Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh – Hai guys kebiasaan meminum kopi saat ini semakin marak bahkan hampir di semua kalangan. Kopi tidak hanya mampu meningkatkan energi Anda. Beberapa cangkir kopi setiap hari juga dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan depresi, mendukung pengelolaan berat badan, dan membantu Anda menjalani hidup lebih lama.

Ingatlah bahwa para ahli merekomendasikan untuk membatasi kafein jika Anda sedang hamil atau menyusui. Kopi adalah minuman favorit yang dikenal karena kemampuannya untuk menyempurnakan fokus dan meningkatkan tingkat energi Anda.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Faktanya, banyak orang bergantung pada secangkir kopi harian mereka tepat ketika mereka bangun untuk memulai hari mereka dengan baik.

Selain efeknya yang memberi energi, kopi telah dikaitkan dengan daftar panjang potensi manfaat kesehatan, sehingga memberi Anda lebih banyak alasan untuk menyeduhnya.

Inilah 5 manfaat utama kopi berdasarkan bukti

1. Meningkatkan tingkat energi

Kopi mengandung kafein, yang merupakan stimulan sistem saraf pusat yang dikenal karena kemampuannya melawan kelelahan dan meningkatkan tingkat energi.

Ini karena kafein memblokir reseptor neurotransmitter yang disebut adenosin, hal ini dapat meningkatkan kadar neurotransmiter lain di otak Anda yang mengatur tingkat energi Anda, termasuk dopamin.

Satu penelitian kecil menemukan bahwa mengonsumsi kafein meningkatkan waktu kelelahan selama latihan bersepeda sebesar 12% dan secara signifikan mengurangi tingkat kelelahan subjektif pada peserta.

Studi lain memiliki temuan serupa, melaporkan bahwa mengonsumsi kafein sebelum dan selama bermain golf meningkatkan kinerja, meningkatkan tingkat energi subjektif, dan mengurangi perasaan lelah.

2. Mungkin terkait dengan penurunan risiko diabetes tipe 2

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko terkena diabetes tipe 2 dalam jangka panjang.

Faktanya, satu tinjauan terhadap 30 penelitian menemukan bahwa setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang setiap hari dikaitkan dengan risiko 6% lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Hal ini diduga karena kemampuan kopi dalam menjaga fungsi sel beta di pankreas, yang bertanggung jawab memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula darah.

Selain itu, ia kaya akan antioksidan dan dapat memengaruhi sensitivitas insulin, peradangan, dan metabolisme – yang semuanya terlibat dalam perkembangan diabetes tipe 2.

3. Dapat menunjang kesehatan otak

menunjang kesehatan

Meskipun penelitian menunjukkan hasil yang beragam, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu melindungi terhadap gangguan neurodegeneratif tertentu, termasuk penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Menurut sebuah ulasan dari 13 penelitian, orang yang rutin mengonsumsi kafein memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Parkinson. Terlebih lagi, konsumsi kafein juga memperlambat perkembangan penyakit Parkinson dari waktu ke waktu.

Tinjauan lain terhadap 11 studi observasional pada lebih dari 29.000 orang juga menemukan bahwa semakin banyak orang yang mengonsumsi kopi, semakin rendah risiko penyakit Alzheimer.

Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat dikaitkan dengan penurunan risiko demensia dan penurunan kognitif.

4. Dapat meningkatkan pengelolaan berat badan

Menurut beberapa penelitian, kopi dapat mengubah penyimpanan lemak dan mendukung kesehatan usus, yang keduanya bermanfaat untuk pengelolaan berat badan.

Misalnya, sebuah tinjauan terhadap 12 penelitian menyimpulkan bahwa konsumsi kopi yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan penurunan lemak tubuh, terutama pada pria. Dalam penelitian lain, peningkatan asupan kopi dikaitkan dengan penurunan lemak tubuh pada wanita.

Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang minum satu hingga dua cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan 17% lebih besar untuk memenuhi tingkat aktivitas fisik yang disarankan, dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari satu cangkir per hari. Tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi dapat membantu meningkatkan pengelolaan berat badan.

5. Terkait dengan penurunan risiko depresi

Beberapa penelitian menemukan bahwa minum kopi dapat dikaitkan dengan penurunan risiko depresi. Menurut sebuah ulasan dari tujuh penelitian, setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang setiap hari dikaitkan dengan risiko depresi 8% lebih rendah.

Studi lain menemukan bahwa minum setidaknya empat cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko depresi yang jauh lebih rendah, dibandingkan dengan minum hanya satu cangkir per hari.

Terlebih lagi, sebuah penelitian terhadap lebih dari 200.000 orang menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat bunuh diri.

Baiklah guys itulah tadi ulasan tentang manfaat kopi bagi tubuh kita, meskipun demikian tidak dianjurkan meminum kopi dalam jumlah yang berlebihan karena akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh juga. Semoga artikel ini bermanfaat terimakasih banyak sudah membaca sampai jumpa pada artikel bermanfaat lainnya.

Related Posts
Cara Memilih Warna Cat Rumah yang Akan Meningkatkan Nilai Jual Properti Anda
Cara Memilih Warna Cat Rumah

Tips dalam memilih warna cat rumah agar menghasilkan tampilan yang menarik dan harmonis dengan lingkungan sekitarnya. Mencat rumah adalah salah Read more

Mengenal Ikan Sumatra Yang Paling Unik
Mengenal Ikan Sumatra Yang Paling Unik

Mengenal Ikan Sumatra Yang Paling Unik - Memelihara ikan hias menjadi kepuasan tersendiri bagi si pemilik. Selain sebagai hobi, dengan Read more