murai-batu-juara

Rahasia Mencetak Murai Batu Juara Latber, Latpres Dan Kontes

Assalamualaikum wr wb, jumpa lagi bersama kami disini di situs resmi SuhuKicau.Com yang selalu update berita seputar dunia perburungan kicau di indonesia, kembali ke tema yang akan dibahas kali ini tentang burung murai batu juara, yang diamana dari para pemain dan hobiis murai batu tentunya memiliki harapan dan tujuan yang sama, bagaimana cara mencetak burung gacoannya menjadi pemenang kontes ataupun kompetensi seperti latber, latpres maupun lomba besar sekalipun seperti (KONTES).

Tips mudah agar murai batu meraih menang di arena


Maksimalkan Pola Rawatan Burung Murai Batu

Untuk cara merawat burung yang ingin dijadikan sebagai calon juara yang akan dilatih dan dicetak menjadi burung yang bermental baik dilapangan tentunya berbeda perawatan yang diberikan dengan murai batu rumahan yang hanya sebagai bunyi-bunyian dirumah saja.

Dengan memaksimalkan perawatan harian pada umumnya sudah layak diberikan kepada murai batu kesayangan anda, seperti mandi, jemur, kebersihan sangkar serta pelatihan di kandang umbaran untuk fisik dan stamina adalah menjadi hal yang wajib dilakukan setiap harinya.

Tidak itu saja, Perawatan Mabung Tepat juga sangat mempengaruhi pada penampilan dan performa burung tersebut setelah pasca mabung nantinya.

maksimalkan-perawatan-murai-batu

Pemberian Voer Yang Berkualitas

Dalam memberikan voer yang baik dan memiliki kualitas tentunya sangat dianjurkan bagi setiap burung kicau apapun jenisnya khususnya untuk murai batu anda, namun semuanya disesuaikan dengan kesukaan si burung murai tersebut.

Jangan anda terlalu memaksakan memberikan voer yang berprotein tinggi jika siburung tersebut tidak suka dan yang dikhawatirkan akan menimbulkan dampak negatif dikemudian harinya, berikan voer yang memiliki kandungan yang standarnya saja untuk melengkapi asupan vitamin dan mineralnya.

Baca selengkapnya :  Tips Mencetak Murai Batu Albino Bukan Hanya Kebetulan

Pemberian Pakan Extra Fooding Berkualitas

Disini akan kita bahas 2 pakan tambahan yang sering digunakan sebagai pelengkap memenuhi syarat yang aman dalam mendongkrak emosi dan birahi burung murai seperti jangkrik dan kroto ya :

Perawatan untuk pakan tambahan seperti jangkrik memang terdengar sepele, akan tetapi hal seperti ini sudah biasa dilakukan oleh para suhu kicau profesional yang sudah banyak mencetak prestasi murai batunya menjadi juara kotes.

Dengan menerapkan konsep yang sangat dasar untuk memberikan pakan yang berkualitas untuk burung calon juara gacoan anda sangatlah penting, dengan cara ini salah satu bentuk perlakuan yang diberikan kepada burung gacaon anda secara istimewa tentunya. Jika si jago ini sudah di istimewakan tinggal tunggu saja balas budi yang diberikannya nanti.

Dengan cara memperhatikan dan tidak sembarangan dalam memberikan pakan apapun khususnya untuk extra fooding yang diberikan setiap harinya khususnya untuk jangkrik.

Jika temen-temen baru membeli jangkrik di kios burung, sebaiknya jangan langsung diberikan kepada murai batu, dan jangkrik tersebut harus di rawat terlebih dahulu dari pemberian pakan yang baik seperti jagung manis muda, sawi hijau, daun singkong, singkong rebus, daun cabe. Biarkan selama 2 sampai 3 hari agar si jangkrik tersebut mengkonsumsi pakan yang sudah disediakan di wadah khusus penyimpanannya.

Cara pemberian jangkrik yang tepat, pilihlah jangkrik yang lincah dan perutnya yang sudah berisi gemuk serta kaki-kakinya harus dibuang, sisakan badan dan kepalanya saja dengan kondisi jangkrik masih dalam kondisi yang hidup, jangan memberikan jangkrik dalam kondisi mati.

Jika anda memaksakan dalam pemberian jangkrik yang sudah mati ini bisa menyebabkan penyakit untuk burung murai batu anda tentunya.

Intinya beirkan jankrik yang sehat kepada burung murai batu anda. Yang bertujuan dan pasti berdampak positif dan sangat baik jika dikonsumsi dengan tepat dengan takaran dan porsi yang pas sesuai karakter dan kebutuhan asupan yang dibutuhkan oleh si burung murai tersebut.

Baca selengkapnya :  Cara Membedakan Cucak Jenggot Medan Dengan Kapas Tembak

Untuk pemberian keroto juga harus diperhatikan kesegarannya yang masih fresh dan tidak asal-asalan dalam menyajikannya, Sebelum memberikan kepada burung murai batu keroto ini harus dibersihkan terlebih dahulu kotoran-kotorannya serta semut-semut yang sudah mati di pisahkan.

Yang bagusnya hanya diberikan telur semutnya saja dalam kondisi yang masih segar ya temen-temen, jangan sekali-kali memberikan keroto yang sudah basi atau bau, yang ditakuti burung bisa terkena diare mencret, berak encer keputihan.

Kesiapan Burung Murai Batu

Jika point-point diatas sudah dilakukan dengan benar, maka selanjutnya analisa hasil dan perkembangan siburung tersebut, yang dimana setiap jenis murai batu apapun pasti memiliki sifat petarung dan kebanyakan gacor setiap harinya dirumah.

Walaupun gacor dirumahan akan tetapi belum tentu si burung siap untuk dibawa kelapangan. Setidaknya anda harus memiliki insting kepada burung rawatan anda sendiri dengan ini anda pasti dengan mudah mengetahui kesiapan atau tidaknya burung murai batu jika diturunkan kelapangan dalam waktu yang tepat.

Jangan terlalu memaksakan dan mementingkan ego untuk bisa hadir dilapangan gantangan dengan membawa burung murai batu anda yang belum siap untuk ditrek atau dikonteskan, karena bukannya baik akan berdampak buruk nantinya.

gambar-burung-murai-umbaran

Setingan Yang Tepat Menjelang Kontes

Tujuan anda dalam menyeting burung murai batu ini adalah mencari titik birahi yang pas agar dapat tampil dan kerja dengan baik dilapangan. Dengan menaikan emosi dan birahi burung dengan takaran masing-masing yang disesuaikan dengan burung murai batu anda.

Maka dari itu saya disini tidak menjelaskan secara rinci bagaimana cara takaran pakan EF, dan lainnya. Kenapa ?. Karena setiap karakter burung murai berbeda-beda, agar nantinya anda tidak gagal paham, carilah setingan dan sesuaikan sendiri dengan pola rawatan yang anda berikan.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Jalak Suren

Karena untuk mencari setingan yang tepat untuk burung murai batu anda masing-masing memang butuh proses lama untuk anda menganalisanya, dari berbagai pengalaman yang anda dapat, dan anda bisa mengambil pelajaran yang didapat dengan merawat burung gacoan anda.

Jangan terlalu fokus memperhatikan setingan lawan, pesaing anda atau mengikuti gaya setingan burung lain yang sudah pernah menjadi juara, karena setingan ini diseuaikan masalah insting pemilik dengan burung rawatan yang di jagokannya harus paham terlebih dahulu.

Baca juga artikel terkait seputar : Perawatan Murai Batu Trotol Yang Baik Dan Benar

Intinya anda sudah mengetahui karakter si burung tersebut sudah pasti mengetahui setingan yang tepat untuk burung itu sendiri. Demikian informasi yang semoga dapat menambah wawasan baru dan pengalaman bagi temen-temen murai batu mania semua, semoga bermanfaat.