Perbedaan Cendet Jantan dan Betina

Diposting pada
Rate this post

Mengetahui Perbedaan Cendet Jantan dan Betina tentunya sangat penting bagi kita terlebih bagi kalian semua yang mulai menyukai jenis burung kicau ini dimana cendet memang tidak diturunkan di arena lomba

tetapi peminatnya semakin meningkat di dua tahun belakangan ini, hal ini mungkin karena masa pandemi yang banyak mengharuskan masyarakan menghabiskan waktu dirumah saja jadi mereka mulai

melirik hobi baru untuk menghilangkan kejenuhan dirumah. Salah satunya memelihara burung kicau, tidak hanyak cendet yang banyak diminati beberapa jenis burung kicau lain pun semakin tinggi peminatnya

terlebih yang bisa gacor tanpa perawatan rumit sehingga tidak menghabiskan banyak waktu. Karena biasanya mereka hanya sekedar saja belum menjadi maniak burung kicau sejati ya suhukicau.

Meskipun demikian kita harus tahu mana cendet yang jantan dan mana yang betina sebelum membelinya di kios, atau pasar burung maupun membeli per orangan secara mandiri.

perbedaan-cendet-jantan-dan-betina-anakan

Membedakan Cendet Jantan dan Betina


Melihat Bentuk Kepala

Burung cendet jantan kepalanya berbentuk ceper atau gepak sedangkan untuk yang betina bentuk kepalanya lebih membulat, tentunya kalian harus memperhatikan dengan baik karena

kalau kalian melihatnya hanya sekilas atau tidak membedakan keduanya akan cukup sulit. Apalagi ada beberapa burung yang memang tidak begitu kentara perbedaan antara kedua jenis kelamin ini.

Pada bagian dahinya sampai ke tengkuk memiliki bulu yang berwarna hitam pekat yang menyerupai blangkon pada jantan sedangkan para betinanya bulu hitam hanya pada jidatnya saja.

Bagian Wajah

Mimik muka atau raut muka cendet jantan lebih garang sedangkan pentet betina waut wajahnya biasa saja dan pada bagian pipinya juga berwarna hitam untuk pejantan dan betina warna pipinya agak memudar.

Baca selengkapnya :  Mitos Burung Trucukan Membawa Hoki Dan Bawa Rejeki

Sorot mata cendet jantan sangat tajam bola matanya juga lebih bulat sehingga kalau dilihat secara keseluruhan dia sangat gagah tetapi untuk burung betina sorot matanya lebih sayu dan bolamatanya agak sedikit memanjang.

gambar-cendet-jantan

Bentuk dan Warna Paruh

Untuk cendet jantan paruhnya tajam dan ujungnya tebal sedangkan untuk yang betina lebih tipis. tentunya bentuk paruh ini mempengaruhi volume suara yang dimiliki burung cendet

seperti yang kita ketahui cendet jantan memiliki volume suara yang lebih nyaring dari betina dan suara kicauannya lebih bervariasi. Hal ini karena cendet jantan akan menarik perhatian si betinanya.

Supit Urang

Kalau kalian meraba bagian supit urangnya, burung jantan memiliki jarak tulang supit yang rapat sedangkan burung betina tulang supitnya memiliki jarak yang agak renggang tentunya

pada burung betina sebagai tempat dia menyimpan telurnya nanti ketika melakukantahapan reproduksi.

selain dengan beberapa perbedaan diatas kalian juga bisa menggunakan metode cincin emas, yang harus kalian lakukan ikat cincin emas dengan seutas tali lalu dekatkan ke kepala burung

cendet dengan jarak 3 atau 5 cm, kalau cincinnya bergerak memutar maka cendet berkelamin betina sedangkan kalau gerakan cincin mau mundur maka cendet tersebut berkelamin jantan.

Tetapi cara ini tidak cukup akurat kalau dipegang dengan tangan karena sedikit gerakan dari kita akan mempengaruhi hasilnya sehingga mereka menggantung talinya di pohon atau batang tertentu.

Sehingga pergerakan lebih akurat. Bagaimana pun cara yang kalian lakukan tentunya menjadi pilihan kalian sendiri yang mana yang kalian anggap lebih mudah dan praktis.

membedakan-jenis-kelamin-cendet

Itulah tadi beberapa perbedaan cendet jantan dan betina yang harus kalian ketahui dengan mudah semoga informasi ini banyak membantu kalian yang mungkin sedang kebingungan dalam menentukan jenis kelamin burung cendet yang akan atau telah kalian beli.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari