Cara Mudah Perawatan Cucak Jenggot Agar Gacor

Diposting pada

Dalam memelihara burung cucak jenggot supaya gacor dan layak untuk dijadikan sebagai burung lapangan dan siap untuk di ikutsertakan dalam arena kontes memang bukanlah hal yang mudah, namun juga bukan hal yang sulit jika temen-temen kicau mania mengetahui tips cara memberikan perawatan cucak jenggot yang baik dan benar.

Burung yang satu ini memang sangat rentan jika anda tidak mampu merawatnya dengan tepat, karena cucak jenggot jika dianalisa berdasarkan sifat dan karakternya sangat menyukai majikan atau si pemiliknya yang memperhatikan dan merawatnya dengan sungguh-sungguh, dengan kesabaran dan ketelatenan.

Selain memberikan perawatan hariannya, anda juga harus mampu memberikan penanganan khusus pada kondisi tertentu, misalnya pada saat si burung ini sedang rontok bulu, ataupun dalam kondisi drop atau sakit, setidaknya anda harus paham dan mengerti cara mengatasi masalah yang dihadapi.

Jika temen-temen membeli burung cucak jenggot ini yang sudah gacor mapan serta memiliki prestasi juara, tentunya tidak mustahil jika anda rawat dengan pola rawatan yang salah maka si burung ini akan turun prestasinya atau malah tidak sama sekali mendapatkan juara lagi.

Perawatan yang diberikan setiap harinya memang sama dengan jenis-jenis burung pemakan buah pada umumnya, akan tetapi ada sedikit perbedaan yang harus anda ketahui agar dapat sempurna total memberikan rawatan terbaik bagi cucak jenggot kesayangan anda !. Yuk simak pemaparan selengkapnya dibawah ini :

Perlengkapan Sangkar

Sebelum anda membeli burung cucak jenggot ini seharusnya anda menyiapkan terlebih dahulu, sangkar mana yang baik dan tepat untuk si burung cucak jenggot ini agar merasakan kenyamanan dalam perawatan sehari-harinya di dalam rumah tempat sangkarnya tersebut.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Pleci Agar Bukpar Dan Gacor

kandang-cucak-jenggot

Rekomendasi dari saya pribadi, carilah sangkar ukuran kotak yang terbuat dari kayu apa saja, sangkar kotak ini yang sering digunakan oleh burung kacer dan lain-lain, dengan ukuran kandang boleh nomer 1 ataupun 2, tidak disarankan untuk ukuran yang ke 3 ya karena terlalu kecil dan si burung dikhatirkan kurang bebas dan leluasa kesempitan nantinya.

Sediakan wadah pakan / cepuk makanan dan minuman didalamnya, dan siapkan tangkringan yang sejajar seperti anak tangga. Diameter kayu tangkringan ini disesuaikan, dengan cengkraman kakinya ya, jangan terlalu kecil diameternya. dan juga jangan terlalu kebesaran yang nantinya membuat si burung tidak nyaman saat berdiri di tangkringannya sendiri dan gelisah.

Siapkan kerodong yang berukuran pas dengan nomor kandang, jika kandang menggunakan ukuran nomer 2 ya carilah kerodong yang disesuaikan agar tidak kebesaran atau kekecilan.

Lalu untuk memandikan harian siburung cucak jenggot ini, anda juga harus memerlukan keramba mandi, yang berukuran persegi panjang yang disarankan menggunakan besi alumunium yang sering dijual di kios-kios burung terdekat.

keramba-mandi-burung

Jika di rumah anda memiliki tempat halaman yang luas dan mendukung, sebaiknya tidak ada salahnya anda juga menyiapkan kandang umbaran, untuk melatih pernafasan fisik dan stamina si cucak jenggot ini agar biar bisa tampil lebih FIT sehat dan gacor tentunya.

Makanan Yang Disukai


1. Voer

Kandungan dan manfaat dari voer yang dijual di pasaran memang memiliki kualitas yang berbeda-beda, walaupun intinya dan tujuan dari mengkonsumsi voer ini sangatlah baik setidaknya anda juga jangan asal-asalan dan sembarangan memeberikan voer untuk burung cucak jenggot ini. Berikanlah voer yang kiranya memenuhi standar dan berkualitas sudah terbukti aman.

voer-cucak-jenggot

Untuk takaran persentase dari jenis voer baiknya anda pilih yang memiliki kadar protein yang sedang yaitu berkisar antara 12 sampai 18%, jangan terlalu tergiur dengan iming-iming harga voer yang mahal dapat menjamin burung kita akan menjadi jos, namun belum tentu cocok atau malah sebaliknya yang akan menguras pikiran dan kantong anda sendiri!.

Baca selengkapnya :  Ciri Burung Tengkek Udang, Habitat, Makanan, Harga

2. Buah Segar

Burung cucak jenggot ini paling suka dengan buah-buahan seperti pepaya bangkong, california, buah pisang kepok putih ataupun kuning, buah apel dan pir, anggur merah, serta buah tomat juga sangat doyan.

buah-segar

Dari para pengalaman pemain cucak jenggot mania yang dimana biasanya lebih dominan untuk hariannya diberikan buah pepaya, misalkan dalam waktu 1 minggu 5 hari berikan buah pepaya ini dengan kondisi yang masih segar dan matang agar si burung lahap untuk memakannya.

Kemudian di 2 hari sisanya boleh diselang-seling dan divariasikan dengan jenis buah-buahan lainnya seperti pisang dan tomat misalnya yang disesuaikan dengan karakter dan kesukaan si burung tersebut, ingat jangan terlalu memaksakan dalam pemberian buah yang kurang disukai oleh burung ini.

3. Pakan Tambahan

Makanan serangga yang paling disukai oleh jenis burung ini seperti : kroto, jangkrik dan ulat hongkong ketiga pakan inilah yang sering digunakan bagi para penghobi cucak jenggot untuk memberikan asupan tambahan gizi, nutrisi dan protein yang sifatnya untuk menggacorkan dan menaikan birahi si burung agar siap berkicau setiap harinya baik dirumahan ataupun dilapangan.

jangkrik

Berikanlah pakan EF (extra fooding) ini dengan takaran yang wajar saja, jangan terlalu berlebihan dan juga tidak terlalu kerendahan, misalnya untuk standarnya bisa anda berikan sehari 5 ekor jangkrik : pagi 3 dan sore 2 ekor, kroto boleh diberikan seminggu sekali saja. Dan Ulat Hongkong hanya dibutuhkan untuk setelan menaikan birahi dan emosi yang diberikan pada H-1 sebelum burung akan digantang dan ditrek kelapangan.

Mandi Dan Penjemuran

Dalam rawatan harian yang diberikan kepada setiap jenis burung apapun, pasti tidaklah terlepas dengan 2 hal ini seperti memandikan dan menjemurnya, itu memang dasar di alam bebaspun burung yang liar pasti membutuhkan ini, untuk menunjang kehidupannya dengan sesuai kebutuhan.

Baca selengkapnya :  5 Cara Merawat Jalak Kebo Harian Agar Cepat Gacor

setingan-cucak-jenggot

Dari pola pemandian dan penjemuran ini sangat mempengaruhi kepada performa (penampilan) si burung ketika di gantangan bagi untuk burung lapangan ya, namun secara otomatis juga sudah pasti burung yang dirawat dengan baik dengan pola mandi dan jemur yang konsisten diberikan setiap harinya juga pasti akan sangat baik untuk kesehatannya.

Terkecuali dalam kondisi-kondisi tertentu, seperti burung ini sedang mengalami proses mabung ya wajar burung tidak boleh di jemur dan dimandikan terlebih dahulu sampai bulu-bulunya tumbuh normal kembali, ataupun dalam kondisi si burung sedang drop dan sakit, ya sudah jelas jangan memaksakan untuk memandikannya, yang dikhawatirkan kondisi menambah parah yang ada si burung bisa mati nantinya.

Hal inilah yang perlu temen-temen ketahui, yang dimana memang penting dalam memandikan dan menjemur yang dikembalikan lagi dengan kebutuhannya. Berikanlah perawatan rutin secara konsisten setiap harinya, yang nanti dan sudah pasti burung cucak jenggot anda bakalan gacor dan dapat menghibur hati anda dirumah ataupun dilapangan. Sekian itu saja informasi dari kami, yang kiranya dapat menambah wawasan temen-temen kicau semua, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :

√ Cara Membedakan Cucak Jenggot Medan Dengan Kapas Tembak

√ Mengenal Jenis Cucak Jenggot Beserta Harga Dan Suara