Makanan Burung Murai Irian

Diposting pada
Rate this post

Makanan Murai Irian – Halo sahabat kicau mania masih bersama kami yang kali ini akan berbagi informasi penting bagi kalian yang memiliki hobi memelihara burung kicau yaitu tentang murai irian.

Memang bagi sebagian orang terasa asing, kalau biasanya yang populer ialah murai batu yang berasal dari Pulau Sumatra seperti Murai Nias, Murai Batu Medan, Murai Lampung dan ini berasal dari ujung Indonesia.

Sama halnya dnegan jenis murai lain dia memiliki ekor yang panjang dan berukuran tubuh sedang, dengan suara merdu bervolume nyaring sehingga dilirik para penghobi kicau sebagai burung masteran.

Karena dia memang belum menjadi salah satu yang dilombakan. Yang paling mencolok dan yang membedakan dari murai lain ialah warna bulunya yang hitam keseluruhan mulai dari wajah sampai ke ekor bahkan paruh dan kakinya juga hitam.

Populasinya di alam bebas di papua cukup terjaga sehingga masih banyak karena memang disana terkenal dengan alamnya yang masih sangat alami cocok ditempati untuk satwa-satwa dan juga orang papua

jarang sekali memelihara burung murai irian ini jadi hanya dibiarkan saja hidup dialam bebas. Dan di daerah lain juga kalian bisa menemukannya dengan mudah meskipun tidak dalam jumlah besar.

Dari pada kalian semakin penasaran dengan jenis unggas yang satu ini langsung saja kita akan memberikan Tips merawat dan juga Jenis Makanan kesukaannya. Baca sampai habis ya artikelnya.

mitos-murai-papua

Makanan Kesukaan Burung Murai Irian dan Tips Merawatnya


Beberapa Jenis Makanan Murai Irian

Di alam bebas dia merupakan unggas pemakan serangga mulai yang kecil sampai ukuran yang agak besar. Jangkrik merupakan makanan kesukaannya ketika dalam perawatan harian kita dia juga bisa kita

Baca selengkapnya :  Jenis Makanan Kesukaan Burung Hantu Yang Wajib Diberikan

latih untuk makan voer sebagai asupan makanan hariannya. Namun dengan paruhnya yang tebal dan kokoh dia mampu memakan kumbang yang bertubuh keras dan juga mampu menghancurkan kulit kerang, sangat kuat sekali ya sahabat.

Selain itu berbeda dengan murai lain, murai irian ini juga menyukai buah dan hebatnya dengan paruhnya dia bisa mengupas buah yang berkulit tebal seperti mangga, apel bahkan pisang.

Sehingga kalau kalian memutuskan untuk merawat burung ini kalian bisa mengkombinasikan makanannya mulai dari voer sebagai menu utama, dan ef nya jangkrik, ulat hongkong, ulat kandang dan kroto.

Serta untuk tambahan dan pelengkap asupan vitaminnya berikan buah-buahan segar itu juga bermanfaat untuk membuat bulu-bulunya menjadi semakin berkilau tentunya karena kandungan anti oksidannya.

Tips Perawatan Hariannya

Kalian bisa memulainya dengan mengembun supaya dia terpancing untuk berkicau dan melatih kenyaringan volume suaranya, setelah di embun berikan dia ef berupa jangkrik 3 ekor dan selanjutnya mandikan burung.

Untuk memandikannya sebenarnya tidak sulit kalian tinggal memasukannya kedalam keramba maka dia akan mandi sendiri karena burung ini termasuk yang sangat menyukai mandi sehingga kalian tak perlu repot memancingnya dulu.

selanjutnya sambil dia mandi di keramba kalian bisa membersihkan kandang nya dari kotoran dan sisa makanannya, selain itu juga cuci cepuk makanan dan minumannya supaya tetap terjaga kualitas makanan yang akan kita berikan nantinya.

murai-papua-jantan-dan-betina

ganti makanan atau voer serta air minum setiap hari, Kalau biasanya burung mandinya tidak lama, untuk murai irian ini biarkan dia mandi agak lama setidaknya 1 jam lebih setelah itu masukan ke kandangnya

dan jemur dibawah sinar matahari. penjemuran untuk murai irian juga boleh dilakukan selama 1 jam lebih mengingat tubuhnya cukup besar sehingga memerlukan waktu untuk mengeringkan bulu-bulunya.

Baca selengkapnya :  Ciri Ciri Burung Lovebird Yang Bisa Ngekek Panjang

Setelah dijemur gantung dia ditempat yang lebih adem sambil dimasteri dengan suara kicauan burung yang sudah gacor. dan pada waktu petang kalian bisa mengkrodong kandangnya supaya dia beristirahat dan kembali dimaster.

Itulah tadi informasi seputar makanan murai irian semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua dan kami ucapkan banyak-banyak terimakasih ke kalian semua yang selalu setia membaca artikel suhukicau.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari