Wajib Tau Cara Perawatan Kacer Tipe Panas Agar Burung Gacor

Diposting pada

Masih bersama suhu kicau website yg selalu konsisten membahas burung kicauan, dan dikesempatan ini kami akan mengulas pola perawatan kacer tipe panas, mungkin bagi kacermania sejati pasti sudah mengetahuinya bukan ?. Nah tidak ada salahnya jika artikel ini ditujukan untuk yg masih pemula dan baru mengaplikasikan hobi di dunia kacer ini.

Perlu sobat ketahui, banyak sekali informasi yg beredar memberitakan tentang apa sih itu kacer tipe panas, karena masih banyak info yg masih simpang siur dalam pengertiannya, baik di media internet dan medsos lainnya, bahwa masih banyak ketidak samaan dalam penjabarannya dan apa sih maksud yg sebenarnya serta bagaimana langkah cara setingannya yg tepat dalam memberikan rawatan hariannya. Nah disini akan kita kupas tuntas ya yuk simak terus artikel ini sampai habis ya biar tidak gagal paham :

Empat Tingkatan Setingan Rawatan Kacer Tipe Panas Menurut Versi Suhu Kicau


Dalam memberikan rawatan kacer tipe panas ini tidak boleh sembarangan ya, ada beberapa tahapan atau level yg bisa kalian terapkan dalam kesehariannya ataupun rutinitas dan takaran pakan EF nya.

Setingan Level 1

Untuk setiap harinya jangan terlalu berlebihan memberikan pakan untuk jangkrik ini ya, karena sikacer hanya butuh asupan tambahan saja, bukan untuk menciptakan power atau tenaga, karena sifat sudah memiliki tingkat emosi yg sangat tinggi.

Jadi cukup berikan jangkrik hariannya pagi 3 dan sore 2 ekor saja bahkan ada yg cuma 2 pagi 2 sore itupun disesuaikan kembali, kalian lah yg menganalisa perubahan dan perkembangan si burung dengan porsi sekian maka carilah yg kira-kiranya pas ya. Dan untuk mandinya itu pasti dilakukan pada sore hari ya sekitar pukul : 16.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB, nah untuk metode penjemurannya bisa kalian lakukan 2 hari sekali, dengan durasi maksimal cuman 30 menitan saja ya, untuk pengkrodongan full setiap hari siang dan malam hari.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Kenari Lomba Yang Bagus Di Indonesia

Untuk EF lainnya seperti kroto kalian berikan 2 hari sekali saja ya, sampai misalkan mau menjelang sikacer dilombakan, sudah pasti dengan pola rawatan harian yg dilakukan tidak ada perubahan atau setingan lagi di hari H-3 atau sampai hari H dan lain sebagainya, akan tetapi apabila burung ini mau berangkat ke arena lomba sikacer wajib dimandikan terlebih dahulu, dan jika setelah tiba dilapangan cuaca sangat panas boleh dimandikan kembali di tkp ya baik itu disemprot ataupun dikeramba, yg pastinya disesuaikan dengan kebiasaannya, namun untuk kroto harus tetap stand by ya, dan pemberian jangkrik tidak ada penambahan dan pengurangan.

ciri-fisik-kacer-tipe-panas

Setingan Level 2

Jika tipe panas level pertama yg sudah dijelaskan diatas, kiranya masih kurang pas maka kita lakukan atau naikan tingkatannya di opsi kedua ini ya temen-temen, nah untuk penjemurannya cukup 1 sampai 2 kali saja ya dalam kurung waktu 1 minggu itupun dengan waktu yg sangat sebentar saja dibawah 30 menit, misalkan hari selasa dan jum’at lah ya jika ingin diturunkan pada hari minggu misalkan hari H nya.

Untuk EF hariannya wajib dikasihkan kroto sebanyak 1 cepuk, dan mandinya setiap hari, dan untuk penerapan menggunakan krodong siang dan malam full kerodong ya sama seperti di level 1 tadi ya. Nah ketika hari H burung di berikan full kroto ya, tidak perlu lagi dikasihkan voer ataupun EF yg lainnya. Nah untuk yg tipe setelan seperti ini ketika dilapangan dengan kondisi cuaca yg sangat terik, kerodong, tangkringan ataupun karpet alas juga harus basah ya sebelum 5 – 1 sesi burung sebelum digantang.

Setingan Level 3

Nah untuk rawatan harian di level ketiga ini burung kacer setiap harinya tidak diberikan ekstra fooding, atau istilah yg sering dikenal ini 0 (nol) EF ya teman-teman. Yang namanya jangkrik, kroto dan lainnya sebagainya tidak kita pakai ya. Jadi hariannya hanya voer yg cocok bagi si burung saja yg diberikan, namun ada baiknya jika kalian bisa mengajarinya untuk makan buah itu sangat baik ya, buah yg disarankan adalah pisang kepok putih, dan pepaya matang yg manis ya.

Baca selengkapnya :  Cara Melatih Burung Beo Agar Cepat Berbicara

Dan rawatan hariannya burung tidak boleh dijemur, kemudian burung dimandikan setiap hari yg disesuaikan dengan kebiasaannya ya, nah ketika hari H pada saat burung akan dilombakan, kalian wajib memberikan kroto sedikit saja ya. Dan untuk pengkrodongannya jika siang hari burung di ablak saja ya, kecuali pada saat malam hari kandang wajib di kerodong ya.

settingan-kacer-lomba

Baca juga artikel lainnya : Penyebab Kacer Sering Angkat Kaki Sebelah

Setingan Level 4

Nah ini tipe setingan kacer tipe panas tingkat tinggi yg terakhir ya, biasanya burung tidak doyan sama kroto, nah gimana setingannya ?. Nah seminggu dirawat cuma 2 kali juga, burung cukup dimandikan 3 kali sama hari H saja ya.

Dan untuk pemberian jangkrik maksimal mengkonsumsi 5 ekor saja ya, artinya disini bisa kalian bagi misal pagi dikasih 3 serta sorenya 2 saja. Dan untuk penjemurannya hanya 15 menitan saja, kemudian untuk waktu pemandian pada sore hari ya.

Nah untuk penambahan dihari H burung wajib dimandikan, dan kondisi krodong di semprot halus dibasahin beserta tangkringannya, dan ketika satu sesi menjelang gantang burung dikasihkan jangkrik cukup 1 – 2 ekor saja lalu siap untuk ditrek atau digatang ya.

Demikianlah tips tentang perawatan kacer tipe panas yg secara gamblang kami ungkap di artikel ini, semoga kiranya bisa membuka wawasan kacer mania semua dalam memberikan rawatan harian ataupun lomba untuk burung kesayangannya agar bisa moncer, kerja dan menjadi jaura kontes dilapangan. Selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari