Cara Mudah Perawatan Kenari Mabung Agar Cepat Tuntas

Diposting pada

Kenari merupakan jenis burung kicau yang sudah terkenal di kalangan para pecinta burung maupun orang awam. Burung ini pun perawatannya tidak terlalu sulit dan termasuk burung yang tidak mudah stres.

Tetapi ada satu kondisi dimana para pecinta burung sangat khawatir dengan keadaan dari kenari. Keadaan tersebut biasa disebut dengan mabung atau moulting dan perawatan kenari mabung ini berbeda dari biasanya.

Mabung sendiri merupakan pergantian bulu dari seekor burung kenari. Saat kenari mengalami masa atau kondisi mabung, kenari akan mengurangi aktivitasnya seperti mengurangi kicauannya.

Hal ini tentu membuat para pemiliki resah karena takut seusatu yang akan terjadi kepada kenarinya. Selain itu jika tidak dirawat dengan benar dan baik, akan malah membuat kenari menjadi stres. Biar kalian gak khawatir, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Ciri-Ciri Kenari Yang Sedang Mengalami Masa Mabung

Sebelum kalian mengetahui perawatan kenari mabung, ada baiknya kalian mengetahui dan mengenali kenari yang mengalami masa mabung. Ada beberapa ciri-ciri yang bisa kamu perhatikan dan kamu kenali ketika kenari yang kamu miliki sedang mengalami pergantian bulu.

Ciri yang paling jelas adalah kamu bisa melihat bulu yang rontok dan mengotori alas dari kandang atau sangkar burung dan juga bulu dari burung kenari tidak sepenuhnya lengkap.

merawat-kenari-mabung-biar-gacor

Selain bulunya yang tidak lengkap, bulu pada tubuh kenari juga terlihat kusut dan nyerit atau mengkerut. Selain itu, Kenari akan lebih sering diam dan kurang rajin berkicau. Hal tersebut terjadi karena burung memang sifat alami mereka ketika sedang dalam masa mabung dimana burung kenari menjadi lebih malas berkicau.

Baca selengkapnya :  Cara Ternak Burung Cucak Ijo

Perawatan Burung Kenari Yang Sedang Mabung Agar Cepat Tuntas

Masa mabung dari burung kenari sendiri memiliki jangka waktu yang cukup panjang yakni berkisar antara 5 sampai 7 minggu, bahkan bisa lebih lama dari itu. Agar proses mabung lebih cepat tuntas atau selesai, ada tips perawatan khusus.

Tentunya tips perawatan yang khusus tersebut juga ditujukaan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap kenari kesayanganmu.

Tips perawatan kenari mabung yang pertama adalah dengan menempatkan kenari di tempat yang tenang dan sepi. Jauhkan dari keramaian dan gangguan binatang lain. Ketikakenari merasa tenang, proses moulting akan bisa lebih cepat.

Selain menempatkannya apda tempat yang tenang dansepi, kamu harus lebih sering mengerodongi sangkar agar suhu tetap satbil dan burung kenari tetap merasa nyaman.

Tetapi jangan mengerodonginya terus, kamu bisa membawanya ke tempat terbuka tetapi di tempat yang tidak terlalu ramai agar kenari tidak kesepian dan masih bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Tetapi usahakan uga agar kenari terhindar dari sura burung atau hewan lainnya.

kenari-pasca-mabung

Untuk masalah perawatan kebersihan, disarankan agar kalain tidak memandikannya dan menjemurnya terlebih dahulu. Tunggu saja sampai bulu barunya mulai muncul baru dimandikan.

Untuk pemberian pakannya, kamu bisa memberikan pakan khusus berupa sayuran, kuning telur, kecambah, dan juga vitamin tambahan lainnya. Hal terpenting dalam perawatan kenari mabung, kamu harus memberikan extra fooding yang mengandung protein tinggi.

Tips perawatan burung kenari yang sedang mengalami masa mabung tersebut bisa kamu ikuti dan kemungkinan besar masa mabung akan lebih cepat selesai dan kamu bisa segera mulai melakukan pemasteran.

Kamu harus merawat kenari yang mengalami mabung dengan penuh kesabaran dan ketelitian. Jangan lupa juga untuk mengarantina burung satu ini ketika mengalami masa moulting agar kenari bisa beristirahat dengan tenang.

Baca selengkapnya :  Tips Perawatan Burung Branjangan Agar Cepat Gacor

Demikian info yang dapa kami berikan sesuai dan berdasarkan pengalaman saya dalam memberikan perlakuan untuk merawat burung kenari saat sedang rontok bulu agar burung nantinya dapat hasil yang maksimal setelah beres dari mabungnya dengan tuntas. Semoga bermanfaat.