perawatan-burung-cililin

Perawatan Burung Cililin Agar Cepat Gacor

perawatan burung cililin – Suara khas dari burung cililin tersebut sangat dibutuhkan bagi sebagian orang khususnya para pemain burung kicau lapangan, yang dimana dengan isian lagu burung ini jika dibawakan dengan paseh pada jenis burung ocehan lainnya, akan mendapatkan point atau nilai yang baik dimata juri. Cililin sangat baik jika dijadikan masteran burung seperti : murai batu, kacer, cucak ijo, love bird, pleci dan kolibri.

Burung cililin ini memang sangat jarang ditemui, karena habitat dialamnya sudah hampir punah dan sedikit, karena perburuan para pemikat yang terlalu sering, membuat populasi dari burung ini hampir terancam punah, otomatis harga burung cililin menjadi mahal akan tetapi dari beberapa hobiis yang berinisiatif ada juga yang mencoba dan berhasil menangkarnya. Memang tidak mudah untuk merawat burung yang satu ini, karena jika salah rawatan yang diberikan bisa menyebabkan burung bisa rentan terserang penyakit dan mati mendadak.

Penasaran bagaimana cara merawat burung cililin agar sehat dan rajin berkicau setiap harinya yang memaksimalkan suara tembakan jernih yang berkualitas agar dapat sempurna memaster burung ocehan lainnya ?. Yuk simak pemaparan selengkapnya dibawah ini :

Tips cara merawat burung cililin agar sehat dan gacor

Namun apa perbedaan cililin coklat dan hitam, untuk perbedaannya memang tidak terlalu signifikan ya, jika dilihat dari warna memang sangat jauh berbeda, akan tetapi dari segi kualitas suara pastinya memiliki kelebihan dan kekurannya masing-masing.

Untuk cililin hitam memang memiliki daya tahan tubuh dan stamina yang jauh lebih kuat dibandingkan cililin yang coklat, namun para hobiis kicau mania terkadang sering menggunakan cililin yang coklat ketimbang yang hitam kenapa ?. Karena cililin coklat ini lebih memiliki durasi kicau yang lebih jernih, tembakan lebih panjang dan sangat baik untuk memaster burung kicauan lainnya.

Baca selengkapnya :  9 Jenis Masteran Murai Batu Terbaik Yang Dinilai Juri

cililin-coklat

Cara merawatnya memang gampang-gampang susah ya temen-temen, karena karakter dari burung cililin ini tidak tahan dengan cuaca yang panas, dan juga tidak tahan dengan cuaca yang terlalu dingin. Burung ini mempunyai kebiasaan bertahan hidup di linkungan cuaca yang lembab.

Pakan yang disukai

Burung cililin di alam liar sudah pasti setiap harinya lebih menyukai pakan – pakan alami seperti : serangga kecil seperti cacing tanah, belalang, ikan-ikan kecil, jangkrik, telur semut (kroto) dan tidak terlalu menyukai voer tentunya. Akan tetapi jika kita sudah merawatnya, latihlah terus menerus sampai burung cililin ini agar terbiasa untuk memakan voer, karena kandungan voer sangat baik untuk setiap jenis burung ocehan lainnya pada umumnya.

Dalam memberikan perawatan memberikan makanan kepada burung cililin ini, apalagi yang masih bahan. Burung ini tidak tahan dengan lapar, dan jarang sekali untuk minum, berbeda dengan jenis burung ocehan lainnya, yang masih bisa bertahan hidup walaupun tidak diberikan pakan dan hanya diberikan minum saja.

Diusahakan jangan pernah telat, karena fisik dari cililin ini tidak kuat dan jika telat dalam memberikan makanan sehari-hari bisa membuat cililin mudah drop, dan bisa menyebabkan kematian.

Untuk porsi yang tepat dalam memberikan EF (Extra Fooding) pada burung cililin ini bisa pada pagi hari bisa anda berikan kurang lebih sekitar 20 ekor jangkrik yang besar-besar, dan di sore harinya bisa anda berikan dengan porsi yang sama, jadi total dalam sehari menghabiskan sekitar 40 jangkrik perhari.

Pengkrodongan

Apakah cililin harus dikerodong ?. Untuk menggunakan kerodong hanya digunakan pada petang menjelang malam hari sekitar pukul 19.00 WIB sampai ke esokan harinya sekitar sehabis adzan subuh pukul 05.30 WIB baru dibuka kembali untuk diembunkan. Jadi kesehariannya dari pagi sampai sore hari burung beraktifitas tanpa menggunakan kerodong.

Baca selengkapnya :  Rahasia Mencetak Murai Batu Juara Latber, Latpres Dan Kontes

Pemandian

Bagaimana cara memandikan burung cililin ini, untuk hariannya burung ini tidak terlalu menyukai mandi ya, jadi jangan memberikan perawatan mandi secara rutin setiap harinya, boleh memandikan dengan waktu 3 sampai 4 hari sekali saja. Baik itu dengan cara disemprto halus menggunakan spray ataupun langsung dimasukan kedalam pemandian khusus yang sudah disiapkan di keramba mandi besar. Untuk memandikannya dengan menggunakan air yang bersih, jernih dan segar ya temen-temen.

Kebersihan kandang

Bagi perawat burung cililin ini juga harus dituntut dalam hal kebersihan kandang setiap harinya, walaupun burung tidak mandi setiap hari, akan tetapi kotoran yang ada di dasar sangkar (kandang) tersebut harus selalu terkondisi dan bersih ya. Agar si burung ini mendapatkan udara yang segar (fresh) dan selalu sehat tentunya.

burung-cililin-gacor

Penjemuran

Dalam hal penjemuran juga sangat dianjurkan untuk menjemur burung ini setiap hari, agar membantu proses perkembangan tubuh, dan banyak mendapatkan vitamin D langsung dari sinar matahari pagi yang baik untuk kesehatan burung, akan tetapi harus di ingat, burung ini tidak terlalu menyukai panas. Jadi anda tidak boleh menjemurnya terlalu berlama-lama, karena dapat menyebabkan si burung dehidrasi dan bisa langsung mati. Cukup menjemur burung cililin ini dengan durasi penjuran 30 – 45 menit saja.

Multivitamin

Apakah perlu dalam memberikan multivitamin bagi burung ini, ya saya pribadi juga tidak ketinggalan untuk selalu menyediakan air minum yang dicampurkan vitamin burung kicauan agar bertujuan membuat si burung tersebut selalu terjaga daya tahan imun tubuhnya, berikan vitamin burung kicauan yang baik maksimal seminggu sekali saja.

Baca juga artikel lainnya : Download Suara Cililin Mp3 Masteran Terbaik Dengan Jeda

Sekian tips dari kami dalam memberikan perawatan burung cililin yang tepat agar dapat menjadikannya burung ini semakin gacor setiap hari. Semoga bermanfaat.