Makanan Yang Bagus Untuk Burung Trucukan

Diposting pada

makanan burung trucukan – assalamualaikum wr, wb masih berjumpa lagi bersama kami website suhukicau.com yang selalu setia memberikan info-info terupdate seputar dunia burung kicauan, nah dikesempatan kali ini kita akan membahas seputar makanan burung trucukan agar cepat gacor, khusus bagi para pemula yang baru saja belajar memelihara burung terutama jenis burung terucuk ini ya, tentu kalian membutuhkan informasi ini.

Dari zaman dahulu hingga sekarang ini jenis trucukan sangatlah banyak digemari oleh para kalangan kicau mania, jika burung ini sudah gacor dor dan memiliki suara khas ropelannya yang panjang tentu akan membuat bangga si pemiliknya ya, karena membuat burung trucuk agar bisa gacor dan ngeropel bukanlah hal yang mudah, perlu konsisten, dan kesebaran dalam merawat hariannya ya. Jadi ya wajar-wajar saja menurut saya jika kalian sebagai perawat yang baik bisa berbangga hati memiliki burung kesayangan yang sehat dan rajin berkicau setiap hari.

Oke kita lanjut ke pokok pembahasannya ya, tanpa banyak basa-basi lagi silahkan kalian simak artikel makanan favorit burung trucukan selengkapnya dibawah ini :

Makanan Kesukaan Burung Trucukan


Untuk jenis makanan burung trucukan di alam liar biasanya itu buah-buahan dan serangga-serangga yang berdimensi kecil ya, seperti telur semut atau sering dibilang kroto, jangkrik, ulat daun pisang / bambu, cacing tanah, dll.

Namun untuk buah yang paling digemarinya adalah pepaya yang sudah matang ya, untuk pisang juga terkadang burung ini mau juga, khususnya pisang kepok. Dan tidak hanya itu saja ya jenis pakan voer juga tentu sangat baik jika dikonsumsi setiap hari bagi trucuk.

Baca selengkapnya :  Cara Melatih Burung Beo Agar Cepat Berbicara

cara-agar-suara-burung-trucukan-keras

Pemberian Voer Yang Sangat Disukainya

Langkah yang pertama adalah setel trucuk dengan pakan voer kesukaannya misal pilih beberapa merek yang banyak dijual dipasarannya ya, lalu coba berikan pada trucukan, dan amati dari kotorannya, jika sedikit atau sama sekali tidak disentuh, berarti burung trucuk tersebut tidak doyan ya, nah kalian bisa menggantinya dengan jenis merk lainnya,

Saya biasanya memberikannya voer topsong untuk trucukan yang berusia diatas 1 tahun ya, atau tidak masalah jika burung yang baru didapat dari hasil tangkapan liar atau membelinya di omboyokan, langsung saja untuk mengajarinya perlahan-lahan untuk mau memakan voer ya.

Pemandian Yang Tepat

Terus langkah yang kedua membiasakan trucukan dimandikan seminggu sekali, dan itu waktu Terserah sesempatnya kalian ya, Bisa Pagi siang hari tergantung pemiliknya.

Tentu ya jika semakin sering dan rutin memandikan burung maka semakin bagus untuk kesehatan burung tersebut, karena burung trucukan ini adalah burung yang senang dengan mandi yang teman-teman.

Jaga Selalu Kebersihan

yang ketiga adalah kalian harus menjaga kebersihan selalu ya agar terhindar dari bibit penyakit yang bisa membuat si trucuk ini malas bunyi, selain membersihkan kotoran yang ada di kandangnya kalian juga harus sering-sering mengganti cepuk wadah minumnya teman-teman, minimal pagi dan sore hari (1 hari 2 kali) air minum nya diganti dengan yang masih fresh (baru).

Pemberian Pakan Buah Yg Bervariasi

Asupan pakan tambahan seperti buah ini sangatlah baik bagi burung trucuk ini ya temen-temen, namun cara pemberiannya bisa kalian acak dan variasikan saja setiap harinya ya.

Misalnya dalam memberikan dua macam buah misal Senin sampai Rabu Ya beli pisang, terus kami sampai Minggu beli pepaya minggu kemudian bisa berselang-seling mempersembahkan buah tomat, apel gambas jambu klutuk dan sebagainya.

Baca selengkapnya :  Mengenali Perbedaan Ciri Kenari Lokal, Loper, AF

makanan-burung-trucukan-di-alam-liar

Catatan disini : “hal penting yang harus kalian ingat ya jangan pernah sesekali kalian memberikan buah semangka untuk trucukan ya”.

Setelan Pakan Tambahan EF (Serangga)

Terus yang kelima pengaturan ekstra fooding ya temen-temen, yang diberikan secara rutin 2 ekor jangkrik dan 3 ekor ulat Hongkong pada hari, lalu pada waktu sore Beri satu ekor jangkrik serta 2 ekor ulat Hongkong lagi.

Dan itu sebagai contoh perbandingan saja ya, dan di usahakan ketika memberikan ulat Hongkong ini yang berwarna putih atau yg baru saja berganti kulit ya. Dan dalam seminggu 1 kali Anda dapat memberikan kroto segar 1 sendok teh sebagai pelengkap asupan nutrisi ya teman-teman.

Kondisikan Trucukan Ditempat Yg Nyaman

Lalu yang ke-6 adalah maksimalkan dan buat rujukan nyaman dan berkicau tenang, dengan selalu menggantang di ketinggian kurang lebih 2 m dari lantai temen-temen. Ingat jangan terlalu pendek tempatkan karena biasanya untuk burung trucuk ini agar tidak mudah terganggu ya temen-temen.

Lalu cara agar suara burung trucukan keras, dan menambah volume biar terucukan bersuara lantang harian yang diberikan madu teman-teman kalian bisa Pakai madu rasa atau madu TJ, madu alami yang selalu tersedia dalam cukup kecil atau kalian bisa mengoleskan pada buah-buahan seperti pisang ya teman-teman.

baca juga artikel lainnya : mitos burung trucukan

Demikianlah pembahasan kali ini makanan burung trucukan hariannya ya agar si trucuk rajin bunyi dan bersuara lantang, kalian bisa coba ikuti langkah ini untuk membuat trucukan Anda semakin hari semakin gacor ya teman-teman, semoga dapat bermanfaat ya. Salam trucuk mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari