensterilkan dan menyegarkan si buah pisang ini. Selain itu manfaat dari buah ini juga bisa meningkatkan kekebalan pada tubuh burung, dengan kadar vitamin C yang cukup tinggi mampu memenuhi sampai 45% asupan vitamin yang dibutuhkan oleh si burung, serta mampu meningkatkan metabolisme yang dapat membuat burung lebih aktif dalam berkicau setiap harinya.

Pepaya

Buah pepaya yang baik diberikan sudah tentu yang sudah matang dan rasanya manis ya. manfaat kandungan vitamin yang dimiliki oleh buah ini bisa dapat melancarkan pencernaan, dapat membantu menjaga kesehatan mata agar tidak mudah kena katarak. Serta mampu menghaluskan bulu, dan menambah imunitas di dalam tubuh.

Hebatnya lagi burung kapas bertembakan dapat dengan kilat mengikuti kicauan burung yang lain semacam cililin serta ciblek. Dengan sedemikian itu isian burung ini hendak terus menjadi banyak serta mempunyai sebagian berbagai alterasi suara yang bagus. Bila di amati dari jarak yang jauh, struktur, corak serta dimensi badan kapas bertembakan mendekati sekali dengan cucak jenggot.

Buat melainkan kedua burung itu, kita dapat mencermati dari suara kicauannya. Semacam yang telah kita jelaskan pada postingan tadinya kalau suara khas burung cucak jenggot merupakan besetannya, sebaliknya kapas tembak lebih cepat serta rapat.

Baca juga : Mengenal Ciri Burung Kapas Tembak, Makanan, Harga Dan Suara