Cara Merawat Murai Batu Bordan Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Murai batu merupakan salah satu jenis burung kicau yang membuat para pecinta burung terpesona dengan perawakan dan juga suranya yang indah. Murai Batu Bordan sendiri adalah salah satu spesies dari murai batu yang merupakan hasil persilangan dari murai bordan borneo dan medan.

Burung satu ini dikenal dengan kepiawaiannya dalam menirukan kicauan burung lain dan juga identik dengan ekor panjangnya.

Burng ini sangat banyak dicari di Indonesia, hargaya pun juga tidak terlalu mahal. Tetapi jika burung satu ini sudah gacor dan menjuarai perlombaan, burung ini memiliki harga jutaan atau bahkan puluhan juta.

Untuk mendapatkan burung murai batu yang gacor juga tidak bisa didapatkan secara cepat dan mudah, harus dilatih dan dirawat dengan baik. Penasaran bagaimana cara merawatnya? Yuk cari informasinya berikut ini.

Trik mudah mengurus burung murai batu borneo medan (BORDAN)


Asupan Makanan

Sebagai orang yang memelihara burung murai batu bordan, kamu harus memastikan asupan makanan yang kamu berikan berkualitas, porsinya cukup, dan juga pemberian yang teapt waktu. Jenis makanan yang harus diberikan adalah voer. Dimana voer ini mengandung protein dan juga nutrisi yang sangat diperlukan bagi seekor burung.

Pastikan juga kamu memberikan pakan yang cukup dan tidak berlebihan karena hal tersebut bisa mengakibatkan birahinya meningkat dan membuat burung murai bordan menjadi malas membuka paruh dan malas berkicau.

gambar-murai-bordan

Jika hal ini sudah terlanjur terjadi, kamu bisa mengganti pakan yang dapat menetralisir birahi burung seperti ulat atau serrangga kecil lainnya. Disarankan memberikan pakan yang bervariasai setiap harinya agar murai tidak mudah bosan dengan makanannya.

Baca selengkapnya :  Rahasia Mencetak Murai Batu Juara Latber, Latpres Dan Kontes

Jangan lupa juga untuk memperhatikan jenis pakannya karena ada beberapa jenis pakan yang memang tidak cocok untuk murai batu seperti kroto dan juga ulat hongkong. Kroto sendiri bisa menyebabkan suhu tubuh meningkat dan berdampak pada meningkatnya birahi burung murai batu.

Sedangkan pemberian ulat hongkong yang berlebihan juga dapa mengakibatkan timbulnya penyakit mata pada murai batu bordan.

Memperhatikan Kebersihan Burung dan Juga Sangkar

Kamu harus memandikan buurng murai batu satu ini minimal sekali dalam sehari danjangan sampai terlewat. Setelah dimandikan, jangan lupa untuk menjemurnya selama 1 jam setiap ahrinya.

Jangan lupa juga untuk melakukan pengembunan di pagi hari sebelum dimandikan. Usahakan juga saat proses penjemuran, kamu tidak memperlihatkan burung ini dengan burung murai lainnya.

Selain kebersihan burung, kebersihan sangkar juga harus diperhatikan. Kamu tidak harus selalu membersihkannya. Kamu hanya perlu mengecek apakah sangkar yang kamu jadikan tempat tinggalnya sudah mulai kotor atau tidak.

Jika sudah mulai kotor, kamu harus membersihkannya. Selain itu, kamu juga ahrus mengganti minumnya setiap hari di saat sore sebelum melakukan pemasteran.

perawatan-murai-bordan

Pemasteran Burung Murai

Agar burung cepat gacor, pastilah harus dilatih atau dimasterkan. Kamu bisa melatihnya dengan pemasteran suara burung lainnya seperti prenjak, tengkek, cicilin agar variasai suara yang dikeluarkan oleh murai akan lebih banyak.

Kamu bisa mendapatkan suara burung lainnya yang sudah gacor melalui internet. Waktu yang disarankan untuk memasterkan burung murai batu bordan adalah sekitar jam 12 siang sampai jam 3 sore setiap harinya. Setelah itu langsung diistirahatkan.

Dalam melatih dan merawat jenis burung kicau agar cepat gacor, kamu juga harus mengenali dan memahami karakter dari burung yang kamu pelihara. Kamu juga harus memperhatikan apa saja yang disukai dan tidak disukai.

Baca selengkapnya :  Ciri Ciri Murai Batu Medan (Harga Dan Suara)

Hal ini harus dipahami agar burung merasa bahagia dan akan lebih mudah melatihnya. Selain itu, hindarkan burung murai dari tempat yang ramai dan bisisng agar burung bisa lebih tenang dan rileks.