perawatan-burung-mantenan

Tips Perawatan Burung Mantenan Agar Rajin Berkicau

Halo sobat kicau mania, seperti biasa situs resmi SuhuKicau.Com kembali lagi update informasi seputar dunia burung, yang dimana pada kesempatan kali ini kami akan membahas tips perawatan burung mantenan harian yang baik untuk anda aplikasikan dengan rutin setiap harinya.

Jarang sekali ada para penangkar burung mantenan ini, karena habitat di alam liarnya pun masih sangat banyak dijumpai, kebanyakan burung mantenan yang dijual di pasaran rata-rata adalah hasil tangkapan hutan. Memang tidak mudah merawat burung tangkapan hutan yang masih liar, butuh proses dan kesabaran untuk mencapai tujuan membuat si mantenan ini menjadi gacor. Penasaran bagaimana cara merawat burung mantenan ini agar cepat mengeluarkan suara indahnya ?. Yuk simak pemaparan lengkapnya dibawah ini :

Habitat serta kebiasaan

Habitat dari burung ini ialah terletak di hutan primer ataupun inferior, hutan mangrove, tanah perkebunan serta lain- lain. Burung ini mempunyai suku bangsa yang banyak sekali dan terhambur di Asia tenggara, India, Himalaya, Cina, Indonesia serta lain- lain.

Burung sepah ataupun mantenan pula ialah burung pemangsa serangga dikala posisi di habitatnya. Jadi, saat kamu merawat burung mantenan, kamu dapat memberinya serangga serta pula melatihnya makan makanan jadi berupa voer. Burung kicauan mantenan yang pula lazim disebut burung sepah ini memanglah lumayan menarik atensi pehobi burung kicauan di Indonesia.

gambar-burung-mantenan

Mengapa begitu? karena, burung sepah dengan sebutan latin pericrocotus ini lebih kerap dijadikan masteran buat burung kicauan yang lain, ataupun hanya buat klangenan di tempat bermukim sendiri. Habitatnya yang terhambur nyaris ke seluruh Indonesia, menjadikan burung ini memiliki berbagai macam wujud serta rupanya.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Serindit Agar Cepat Gacor

Jenis Burung Mantenan

Meski populer baik, kamu wajib teliti dalam memastikan burung Mantenan yang hendak diseleksi sebab tiap- tiap tipe memiliki keahlian karakter yang berbeda. Dengan cara garis besar, terdapat 4 tipe burung Mantenan yang terdapat di pasaran ialah Mantenan kecil, Mantenan gunung, Mantenan hutan, serta Mantenan dagu kelabu. Tipe burung Mantenan kecil ialah tipe yang memanglah mempunyai badan sangat kecil diantara keempatnya. Corak bulunya diisyarati dengan corak khas oranye jelas di beberapa bagian dengan campuran gelap di area kepala.

Berikutnya, terdapat Mantenan gunung yang yang mempunyai dimensi lebih jauh dibandingkan Mantenan kecil. Cocok namanya, burung ini mempunyai habitat di gunung dengan karakteristik khas suara keras. Tidak hanya mempunyai lingkungan di gunung, burung Mantenan tipe lain pula menghuni area hutan.

burung-mantenan-bahan

Santapan Yang Disukai

Buah Fresh: Tidak hanya menyantap serangga serta larva, kukila Mantenan pula diketahui bagaikan pemangsa buah. Santapan kukila Mantenan berbentuk buah- buahan ini hendaknya diserahkan bagaikan santapan utama masing- masing harinya sebab banyak akan nutrisi serta kandungan berguna lain buat melindungi kesehatan sang burung dari paparan penyakit. Untuk jenis buahnya sendiri, kamu dapat bagikan buah- buahan yang mempunyai daging lunak semacam pepaya, pisang, serta sebagian tipe buah lain.

Larva Hongkong: Pakan pengganti berikutnya yang dapat diserahkan ialah larva hongkong. Tipe larva ini jadi pakan yang disukai oleh burung Mantenan sebab ialah pakan alaminya disaat terletak di alam. Pemberian larva hongkong dapat dicoba sebesar 5 kali dalam sepekan buat memenuhi konsumsi protein yang diperlukan. Tidak sulit mencapi pakan tipe ini sebab sudah banyak dijual di gerai pakan burung dekat.

Kroto: Pakan awal yang baik buat diserahkan ialah kroto fresh. Pakan ini mensuplai keperluan tenaga yang lumayan supaya burung terus menjadi berstamina buat menciptakan kicauan serta menolong terbentuknya cara mabung pada Mantenan yang lagi berkembang. Pola pemberian pakannya dapat diserahkan tiap hari dengan dosis tidak lebih dari 1 spatula teh saja. Perihal ini dicoba buat menjauhi berlebihan birahi dampak kelebihan kroto.

Baca selengkapnya :  12 Jenis Love Bird Warna Yang Sedang Tren Di Indonesia

Metode Mengurus Setiap hari Burung Mantenan

Dalam membagikan rawatan setiap hari yang pas buat burung mantenan ini pastinya serupa semacam burung ocehan pada umumnya, hendak namun terdapat sebagian perbandingan, serta kamu wajib mengenali jatah dosis serta makanan yang disukainya. Supaya memperoleh hasil yang maksimum dari pemeliharaan yang kamu bagikan dengan cara tidak berubah- ubah serta teliti.

burung-mantenan-gacor

Mandi Serta Jemur

Panduan pemeliharaan yang awal merupakan dengan membasuh burung. Membasuh burung mantenan ini berguna buat melindungi supaya burung senantiasa fit, melenyapkan kutu serta kuman benih penyakit yang bisa jadi mencuat. Hendaknya kamu membasuh burung mantenan ini teratur tiap hari dengan memakai penyemprot ataupun dengan air mengalir sembari dipegang serta lain semacamnya.

Mandikan burung tiap pagi pada jam 07. 00 pagi, hingga tadinya di angin- anginkan terlebih dulu buat membiasakan temperatur badan burung dengan temperatur di luar. Sehabis burung dimandikan terkini ke cara penjemuran, jemur burung mantenan ini selama 1- 2 jam saja pas.

Pemberian Pakan Harian

Hendaknya kamu membagikan pakan kukila ini dengan vitamin balance. Kamu dapat membagikan pakan jangkrik 5 akhir tiap harinya, pagi 3 serta petang 2, setelah itu bagikan pula satu spatula teh kroto tiap dipagi hari serta memberinya pakan ajudan atau alterasi buah- buahan yang fresh dapat kamu berselang- selang 2 hingga 3 hari dengan tipe buah yang berbeda.

Pemasteran

Pemeliharaan burung matenan yang terakhir merupakan dengan memasterkan burung ini. Nah, sehabis kamu berakhir memandikan burung ini dekat 1 ataupun 2 jam hingga lakukanlah pemasteran dengan metode menyiarkan suara kicauan yang bermutu alhasil bisa di tirunya buat menaikkan keahlian kicaunnya serta sehabis itu di angin- anginkan kembali sampai malam hari sehabis pemasteran.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Jalak Suren

Berikut tips cara perawatan burung mantenan hariannya berdasarkan pengalaman para kicau mania, dengan harapan burung mantenan kesayangan anda bisa menjadi sehat dan gacor setiap hari, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.