Makanan Burung Pelatuk

Diposting pada

Makanan Burung Pelatuk – Berbicara seputar burung kicau memang tidak ada habisnya dimana jenisnya kian beragam ditambah lagi banyaknya jenis baru yang ditemukan dengan suara kicauan yang beragam pula.

Salah satunya ialah burung pelatuk, meskipun burung ini merupakan burung predator yang hidup di hutan bebas namun dengan keunikan suara kicauannya serta bentuk rupanya yang menarik peminat kicau mania untuk serta memeliharanya.

Ketika kita memutuskan untuk memelihara burung pelatuk ini tentunya kita harus bertanggung jawab untuk merawatnya dengan baik melakukan perawatan harian terbaik dan juga memberikan asupan makanan yang baik pula.

Bagi kalian pecinta burung pelatuk yang masih belum mengetahui jenis makanan apa saja yang bisa kalian berikan untuk burung kesayangan kamu dan juga apa fungsinya berikut ini penjelasan lengkapnya :

Beberapa Jenis Makanan Pelatuk Dan Fungsinya

1. Voer

Dalam perawatan harian voer menjadi pakan utama bagi burung pelatuk yang dapat memenuhi kebutuhan harian tubuhnya karena didalamnya sudah terkandung banyak nutrisi penting bagi pertumbuhan tubuhnya.

Komposisi voer biasanya mengandung protein, karbohidrat dan mineral dan komposisinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Ada beberapa jenis voer dan merek yang berbeda dipasaran.

Sehingga kalian bisa memberikan sesuai kebutuhan yang cocok buat pelatuk kesayangan anda. dan ada beberapa rekomendasi merek dan jenis dari kami yaitu : Dorodod Edan, Nanjung 105, Topsong, Gold Coin Crumble dan juga Maxx Power.

 

2. Kroto

Pasti kalian semua udah pada tau kan kroto yang merupakan telur dari semut rang-rang, kroto ini merupakan makanan alami yang memang dialam liarnya juga pelatuk memakan semut semut yang bersarang di pohon yang dipatuknya.

Baca selengkapnya :  Perawatan Burung Cililin Agar Cepat Gacor Nembak Yang Maksimal

Dalam perawatan kroto yang kita berikan harus fresh segar tidak basi, kurang lebih 2 hari supaya tahan lebih lama kalian bisa menyimpannya didalam kulkas diwadah yang dialasi daun pisang.

Pemberian kroto sebagai ekstra fooding saja tidak perlu terlalu banyak cukup 1 sendok makan perharinya karena kalau terlalu banyak dikhawatirkan akan over birahi jika terlalu banyak karena dia juga memakan voer.

harga-burung-pelatuk-biasa

3. Ulat Hongkong

Ulat hongkong juga termasuk makanan tambahan, bertujuan supaya burung lebih gacor dan bisa dimasteri dengan suara kicauan burung sehingga bervariasi. Namun pemberian ulat hongkong juga harus sesuai takaran.

Diberikan 2 sampai 3 kali seminggu cukup 3 sampai 5 ekor setiap pemberian atau sesuai dengan kondisi kebutuhan tubuh si burung juga ya kicau mania. Ulat hongkong banyak dijual di kios burung.

Didalam voer juga sebenarnya sudah ada campuran dari ulat hongkong namun tentunya konsentrasinya hanya sedikit karena juga dicampur dengan bahan-bahan lain.

harga-burung-pelatuk

4. Jangkrik

Jangkrik juga merupakan makanan ekstra tetapi pemberian jangkrik biasanya diberikan setiap hari, dalam sehari burung pelatuk sebaiknya maksimal memakan 5 ekor jangkrik saja.

Sebelum memberikan ke burung sebaiknya kalian membuang bagian keras yang susah dicerna seperti kaki, kepala dan sayapnya karena dikhawatirkan akan merusak organ tubuh lain didalamnya.

jangkrik

Perawatan Harian Simpel Untuk Pemula

Bagi kalian yang baru saja akan memelihara dan merawat burung jenis pelatuk ini tentu tidak mudah karena memang dia sedikit berbeda dari beberapa burung kicau yang umum dipelihara.

Meskipun tahapannya hampir sama namun ada sedikit perbedaan dari kandangnya jenis makanannya dan cara memandikannya juga nah berikut ini tips perawatan pelatuk untuk pemula.

1. Pengembunan yang harus dilakukan setiap pukul 5.30 pagi yang bertujuan supaya dia mendapatkan udara segar karena pada jam segutu oksigen masih bersih dan juga akan memancingnya untuk bersahutan dengan burung lain.

Baca selengkapnya :  7 Cara Merawat Kakatua Yang Tepat Agar Selalu Sehat

2. Mandikan burung sehabis di embun dan diberi ef mandikan dengan memasukannya ke keramba mandi jika dia tidak mau mandi sendiri bisa kalian semprot dengan sprayer setingan sedang.

3. Jemur Burung dibawah sinar matahari pagi karena banyak manfaatnya, jangan terlalu lama maksimal 30 menit saja setiap harinya kalau terlalu lama dikhawatirkan dia kepanasan.

4. Bersihkan kandang secara rutin setiap hari untuk karena bakteri kotorannya dan sisa makanannya akan menyebabkan penyakit sehingga harus bersih selain itu dia juga akan nyaman di kandang yang bersih.

5. Setelah dikemur gantung burung di teras sambil dimasteri dengan isian kicauan burung yang gacor.

6. Kandang burung pelatuk tentunya berbeda dengan burung lain, kandangnya harus yang berbahan besi jangan yang kayu pasti akan patah dipatuk

Di dalam kandangnya harus diletakkan kayu sehingga dia bisa mematuk kayu.

7. Istirahatkan burung pelatuk di sore hari ditempat yang tenang tidak perlu di tutup kerodong tapi kalau mau ditutup juga boleh.

Itulah tadi kami sajikan tentang beberapa jenis makanan burung pelatuk yang bisa kalian berikan dan juga fungsinga sehingga kamu tidak sembarangan memberikan makanan.

Semoga informasi ini bermanfaat buat kita semua kicau mania dan terimakasih sudah selalu setia membaca artikel – artikel dari kami.

baca juga : download suara burung pelatuk bawang durasi panjang mp3

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari