perawatan-burung-branjangan

Tips Perawatan Burung Branjangan Agar Cepat Gacor

Apa kabar sobat kicau semua, masih bersama website resmi Suhu Kicau yang dimana pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang perawatan burung branjangan agar rajin berkicau setiap harinya, memang sangat jarang ditemui karena habitat dialam liarnya hampir punah karena perburuan dan jarang orang yang bisa membudidayakan jenis burung ini.

Ada dua jenis yang sering dikenal pada umumnya, yaitu branjangan parva (NTB) dan javanica (JAWA), bagus manakah diantara kedua jenis burung branjangan tersebut ?.

Jika dilihat dari bentuk fisik sekilas memang terlihat hampir sama dan mirip sekali, namun untuk kualitas bagus mana semua dikembalikan lagi kepada anda sebagai pemilik yang merawat burung tersebut, jika rawatan yang anda berikan tepat dan baik untuk jenis burung branjangan apapun pasti akan cepat gacor pastinya. Penasaran dengan pola rawatan yang baik untuk burung branjangan ini ?. Yuk simak pemaran lengkapnya dibawah ini :

branjangan-parva

Trik mudah merawat burung branjangan agar rajin berkicau


Pemilihan burung propekan jantan

Hal yang paling mendasar dan utama dalam menentukan burung yang baik, dan mudah untuk dirawat, saat anda memilih kriteria burung tersebut ini adalah faktor penting dalam hal memilih burung branjangan yang prospek dan memiliki kualitas bagus, serta burung yang anda pilih haruslah berjenis kelamin jantan.

Ciri burung branjangan bahan yang memiliki kualitas bagus : Pilihlah burung yang dalam keadaan sehat fisik normal dan tidak cacat, bentuk postur tubuh yang ideal tidak terlalu kecil ataupun terlalu gemuk. Kemudian pilih dan perhatikanlah burung yang memiliki nafsu makan yang baik, serta gerakan yang lincah, gesit. Pilihlah burung yang sudah mau mengeluarkan suaranya, walaupun hanya ngeriwik-riwik saja.

Baca selengkapnya :  Ciri Kenari Betina

branjangan-bahan-prospek

Pengisolasian (Adaptasi)

persiapan-sangkarSetelah anda membeli burung branjangan dipasar burung, dan ketika sudah sampai dirumah, ada baiknya burung langsung dipindahkan kedalam sangkar khusus branjangan yang sudah disiapkan sebelumnya, sangkar atau kandang burung ini memang terlihat unik dan berbeda dengan jenis burung kicauan lainnya,yang memiliki ukuran panjang keatas.

Dan biasanya di sediakan tangkringan batu karang tepat di tengahnya, namun agar lebih maksimalnya lagi sediakan pasir laut yang putih bersih yang ditaburi di dasar sangkar burung branjangan tersebut agar si burung terasa berada di alam dan tidak mudah stres.

sangkar-burung-branjanganLalu sediakan pakan harianya adalah canaryseed dan air minumnya, serta ektrafooding seperti ulat hongkong, ataupun jangkrik secukupnya agar asupan protein si burung tetap terjaga dan sehat.

Lalu burung ditempatkan ditempat yang nyaman dan aman dan jauh dari gangguan hewan pemangsa, serta aman dari tindak pencurian, karena tempat saat burung digantung tidak boleh dipindah-pindah selama 3 hari di tempat yang sama, agar si burung lebih cepat dan mudah untuk mengenali tempat beradaptasinya terlebih dahulu.

Analisa Perkembangan (Adaptasi)

Setelah 3 hari burung di isolasi di tempat adaptasinya, lihat perkembangan apabila burung sudah mau mulai ngeriwik dan nangkring diatas batu pada sangkarnya, bisa dipastikan burung sudah bisa beradaptasi dan bisa kita lakukan ke perawatan harian selanjutnya.

Penempatan Sangkar (Terapi Keramaian)

Pelatihan mental burung agar bisa terbiasa dengan hiruk pikuk kehidupan manusia, sebaiknya kandang burung bisa dipindahkan atau digantung di halaman teras depan rumah atau saat melakukan penjemuran kandang bisa diletakkan di dasar sangkar.

Membiasakan dalam memberikan terapi keramaian pada burung branjangan ini sangatlah baik dan pastinya sangat cepat untuk dapat beradaptasi dimanapun dan di tempat lingungan barunya.

Baca selengkapnya :  Cara Menjodohkan Lovebird Dengan Mudah Untuk Pemula

branjangan-javanica

Pemberian Pakan Tambahan (EF)

Dalam pemberian pakan tambahan ekstrafooding harian yang wajib diberikan adalah ulat hongkong atau ulat kandang, misalkan anda ingin membiasakan menggunakan ulat kandang, berarti harus konsisten setiap harinya si ulat kandang tersebut harus tersedia dan disajikan oleh burung branjangan ini, jika menggunakan ulat hongkong ataupun jangkrik juga sama saja, yang penting takaran atau porsi harus stabil dalam memberikan pakan hariannya.

Misalkan anda memberikan ulat kandang pagi 3 sore 2 ekor, maka harus rutin dan jangan diubah-ubah porsi dan jenis ef biasa yang sering diberikan setiap harinya.

Terapi Pengembunan

Manfaat embun untuk burung branjangan ini sangatlah bagus untuk membuatnya lebih gacor ketika pagi hari dengan menjerihkan suara dan volumenya yang akan nantinya semakin tambah nyaring dan kencang. Lakukanlah pengembuanan secara rutin setiap pagi hari untuk kesegaran dan kesehatan burung.

Mandi Dan Penjemuran

Dalam memandikan burung branjangan ini cukup disediakan saja cepuk dan wadah berukuran yang agak besar di dalam sangkarnya, saat memandikan letakkan saja sangkar di bawah jangan digantung, tidak dianjurkan untuk menyemprot burung branjangan ya, agar mendapatkan hasil yang maksimal biarkan burung mandi sendiri dan jangan terlalu dipaksakan. Jangan burung setiap hari, cukup 3 hari sekali saja.

Mendengarkan Suara Masteran

Memaster dan mendengarkan suara ocehan burung lain ataupun sejenis, merupakan hal yang wajib bagi para kicau mania, baik mengguakan suara audio mp3, mp4 ataupun menggunakan suara burung asli hidup yang sudah gacor untuk memaster burung branjangan ini agar memiliki suara yang lebih variasi dan tidak monoton. Sangat dianjurkan untuk memaster burung ini setiap harinya.

Sekian tips tentang perawatan burung branjangan yang dapat anda jadikan acuan dalam memberikan rawatan yang tepat untuk burung branjangan kesayngan anda, semoga dapat bermanfaat.

Baca selengkapnya :  Si Mungil Kolibri Ninja Menjadi Primadona

Baca juga : Mitos Burung Branjangan